Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Laundry Ibuku merupakan salah satu laundry yang cukup populer di kalangan anak kos di daerah Dharmawangsa, karena laundry ini menawarkan jasa untuk mengambil.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Laundry Ibuku merupakan salah satu laundry yang cukup populer di kalangan anak kos di daerah Dharmawangsa, karena laundry ini menawarkan jasa untuk mengambil."— Transcript presentasi:

1 Laundry Ibuku merupakan salah satu laundry yang cukup populer di kalangan anak kos di daerah Dharmawangsa, karena laundry ini menawarkan jasa untuk mengambil dan mengantar cucian ke tempat konsumen. Saat kurir mengambil cucian, maka ia akan membuat dua rangkap tanda terima, rangkap kedua diberikan pada konsumen dan rangkap pertama diserahkan pada bagian pencucian. Berdasarkan tanda terima ini, maka bagian pencucian akan mencatat nama konsumen, dan tanggal cucian diterima. Selain itu, bagian pencucian juga akan merinci berapa kg cucian tersebut, pakaian apa saja yang dilaundry, dsb dalam daftar laundry konsumen. Hal ini bertujuan untuk mencegah kehilangan atau cucian yang tercampur aduk. Daftar laundry akan disimpan di bagian pencucian. Sementara rangkap pertama dari tanda terima akan diserahkan ke bagian akuntansi untuk diproses. Bagian akuntansi akan menyiapkan faktur dua rangkap. Rangkap pertama dari tanda terima akan diarsip berdasarkan tanggal. Di hari yang dijanjikan, kurir akan mengantarkan cucian yang telah selesai bersama dengan faktur dua rangkap. Saat menerima cucian, pelanggan akan menyerahkan tanda terima pada kurir untuk distempel atau ditandatangani kurir, sebagai bukti bahwa cucian telah diantarkan kembali. Sebagai gantinya, kurir menyerahkan faktur rangkap pertama pada konsumen. Faktur rangkap kedua akan diarsip di bagian akuntansi berdasarkan nama konsumen. Buatlah Flowchart sistem.

2 Sebuah restoran di Guang Zhou menawarkan dimsum sebagai menu sarapan pagi. Prosedur yang berlaku di rumah makan ini adalah sebagai berikut: – Saat pelanggan masuk dan duduk, pelayan akan memberikan satu lembar daftar pesanan yang masih kosong. – Pelanggan harus mendatangi stan makanan yang ingin dipesannya dengan membawa daftar pesanan tadi. Setelah mengambil makanan yang diinginkan, maka penjaga stan akan menstempel daftar pesanan yang dibawa pelanggan. – Saat pelanggan selesai makan, kasir akan menghitung bill berdasarkan jumlah stempel dalam daftar pesanan. Kemudian kasir akan membuat dua rangkap bill dan diserahkan pada pelanggan. – Setelah pelanggan membayar, maka dua rangkap bill tersebut akan diberi stempel lunas. Rangkap pertama diserahkan pada pelanggan dan rangkap kedua disimpan kasir untuk menghitung pendapatan hari berjalan. Buatlah flowchart untuk sistem di atas.

3 Sebuah pabrik garmen bergerak di bidang produksi pakaian wanita.Prosedur yang berlaku dalam siklus pendapatan adalah sebagai berikut: – Jika bagian penjualan menerima pesanan dari pelanggan, maka bagian penjualan akan membuat pesanan penjualan sebanyak 3 rangkap. Rangkap pertama untuk bagian penjualan, kedua untuk gudang, dan ketiga untuk bagian akuntansi. Bagian penjualan mengarsip dokumen ini berdasarkan nomor pelanggan. – Berdasarkan pesanan tersebut, bagian gudang akan membuat surat jalan tiga rangkap sebagai bukti pesanan telah dikirim. Rangkap pertama untuk bagian gudang, rangkap kedua untuk pelanggan, dan rangkap ketiga untuk bagian akuntansi. Bagian gudang mengarsip dokumen ini berdasarkan tanggal. Selain itu, berdasarkan surat jalan ini, bagian gudang juga mengurangi jumlah persediaan dalam kartu persediaan. – Bagian akuntansi akan membuat faktur tiga rangkap berdasarkan surat jalan dan pesanan penjualan yang diterima dari gudang dan bagian penjualan. Rangkap pertama diberikan pada pelanggan, kedua untuk bagian akuntansi, ketiga untuk bagian keuangan. Pesanan penjualan, surat jalan, dan faktur akan diarsip berdasarkan tanggal. Selain itu, bagian akuntansi akan mencatat jurnal penjualan secara kredit. Buatlah flowchart untuk sistem di atas.

4 Setelah merekrut karyawan baru, bagian MSDM akan mengisi data karyawan baru berdasarkan CV dan lampiran yang diterima dari karyawan tersebut. Data karyawan baru akan dibuat dalam bentuk laporan yang diserahkan pada bagian keuangan untuk meng-up date file data penggajian.

5 Bagian akuntansi meng-input jurnal berdasarkan bukti transaksi yang diterima dari masing-masing departemen. Bukti transaksi akan diarsip di bagian akuntansi berdasarkan tanggal, sedangkan jurnal dan buku besar akan dirangkum dalam laporan keuangan dan diserahkan pada direksi.

6 Berikut adalah sistem dalam siklus MSDM dan penggajian di perusahaan X: – Bagian MSDM akan membuat laporan data karyawan baru berdasarkan CV dan lampiran yang diserahkan oleh karyawan baru. CV dan lampiran akan diarsip berdasarkan nama. Sedangkan laporan data karyawan baru diserahkan pada departemen penggajian. – Departemen penggajian menerima kartu jam kerja karyawan masing-masing manajer. Selanjutnya berdasarkan kartu jam kerja dari manajer dan data karyawan baru dari departemen MSDM, bagian penggajian akan menghitung jumlah gaji yang diterima karyawan tersebut. Laporan perhitungan gaji akan diserahkan pada bagian akuntansi. – Bagian akuntansi akan menghitung besarnya PPh21 yang akan dipotong dari masing-masing karyawan berdasarkan laporan perhitungan gaji. Kemudian laporan perhitungan gaji dan PPh 21 akan diserahkan pada bagian keuangan untuk diproses. Buatlah flowchart dokumen untuk sistem di atas.

7 Panda Inc. mempekerjakan empat orang karyawan, satu orang kasir, satu orang staf akuntansi, satu orang staf keuangan, dan satu orang staf administrasi. Berikut adalah tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan-karyawan tersebut: – Menerima kas dari pelanggan – Mengeluarkan kas untuk membayar beban-beban seperti; listrik, air, telepon, sewa, dsb – Mencatat penerimaan kas – Mencatat pengeluaran kas – Menghitung jam kerja dan gaji masing-masing karyawan – Membeli ATK, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan oleh kantor. Tuliskan job description yang sesuai untuk empat karyawan tersebut, agar tidak terjadi penyimpangan dalam prosedur pengendalian internal, khususnya pemisahan tugas.


Download ppt "Laundry Ibuku merupakan salah satu laundry yang cukup populer di kalangan anak kos di daerah Dharmawangsa, karena laundry ini menawarkan jasa untuk mengambil."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google