Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Panji Wisnu Wirawan. Agenda  Rekayasa informasi (RI) / Information Engineering  Karakteristik RI  Information System Pyramid  Tahapan RI  Ensiklopedia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Panji Wisnu Wirawan. Agenda  Rekayasa informasi (RI) / Information Engineering  Karakteristik RI  Information System Pyramid  Tahapan RI  Ensiklopedia."— Transcript presentasi:

1 Panji Wisnu Wirawan

2 Agenda  Rekayasa informasi (RI) / Information Engineering  Karakteristik RI  Information System Pyramid  Tahapan RI  Ensiklopedia

3 Dimana Rekayasa Informasi? Structured Desain terstruktur Analisis Terstruktur Object Oriented Informasi sebagai obyek yang saling berkaitan Information engineering Orientasi data Pendekatan top-down Development Methodologies

4 Rekayasa Informasi  Rekayasa informasi (information engineering) adalah bidang yang mengaitkan teknik formal untuk perencanaan, analisis, desain dan konstruksi sistem informasi dalam skala perusahaan atau lintas sektor perusahaan.

5 Rekayasa Informasi  Rekayasa informasi adalah sekumpulan teknik di mana model perusahaan, model data dan model proses dibangun dalam suatu basis pengetahuan komprehensif dan digunakan untuk membuat dan memelihara sistem pemrosesan data.

6 Karakteristik RI  RI menerapkan teknik terstruktur dalam skala perusahaan.  RI menggunakan pendekatan top-down dengan beberapa tahapan (dibahas kemudian).  RI membangun pengetahuan repository / ensiklopedia yang mantap tentang perusahaan (model data, model proses dan desain sistem).  RI membuat kerangka kerja untuk mengembangkan komputerisasi perusahaan.

7 Karakteristik RI  RI melibatkan end-user secara kuat dalam setiap tahapan.  RI memfasilitasi evolusi sistem jangka panjang.  RI mengidentifikasikan bagaimana computing dapat memenuhi tujuan strategis perusahaan.  RI melibatkan penggunaan peralatan CASE (Computer Aided Software Engineering) terintegrasi.

8 Information System Pyramid

9 Tahapan RI  Perencanaan Strategi Informasi  Analisis area bisnis  Desain Sistem  Konstruksi

10 Perencanaan Strategi Informasi  Berkaitan dengan tujuan manajemen perusahaan dan critical success factor.  Berkaitan dengan bagaimana teknologi bisa digunakan untuk membuat peluang-peluang baru dan keunggulan kompetitif.  Gambaran umum perusahaan dibuat, meliputi fungsi, data dan informasi yang diperlukan.

11 Analisis Area Bisnis  Berhubungan dengan bagaimana proses yang dipilih dalam area bisnis diimplementasikan dalam prosedur.  Dan dilanjutkan dengan bagaimana setiap proses tsb. berhubungan dan data apa saja yang dibutuhkan.

12 Desain Sistem  Berkaitan dengan bagaimana proses dalam bisnis diimplementasikan dan bagaimana prosedur-prosedur tersebut bekerja.  Keterlibatan pengguna secara langsung dipelukan dalam desain.

13 Konstruksi  Implementasi prosedur menggunakan, semisal code generator, dan 4GL.

14 Ensiklopedia  Ensiklopedia merupakan repositori (gudang) terkomputerisasi yang menghimpun informasi yang berkaitan dengan : perencanaan hingga pemeliharaan.  Model data, proses dan perencanaan informasi disimpan dalam ensiklopedia.  Begitupula dengan fact, rules, dan policies yang mempengaruhi perusahaan dan sistem-sistemnya.

15 Poin Kunci  Rekayasa informasi : strategi informasi, model data, automated tools.

16 Tugas  Apakah CSF itu?  Mengapa CSF penting bagi bisnis?  Apa beda CSF dengan KPI (Key Performance Indicator) ?


Download ppt "Panji Wisnu Wirawan. Agenda  Rekayasa informasi (RI) / Information Engineering  Karakteristik RI  Information System Pyramid  Tahapan RI  Ensiklopedia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google