Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOTIVASI DAN SIKAP GURU MENGIKUTI PROGRAM KUALIFIKASI GURU DALAM JABATAN *) M. Bahri Arifin**) *) Disampaikan dalam Seminar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOTIVASI DAN SIKAP GURU MENGIKUTI PROGRAM KUALIFIKASI GURU DALAM JABATAN *) M. Bahri Arifin**) *) Disampaikan dalam Seminar."— Transcript presentasi:

1

2 MOTIVASI DAN SIKAP GURU MENGIKUTI PROGRAM KUALIFIKASI GURU DALAM JABATAN *) M. Bahri Arifin**) *) Disampaikan dalam Seminar Nasional tanggal 25 September 2012 di Universitas Borneo Tarakan **) Staf Pengajar FKIP Universitas Borneo Tarakan

3 Latar Belakang Pasal 8 UURI No. 14/2005 Pasal 5 PP No. 47/2008 Permendiknas No. 58/2008 Kepmendiknas No. 15/2009

4 Pasal 8 UU 14/2005 Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (vide Pasal 2 PP 47/2008)

5 Pasal 5 PP 47/2008 (7) Menteri dapat menetapkan aturan khusus bagi Guru Dalam Jabatan dalam memenuhi Kualifikasi Akademik sebagaimana dimaksud pada ayat (2) atas dasar pertimbangan: a. kondisi Daerah Khusus; dan/atau b. ketidakseimbangan yang mencolok antara kebutuhan dan ketersediaan Guru menurut bidang tugas.

6 BAGAIMANA? Guru Pra Jabatan Guru Dalam Jabatan

7 Masalah 1. Bagaiman Motivasi Guru Mengikuti Program Kualifikasi PSKGJ? 2. Bagaimana Sikap Guru dalam Mengikuti Program Kualifikasi PSKGJ?

8 3. Variabel yang diamati: a. Jenis Kelamin b. Umur c. Pendidikan d. Lama Mengajar

9 Populasi Guru dalam jabatan di Wilayah Utara Kalimantan Timur yang mengikuti Program Kualikasi (SKGJ) Sample 214 Guru dalam jabatan peserta Program SKGJ Universitas Borneo Tarakan yang bertugas di berbagai sekolah (kecamatan) di Kab. Nunukan

10 Profil Motivasi Guru 1.Lebih dipercaya oleh lingkungan kerja/masyarakat 2.Penghargaan masyarakat lebih baik (meningkatkan citra diri) 3.Dapat ikut sertifikasi guru 4.Terbuka peluang bagi pengembangan karir (mis. Menjadi kepsek, dll) 5.Punya bekal/dasar untuk mencari nafkah bila tidak lagi jadi guru (mis. Pensiun, dll) 6.Memenuhi syarat menjadi guru sesuai undang-undang 7.Kepuasan batin 8.Meningkatkan kemampuan dan kompetensi sebagai guru 9.Merasa ada kesenjangan antara kemampuan diri dengan tuntutan pekerjaan. 10.mengetahui / merasakan/ memperoleh pengalaman pendidikan tinggi

11 Tingkat Motivasi Menurut Jenis Kelamin (%)

12 Tingkat Motivasi Menurut Umur

13 Tingkat Motivasi Menurut Jenjang Pendidikan

14 Tingkat Motivasi Menurut Lama Mengajar (%)

15 Prioritas Motivasi Guru Mengikuti Kualifikasi (%)

16 Sikap Menurut Jenis Kelamin N = 114

17 Sikap Menurut Umur N = 201

18 Sikap Menurut Pendidikan N = 130

19 Sikap Menurut Lama Mengajar N = 200

20 Faktor Sikap 1.Program ini sangat penting 2.Kredibilitas institusi penyelenggaranya 3.Kesempatan yg sudah lama dinantikan 4.Tantangan untuk unjuk kemampuan dalam belajar pada tingkat yang lebih tinggi

21 Sekian & Terima kasih


Download ppt "MOTIVASI DAN SIKAP GURU MENGIKUTI PROGRAM KUALIFIKASI GURU DALAM JABATAN *) M. Bahri Arifin**) *) Disampaikan dalam Seminar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google