Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN PERUBAHAN DIRI. CHANGE IS INEVITABLE (PERUBAHAN ITU TIDAK DAPAT DIHINDARI) MANUSIA YANG HIDUP AKAN SELALU BERUBAH, PERUBAHAN ADALAH HUKUM ALAM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN PERUBAHAN DIRI. CHANGE IS INEVITABLE (PERUBAHAN ITU TIDAK DAPAT DIHINDARI) MANUSIA YANG HIDUP AKAN SELALU BERUBAH, PERUBAHAN ADALAH HUKUM ALAM."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN PERUBAHAN DIRI

2 CHANGE IS INEVITABLE (PERUBAHAN ITU TIDAK DAPAT DIHINDARI) MANUSIA YANG HIDUP AKAN SELALU BERUBAH, PERUBAHAN ADALAH HUKUM ALAM YANG TIDAK DAPAT DIHINDARI, PERUBAHAN MEMBERIKAN HARAPAN, LINGKUNGAN BISNIS: POLITIK,EKONOMI,INFORMASI, TEKNOLOGI,SOSIAL, HUKUM, INFRA STRUKTUR, TEKANAN INTERNASIONAL DAN PERSAINGAN GLOBAL YANG JUGA BERUBAH SANGAT PESAT, YANG TIDAK MAU BERUBAH ( ADAPTIF ) AKAN DIUBAH, TERGUSUR DAN MATI.

3 FALSAFAH PERUBAHAN Berubah atau Mati ! We cannot solve problems by using the same kind of thinking we used when we created them (Einstein)

4 SEJARAH PERUBAHAN Nabi Muhammad Hijrah dari Mekah Ke Madinah Martin Luther King merubah hak-hak sipil kulit hitam di Amerika Ramalan pesimistis Robert Malthus 200 tahun lalu telah mendorong Inggris keluar dari ancaman itu melalui tiga jendela besar: Emigrasi dengan teknologi laut, revolusi pertanian dan revolusi Industri Lee Kuan Yeuw Mengubah Singapura Raja Ubud Tjokorda Gde Agung Sukawati mengubah ubud menjadi desa seni yang indah…. Dan masih banyak sejarah besar perubahan baik yang menyangkut Bangsa, Kerajaan, Negara hingga Organisasi Bisnis, sosial, pendidikan dsb.

5 SUKSES KARENA MAU BERUBAH SOSROJOYO, PENDIRI DAN PENGGAGAS “ THE BOTOL SOSRO”, DENGAN HANYA BERBEKAL PENDIDIKAN DASAR [ SD ] IA SUKSES MEMULAI USAHA DARI KOTA SLAWI DAN TEGAL. SOSROJOYO, PENDIRI DAN PENGGAGAS “ THE BOTOL SOSRO”, DENGAN HANYA BERBEKAL PENDIDIKAN DASAR [ SD ] IA SUKSES MEMULAI USAHA DARI KOTA SLAWI DAN TEGAL. SUKIATNO NUGROHO, “ PENDIRI ES TELER 77”, YANG CABANGNYA TERSEBAR DISELURUH NUSANTARA, IA MEMILIKI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SLTA YANG TIDAK TAMAT. IA SUKA MENGGELARI DIRINYA MBA [ MANUSIA BISNIS ASAL-ASALAN ] SUKIATNO NUGROHO, “ PENDIRI ES TELER 77”, YANG CABANGNYA TERSEBAR DISELURUH NUSANTARA, IA MEMILIKI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SLTA YANG TIDAK TAMAT. IA SUKA MENGGELARI DIRINYA MBA [ MANUSIA BISNIS ASAL-ASALAN ]

6 SUKSES KARENA MAU BERUBAH ANDRI WONGSO, PELOPOR KARTU KATA-KATA MUTIARA TERBITAN “ HARVEST” DI INDONESIA, SERING MENJULUKI DIRINYA DENGAN SDTT [ SEKOLAH DASAR TIDAK TAMAT ]. ANDRI WONGSO, PELOPOR KARTU KATA-KATA MUTIARA TERBITAN “ HARVEST” DI INDONESIA, SERING MENJULUKI DIRINYA DENGAN SDTT [ SEKOLAH DASAR TIDAK TAMAT ]. PENGUSAHA INI MERUPAKAN PEMBICARA KONDANG, DALAM BERBAGAI SEMINAR BERTARAF NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL. PENGUSAHA INI MERUPAKAN PEMBICARA KONDANG, DALAM BERBAGAI SEMINAR BERTARAF NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL. PRINSIP HIDUPNYA ADALAH “.. JIKA KITA BERSIKAP LEMBUT TERHADAP KEHIDUPAN, MAKA KEHIDUPAN AKAN BERSIKAP KASAR TERHADAP KITA, SEBALIKNYA JIKA KITA BERSIKAP KASAR TERHADAP KEHIDUPAN MAKA KEHIDUPAN AKAN BERSIKAP LEMBUT TERHADAP KITA…” PRINSIP HIDUPNYA ADALAH “.. JIKA KITA BERSIKAP LEMBUT TERHADAP KEHIDUPAN, MAKA KEHIDUPAN AKAN BERSIKAP KASAR TERHADAP KITA, SEBALIKNYA JIKA KITA BERSIKAP KASAR TERHADAP KEHIDUPAN MAKA KEHIDUPAN AKAN BERSIKAP LEMBUT TERHADAP KITA…”

7 SUKSES KARENA MAU BERUBAH PERJALANAN KARIR ABRAHAM LINCOLN PERJALANAN KARIR ABRAHAM LINCOLN 1. UMUR 22 THUN: GAGAL DALAM BISNIS, 2. UMUR 23 TAHUN: KALAH DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF. 3. UMUR 24 TAHUN: KALAH DALAM PEMILIHAN BUENOS. 4. UMUR 26 TAHUN: KEMATIAN KEKASIH. 5. UMUR 27 TAHUN: GONCANAGAN MENTAL. 6. UMUR 29 TAHUN: KALAH SEBAGAI PEMBICARA. 7. UMUR 31 TAHUN: KALAH LAGI DALAM PEMILIHAN. 8. UMUR 34 TAHUN: KALAH DIPEMILIHAN KONGRES. 9. UMUR 37 TAHUN: TERPILIH DI KONGRES. 10. UMUR 39 TAHUN: LAGI-LAGI KALAH DIPEMILIHAN KONGRES. 11. UMUR 46 TAHUN: KALAH DIPEMILIHAN SENAT. 12. UMUR 47 TAHUN: KALAH DI PEMILIHAN WAKIL PRESIDEN. 13. UMUR 49 TAHUN: KALAH DI PEMILIHAN SENAT. 14. UMUR 51 TAHUN: TERPILIH SEBAGAI PRESIDEN AMERIKA.

8 PROBLEM SOLVING DALAM MANAJEMEN PERUBAHAN 1. IDENTIFIKASI DAN DEFINISIKAN MASALAH YANG DIHADAPI. 2. ANALISIS MASALAH. 3. ALTERNATIF SOLUSI. 4. SELEKSI ALTERNATIF SOLUSI UNTUK MENETAPKAN SOLUSI TERBAIK. 5. IMPLEMENTASI. 6. EVALUASI DAN KONTROL.

9 PROSES PERUBAHAN 1. LAKUKAN INOVASI. 2. RUMUSKAN PESAN YANG HENDAK DISAMPAIKAN. 3. TENTUKAN WAKTU PERUBAHAN. 4. DEFINISIKAN FAKTOR-FAKTOR YANG AKAN MEMPENGARUHI PERUBAHAN.

10 ATURAN-ATURAN PERUBAHAN 1. KREDIBILITAS (KOMPETENSI DAN KARAKTER) 2. TEMUKAN FAKTA. 3. KONDISI LINGKUNGAN YANG MENUNJANG. 4. KETERAMPILAN KOMUNIKASI. 5. EVALUASI DAN MONITORING PERUBAHAN.

11 PENDEKATAN PERUBAHAN 1. PENDEKATAN PERINTAH. 2. PENDEKATAN PERGANTIAN TUGAS, PERAN ATAU PROFESI. 3. PENDEKATAN KARENA SIKLUS HIDUP DAN PERKEMBANGAN MENTAL.

12 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PERUBAHAN DIRI. 1. NIAT DAN DORONGAN INTERNAL. 2. TUJUAN, HARAPAN DAN TUNTUTAN LINGKUNGAN. 3. PENGENALAN DIRI ( SIAPA SAYA ). 4. MENANGGAPI HASIL INSTROSPEKSI DAN UMPAN BALIK. 5. PENERIMAAN DIRI. 6. MENGHAYATI DAN MENGAMALKAN PERILAKU BARU. 7. KRISTALISASI KARAKTERISTIK BARU.

13 TOPENG (KEPURA-PURAAN) KEHIDUPAN YANG MENGHAMBAT PERUBAHAN TOPENG KEPEMILIKAN, TIDAK NYAMAN APABILA PENAMPILANNYA TIDAK DITUNJANG DENGAN BENDA-BENDA YANG DIMILIKINYA. TOPENG KEPEMILIKAN, TIDAK NYAMAN APABILA PENAMPILANNYA TIDAK DITUNJANG DENGAN BENDA-BENDA YANG DIMILIKINYA. TOPENG INTELEKTUALITAS: TAKUT KELIHATAN SEBAGAI ORANG BODOH, DIANGGAP TIDAK BERBOBOT JIKA TIDAK MEMILIKI GELAR-GELAR AKADEMIS. TOPENG INTELEKTUALITAS: TAKUT KELIHATAN SEBAGAI ORANG BODOH, DIANGGAP TIDAK BERBOBOT JIKA TIDAK MEMILIKI GELAR-GELAR AKADEMIS. TOPENG SOSIAL: TAKUT STATUS SOSIALNYA TERLIHAT RENDAH, TIDAK PERCAYA DIRI TERHADAP IDENTITAS SOSIAL YANG DIMILIKI, SELALU MEMBANGGA-BANGGAKAN TEMAN- TEMAN YANG BERPANGKAT, ARTIS, PEJABAT DSB. TOPENG SOSIAL: TAKUT STATUS SOSIALNYA TERLIHAT RENDAH, TIDAK PERCAYA DIRI TERHADAP IDENTITAS SOSIAL YANG DIMILIKI, SELALU MEMBANGGA-BANGGAKAN TEMAN- TEMAN YANG BERPANGKAT, ARTIS, PEJABAT DSB. TOPENG IMPRESIF: SELALU KUATIR ATAS KEKURANGAN DARI DIRINYA TERUNGKAP, UNTUK ITU BIASA MENUTUPINYA DENGAN MUDAH MENGUMBAR JANJI SEOLAH-OLAH DIRINYA ORANG BAIK DAN MURAH HATI. TOPENG IMPRESIF: SELALU KUATIR ATAS KEKURANGAN DARI DIRINYA TERUNGKAP, UNTUK ITU BIASA MENUTUPINYA DENGAN MUDAH MENGUMBAR JANJI SEOLAH-OLAH DIRINYA ORANG BAIK DAN MURAH HATI. TOPENG JABATAN: BERUPAYA MENGESANKAN ORANG SEBANYAK MUNGKIN DENGAN POSISI YANG DIMILIKINYA. TOPENG JABATAN: BERUPAYA MENGESANKAN ORANG SEBANYAK MUNGKIN DENGAN POSISI YANG DIMILIKINYA.


Download ppt "MANAJEMEN PERUBAHAN DIRI. CHANGE IS INEVITABLE (PERUBAHAN ITU TIDAK DAPAT DIHINDARI) MANUSIA YANG HIDUP AKAN SELALU BERUBAH, PERUBAHAN ADALAH HUKUM ALAM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google