Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tanda Baca Tanda titik Tanda titik Tanda titik selalu dipakai Tanda titik selalu dipakai 1. pada akhir kalimat 1. pada akhir kalimat 2. di belakang angka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tanda Baca Tanda titik Tanda titik Tanda titik selalu dipakai Tanda titik selalu dipakai 1. pada akhir kalimat 1. pada akhir kalimat 2. di belakang angka."— Transcript presentasi:

1 Tanda Baca Tanda titik Tanda titik Tanda titik selalu dipakai Tanda titik selalu dipakai 1. pada akhir kalimat 1. pada akhir kalimat 2. di belakang angka atau huruf dalam 2. di belakang angka atau huruf dalam suatu bagan, ikhtisar, daftar suatu bagan, ikhtisar, daftar 3. sebagai pemisah angka jam dan menit 3. sebagai pemisah angka jam dan menit yang menunjukkan waktu dan jangka yang menunjukkan waktu dan jangka waktu waktu 4. sebagai pemisah bilangan angka ribuan 4. sebagai pemisah bilangan angka ribuan atau kelipatannya. atau kelipatannya.

2 Tanda titik tidak dipakai 1. untuk menyatakan pecahan perse- puluhan 2. pada akhir judul yang merupakan kepala karangan atau kepala ilustrasi dan tabel 3. untuk memisahkan bilangan ribuan atau kelipatan yang tidak menun- jukkan jumlah.

3 Koma Memisahkan klausa dalam kalimat setara menggabungkan bila tidak menggunakan kata sambung Sahabat saya belajar di ITB, saya menuntut ilmu di IPB. Memisahkan klausa anak kalimat yang mendahului gagasan utama Agar kita mendapat nilai memuaskan, kita harus giat belajar.

4 Memisahkan kata penghubung dalam paragraf : Jadi, oleh sebab itu, meskipun demikian, Memisahkan bagian-bagian dalam kutipan langsung. Dosen kami berkata, “Mahasiswa program Diploma IPB harus menjadi teladan bagi remaja Bogor.” Memisahkan nama diri dan gelar Prof. Sumarno, M.M., Dr. Ir. Moh. Zairin Junior, M.Sc.

5 Titik Dua Kalimat lengkap yang membutuhkan pemerian, contoh: Daging udang mengandung asam amino esensial: lisin, histidin, dan tirosin. Paragraf yang membutuhkan pemerian, contoh: Acara akan dilaksanakan pada hari : Kamis tanggal : 27 September Batas jilid dan halaman, batas bab, pasal atau surat dan ayat, contoh: II:323, V:3

6 Tanda hubung Memenggal kata dalam pergantian baris Merangkai - Se + kata berawalan huruf kapital Se-Bogor, se-Kabupaten Bogor,se-IPB - Ke+angka, contoh: ke-17 - Singkatan + imbuhan KTM-ku, ATM-nya - Kata + imbuhan berhuruf kapital Hamba-Nya, umat-Ku Memperjelas arti pada kata gabung Buku-sejarah baru, buku sejarah-baru

7 Tanda kurung Dipakai untuk menunjukkan penomoran yang dimasukkan dalam kalimat Ketiga langkah itu, ialah: (a) mitosis, (b) meiosis, (c) penggan- gandaan inti.

8 Tanda petik ganda Mengapit judul syair, karangan atau bab buku dalam kalimat Contoh: Sajak “Ular dan Kabut” dimuat dalam surat kabar Kompas. Mengapit istilah yang kurang dikenal atau istilah khusus. Contoh: Dia mengenakan celana “cutbrai”.

9 Tanda petik tunggal Mengapit petikan di dalam petikan lain contoh: Adik bertanya, “Apakah kakak mendengar bunyi ‘dor-dor-dor’ tadi malam ?” Mengapit makna terjemahan, penjelasan kata atau ungkapan asing contoh: survival ‘sintasan’

10 Tanda baca lainnya lihat dalam diktat/ modul

11 TERIMA KASIH


Download ppt "Tanda Baca Tanda titik Tanda titik Tanda titik selalu dipakai Tanda titik selalu dipakai 1. pada akhir kalimat 1. pada akhir kalimat 2. di belakang angka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google