Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Soal Flowchart. Buatlah flowchart untuk proses di bawah ini: Bagian penggajian menghitung gaji dan PPh 21 secara manual dari masing-masing karyawan berdasarkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Soal Flowchart. Buatlah flowchart untuk proses di bawah ini: Bagian penggajian menghitung gaji dan PPh 21 secara manual dari masing-masing karyawan berdasarkan."— Transcript presentasi:

1 Soal Flowchart

2 Buatlah flowchart untuk proses di bawah ini: Bagian penggajian menghitung gaji dan PPh 21 secara manual dari masing-masing karyawan berdasarkan kartu jam kerja karyawan. Kasir menyiapkan bill berdasarkan daftar pesanan pelanggan. SPT untuk pelaporan PPh 21 ditandatangani tiap karyawan dan dilaporkan ke kantor dirjen pajak. Surat jalan dari ekspedisi yang mengantarkan barang pesanan digunakan untuk memperbarui catatan persediaan. Kumpulan struk penjualan dari kasir dicatat dalam laporan penerimaan kas oleh bagian akuntansi.

3 Catatan jurnal dan buku besar disimpan ke dalam pita magnetis Bagian akuntansi menghitung gaji berdasarkan kartu jam kerja. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan microsoft excel Bagian produksi meng-input daftar permintaan pembelian berdasarkan kartu persediaan. Bagian akuntansi meng-input jurnal ke dalam aplikasi accurate berdasarkan laporan transaksi harian. Bagian penggajian dan MSDM menghitung tunjangan pensiun karyawan berdasarkan data karyawan yang ada di data base. Formulir yang telah diisi oleh pelanggan dibaca dengan menggunakan OCR, kemudian disimpan di dalam pita magnetis.

4 Gudang menerima barang yang dibeli perusahaan bersama dengan surat jalan. Jumlah barang yang masuk akan dicatat ke dalam laporan penerimaan berdasarkan kuantitas yang tertera di surat jalan. Sedangkan surat jalan diarsip di gudang berdasarkan tanggal. Struk yang ada di mesin cash register akan digunakan oleh kasir untuk membandingkan jumlah penjualan per hari dengan cash on hand aktual. Jika tidak ada perbedaan antara cash on hand dan penjualan, maka bagian akuntansi akan membuat jurnal untuk transaksi hari ini.

5 Kurir menyerahkan tanda terima pada bagian administrasi. Bagian administrasi akan mencatat jumlah yang diterima ke dalam catatan persediaan. Sedangkan tanda terima akan diarsip berdasarkan tanggal. Bagian penggajian menerima kartu jam kerja dari manajer masing-masing departemen. Berdasarkan kartu jam kerja, bagian penggajian akan menghitung gaji dan PPh 21 dari masing- masing karyawan. Hasil perhitungan direkap dalam laporan perhitungan gaji dan PPh 21 dan diserahkan pada manajer bagian keuangan.

6 Taman bermain Always Happy telah berdiri selama 5 tahun. Sistem yang berjalan selama ini dipaparkan sbb: Pengunjung yang masuk diwajibkan membayar terlebih dahulu. Terdapat dua paket yang disediakan bagi pengunjung, paket all u can play seharga Rp dan paket limited edition seharga Rp Taman bermain Always Happy membedakan kedua paket ini dengan warna gelang dan beberapa lembar tiket yang diberikan pada pengunjung setelah membayar. Saat taman bermain tutup, kasir akan menghitung jumlah gelang dan tiket yang tersisa. Kemudian kemudian kasir merekap jumlah gelang dan tiket yang telah diberikan pada pelanggan di laporan penerimaan harian.

7 Sebuah restoran di Guang Zhou menawarkan dimsum sebagai menu sarapan pagi. Prosedur yang berlaku di rumah makan ini adalah sebagai berikut: – Saat pelanggan masuk dan duduk, pelayan akan memberikan satu lembar daftar pesanan yang masih kosong. – Pelanggan harus mendatangi stan makanan yang ingin dipesannya dengan membawa daftar pesanan tadi. Setelah mengambil makanan yang diinginkan, maka penjaga stan akan menstempel daftar pesanan yang dibawa pelanggan. – Saat pelanggan selesai makan, kasir akan menghitung bill berdasarkan jumlah stempel dalam daftar pesanan. Kemudian kasir akan membuat dua rangkap bill dan diserahkan pada pelanggan. – Setelah pelanggan membayar, maka dua rangkap bill tersebut akan diberi stempel lunas. Rangkap pertama diserahkan pada pelanggan dan rangkap kedua disimpan kasir untuk menghitung pendapatan hari berjalan. Buatlah flowchart untuk sistem di atas.

8 Setelah merekrut karyawan baru, bagian MSDM akan mengisi data karyawan baru berdasarkan CV dan lampiran yang diterima dari karyawan tersebut. Data karyawan baru akan dibuat dalam bentuk laporan yang diserahkan pada bagian keuangan untuk meng-up date file data penggajian.

9 Bagian akuntansi meng-input jurnal berdasarkan bukti transaksi yang diterima dari masing-masing departemen. Bukti transaksi akan diarsip di bagian akuntansi berdasarkan tanggal, sedangkan jurnal dan buku besar akan dirangkum dalam laporan keuangan dan diserahkan pada direksi.

10 Gambarkan DFD untuk sistem di bawah ini. – Bagian pembelian akan membuat pesanan pembelian dengan aplikasi yang digunakan. Untuk itu, bagian pembelian harus meng-input nama vendor, nomor vendor, tanggal pemesanan, jumlah dan jenis barang yang dipesan. Selanjutnya pesanan pembelian yang telah dibuat aplikasi akan dikirim ke vendor. Pesanan pembelian ini juga akan disimpan di file data pesanan pembelian.


Download ppt "Soal Flowchart. Buatlah flowchart untuk proses di bawah ini: Bagian penggajian menghitung gaji dan PPh 21 secara manual dari masing-masing karyawan berdasarkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google