Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Agung Toto Wibowo Resource : Pardew, Les, "Beginning Illustration and Storyboarding for Game", Thomson.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Agung Toto Wibowo Resource : Pardew, Les, "Beginning Illustration and Storyboarding for Game", Thomson."— Transcript presentasi:

1 Agung Toto Wibowo Resource : Pardew, Les, "Beginning Illustration and Storyboarding for Game", Thomson Course Technology PTR, 2005

2 Pendahuluan Salah satu aspek terpenting dalam game art, Hampir semua genre membutuhkan karakter (termasuk puzzle - jarang), Karakter game meliputi semua intelligence people atau creature pada game, Karakter tidak melulu fix, terkadang user dapat membangun karakternya sendiri.

3 Tipe karakter game Player Character Karakter dikontrol oleh pemain, atau beberapa pemain Pada beberapa game satu player mengontrol satu karakter, beberapa satu player mengontrol banyak karakter (strategy, sport) Non-player Character (NPC) Terbagi dalam allies, facilitators, and decoration. Menunjukkan reaksi yang terbatas, tetapi umumnya tidak bermusuhan kecuali diprovokasi. Contoh pada sport : cheerleder, juri, announcer, etc. Enemies Terbagi menjadi rivals, aggressive enemies, and passive enemies. NPC yang menghalangi pemain memenangkan game. musuh bisa cerdas dan licik, atau mungkin agresif.

4 Mendapatkan Ide Tempat umum Kehidupan sehari-hari Artists’ work Komik, buku, sejarah, budaya Study purpose, bukan untuk mencopy

5 Tips Membuat Karakter Riset dan Evaluasi jadikan karakter-karakter yang gagal dan berhasil sebagai pelajaran. Desain dan Rencana Rencanakan baik-baik karakter yang akan dibuat Untuk Siapa Karakter Dibuat? Karakter untuk anak-anak berbeda dengan karakter untuk game dewasa. Berikan Keunikan Visual Tersendiri Hindari kemungkinan sama dengan karakter game lain Kualitas Garis Pinggir atau Stroke Stroke yang tebal, bulat, dan lembut cocok untuk karakter lucu dan imut, garis-garis yang tajam, seperti sketsa, cocok untuk karakter jahat.

6 Tips Membuat Karakter Exaggeration! Buatlah karakteristik karakter yang akan dibuat seheboh mungkin! Pilih Warna yang Tepat Warna-warna gelap cocok untuk karakter jahat atau serius. Sementara warna terang digunakan untuk karakter-karakter baik. Tambahkan Aksesoris Agar lebih menarik! Tambahkan Dimensi Ketiga Buatlah karakter sedemikian rupa sehingga memiliki karakteristik 3 dimensi (walau hanya ilusi). Tambahkan “Personality” Karakter dengan desain yang baik memang bagus, tapi karakter dengan personality adalah luar biasa! Tips lain :

7 Menggambar kepala

8 Menggambar Tubuh

9 Contoh Lain

10 Model Sheet Karakter Template konsep untuk membantu tim development menciptakan model karakter yang akurat. Berbentuk orthographic rendering dari sudut pandang yang berbeda-beda. Dirancang untuk memberikan tim pengembangan informasi penting tentang karakter secara detail. Pergerakan baju, animasi wajah, lighting, bump mapping, dan transparency.

11 Membangun Model Sheet Buat isometric (flat view) dari karakter. Gambar side view, gunakan line untuk membantu meletakkan objek. Gambar rotated view, gambar bagian top. Buat orthogonal view dari objek dalam berbagai sudut sehingga didapat kombinasi yang lengkap.

12 Memanfaatkan Model Sheet Digunakan sebagai base model Untuk pembangunan model berikutnya. Termasuk pergerakan karakter.

13 Contoh Lain

14

15

16 Agung Toto Wibowo Resource : Apriyatno, Veri, “Cara Mudah Menggambar dengan Pensil", Kawan Pustaka, Jakarta, 2004

17 Unsur-unsur Rupa Garis Garis lurus, lengkung, patah-patah, acak Bidang dasar dua dimensi Segitiga, lingkaran, persegi Bidang Dasar Tiga Dimensi Kubus, limas, bola, tabung

18 Unsur-unsur Rupa Arsir Pengulangan garis secara acak dan saling menyilang dengan tujuan mengisi bidang gambar kosong Fungsi : memberi kesan bentuk dan volume, kesan jarak kedalaman, mengisi bidang kosong, finishing touch

19 Unsur-unsur Rupa Repetisi Penggambaran bidang atau bentuk tertentu yang dilakukan secara berulang, sehingga menjadi motif dan ragam hias.

20 Isometri Teknik menggambar objek yang ukurannya lebih kecil dari manusia, yang disederhanakan dari kotak, atau persegi.

21 Anatomi Hal penting : proporsi perbandingan antara besar kepala, badan, dan anggota badan. Metode, bisa melihat manusia secara langsung sebagai model.

22 Proporsi Kepala - Depan Seperti sebuah lingkaran besar, beririsan dengan lingkaran lebih kecil, sehingga bentuk dasar bulat telur. Gunakan garis bantu horisontal untuk letak garis mata, telinga, hidung, dan mulut

23 Proporsi Kepala - Samping Secara struktur kepala tampak samping sama dengan kepala tampak depan, hanya saja bulatan kecil sedikit ke samping.

24 Proporsi Kepala – Dua Pertiga, Atas Secara struktur kepala tampak dua pertiga hampir sama dengan struktur tampak samping, hanya garis bantu alis dan hidung dibuat melengkung mengikuti bentuk bulat kepala.

25 Anatomi Dewasa – Depan, Samping

26 Anatomi Dewasa – Dua Pertiga, Persendian


Download ppt "Agung Toto Wibowo Resource : Pardew, Les, "Beginning Illustration and Storyboarding for Game", Thomson."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google