Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK : NOPRI DESI ALRISA (09121003016) PRISNA CERI ANGGRAINI S(09121003004) RIZKI APRIYANI(09121003026)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK : NOPRI DESI ALRISA (09121003016) PRISNA CERI ANGGRAINI S(09121003004) RIZKI APRIYANI(09121003026)"— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK : NOPRI DESI ALRISA ( ) PRISNA CERI ANGGRAINI S( ) RIZKI APRIYANI( )

2 LATAR BELAKANG Pada era sekarang, penggunaan teknologi sedang berkembang dengan pesatnya. Sehingga berbagai sektor dan pekerjaan banyak memanfaatkan penggunaan teknologi untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaannya. Salah satu sektor yang sebaiknya memanfaatkan penggunaan teknologi salah satunya adalah di bidang sektor perhotelan. Didalam sektor perhotelan penggunaan teknologi sangatlah dibutuhkan terutama dalam hal pemesanan atau reservasi kamar, karena hal ini akan mempermudah hotel tersebut untuk menarik pelanggan dan mempermudah proses transaksi yang ada di hotel tersebut.

3 RUMUSAN MASALAH Bagaimana mengembangkan suatu sistem pemesanan atau reservasi kamar hotel berbasis web yang mudah untuk digunakan(user-friendly) oleh pelanggan dan staff hotel?

4 TUJUAN 1. Merancang suatu website dimana pelanggan dapat mengetahui ketersediaan kamar dan melakukan reservasi secara online kapanpun dan dimanapun. 2. Staf front desk dapat melakukan proses check-in dan check-out dengan lebih mudah dan cepat dari data reservasi yang ada 3. Staf manajemen hotel dapat melihat laporan-laporan seperti laporan daftar reservasi hotel per hari, laporan pendapatan per bulan, laporan daftar kamar yang masih kosong, dll. Sehingga pengembangan hotel ke depannya dapat diproyeksi dengan lebih mudah dan akurat

5 MANFAAT 1. Mempermudah pelanggan dalam melakukan reservasi hotel 2. Mempermudah proses transaksi perhotelan 3. Mempermudah proses manajemen dan publikasi hotel 4. Mengefisiensikan kinerja perhotelan

6 KOMPONEN SISTEM 1. Pelanggan 2. Administrator 3. Front Office/ Recepsionist 4. Kamar 5. Fasilitas Hotel 6. Bagian Keuangan 7. Manajer

7 PROSEDUR PELANGGAN 1. Pelanggan melakukan reservasi kamar hotel terlebih dahulu melalu halaman website hotel secara online 2. Pelanggan mencetak bukti reservasi hotel 3. Pada saat pelanggan datang ke hotel, pelanggan atau tamu langsung datang ke bagian receptionist, untuk registrasi 4. Pelanggan yang telah memiliki bukti pesan, pada saat check in dilakukan, tamu langsung menyerahkan bukti pemesanan kamar kepada receptionist, untuk dilakukan proses registrasi. 5. Pada saat Check-Out, Tamu memberikan bukti registrasi kepada receptionist 6. Setelah recepsionist menghitung keseluruhan biaya inap, pelanggan atau tamu pun membayar biaya tersebut dan mendapatkan nota bukti menginap.

8 PROSEDUR PEMAKAIAN FASILITAS HOTEL 1. Tamu memberikan data registrasi pada bagian restoran atau laundry. 2. Bagian restoran atau laundry menginputkan data pemesanan makanan dan laundry serta melakukan proses hitung biaya pemesanan, kemudian seluruh data disimpan dalam database. 3. Proses pembayaran dilakukan pada saat tamu keluar.

9 PROSEDUR KAMAR 1. Kamar telah dibersihkan dan dirapikan sebelum pelanggan check-in. 2. Kamar untuk setiap pelanggan berbeda sesuai dengan apa yang dipesan pelanggan sebelumnya. 3. Kamar akan dirapikan oleh office boy atau petugas hotel setiap hari selama pelanggan tersebut menginap.

10 PROSEDUR FRONT OFFICE ATAU RECEPSIONIST 1. Meregistrasi data tamu atau pelanggan hotel 2. Setelah data registrasi tamu disimpan, receptionist mencetak data registrasi berdasarkan nomor registrasi yang diinputkan. 3. Data registrasi tamu inap diberikan kepada tamu. Dengan adanya data registrasi tamu inap, maka tamu dapat menggunakan fasilitas yang ada di hotel. 4. Bagian receptionist mencetak laporan data registrasi tamu inap per periode yang kemudian diserahkan kepada manager.

11 5. Pada saat tamu Check-out, receptionist menginputkan data registrasi kedalam database. 6. Menghitung total keseluruhan biaya administrasi tamu mulain dari penyewaan kamar,tambahan fasilitas,dan penggunaan faslitas restoran dan laundry. 7. Mencetak slip transaksi dan diberikan kepada tamu,serta membuat laporan registrasi, laundry, restoran dan tamu keluar.

12 PROSEDUR BAGIAN KEUANGAN 1. Menerima data laporan keuangan dari recepsionist/front office. 2. Mengelola data tersebut dan melaporkannya kepada manager.

13 PROSEDUR MANAJER HOTEL 1. Menerima laporan keuangan dan laporan lainnya dari setiap staff hotel 2. Memantau setiap fasilitas dan kinerja staff hotel 3. Menginovasi dan mengembangkan berbagai hal yang dapat memajukan dan membangun hotel.

14 PROSEDUR ADMINISTRATOR 1. Mengelola database dan web perhotelan. 2. Mengelola data reservasi online dari pelanggan. 3. Menginformasikan data reservasi online ke recepsionist

15 THANK YOU


Download ppt "KELOMPOK : NOPRI DESI ALRISA (09121003016) PRISNA CERI ANGGRAINI S(09121003004) RIZKI APRIYANI(09121003026)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google