Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3 Rekayasa Sistem 3 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. Tentang Mata Kuliah Rekayasa Sistem Kredit: 3 SKS Kelas: Senin, 19.20-21.00 WIB.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3 Rekayasa Sistem 3 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. Tentang Mata Kuliah Rekayasa Sistem Kredit: 3 SKS Kelas: Senin, 19.20-21.00 WIB."— Transcript presentasi:

1 3 Rekayasa Sistem 3 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.

2 Tentang Mata Kuliah Rekayasa Sistem Kredit: 3 SKS Kelas: Senin, WIB

3 Proses Rekayasa Sistem The Big Picture Rekayasa software menggunakan teknik terstruktur untuk menghasilkan satu software dan dilaksanakan pada satu kegiatan proyek. Sedangkan rekayasa sistem informasi menggunakan teknik terstruktur untuk menghasilkan satu sistem informasi bagi perusahaan secara keseluruhan, dimana dalam rekayasa sistem informasi kemungkinan akan memerlukan banyak waktu dan banyak biaya serta menggunakan banyak personil

4 Matrix Rekayasa SistemRekayasa Software ProyekSub-Sub proyekSatu proyek ProductSistem Informasi ManajamenSatu Software atau Aplikasi BiayaBesarMenengah ke bawah SDMBanyak SDM dan kadang multi disiplin ilmuBeberapa individu terlibat dan masaih dalam scoup satu disiplin ilmu

5 Tahapan Rekayasa Sistem Tahap 1 Perencanaan strategis informasi ( Goal, Visi Misis Perusahaan) Tahap 2 Analisa bidang bisnis ( Penyelarasan IT dengan Bisnis Perusahaan) Tahap 3 Disain sistem ( Disain dan lingkup Sistem) Tahap 4 Konstruksi ( RPL in Action)

6 1. Tahap 1 Perencanaan strategis informasi Lebih memperhatikan kepada tujuan manajemen dan Faktor Sukses Kritis, bagaimana teknologi dapat digunakan untuk menghasilkan peluang baru atau keunggulam kompetitif. Pada tahap ini dicari kebutuhan akan fungsi-fungsi, data dan informasi perusahaan yang digunakan manajemen atas tersebut. Pembuatan PSI dilakukan selama 3 bulanan oleh tim kecil saja. Tim akan mewawancarai top manajemen untuk mendapatkan kebutuhan tersebut serta komitmen dari mereka. Kegiatan : Wawancara dengan pihak Manajemen terkait - Garis besar bisnis perusahaan - Harapan yang diinginkan oleh Manajemen

7 2. Tahap 2 Analisa bidang bisnis Lebih memperhatikan proses apa yang dibutuhkan untuk menjalankan satu bidang bisnis yang dipilih, bagaimana proses tersebut saling terhubung dan data apa yang digunakan. Untuk beberapa bidang bisnis dilakukan secara paralel dan terpisah oleh beberapa tim dan akan membutuhkan waktu sekitar 6 bulanan menemukannya Kegiatan : Wawancara dengan pihak manajemen dan stake holder dibawahnya mengenai bisnis proses yang berlaku di perusahaan.

8 3. Tahap 3 Disain sistem Lebih memperhatikan bagaimana proses yang dipilih dalam bisnis diimplementasikan dalam prosedur dan bagaimana prosedur tersebut bekerja, Keterlibatan langsung user dari sistem sangat dibutuhkan dalam mendisain prosedur agar benar. Dapat dengan cepat dilakukan menggunakan alat bantu otomatis karena hanya dilakukan didepan layar komputer dengan bantuan komputer sistem informasi yang terintegrasi dapat dibuat. Editing berupa perubahan dan penambahan cukup dilakukan didepan komputer. Kegiatan : Memetakan dan menterjemahkan data-data hasil investigasi menjadi model-model, prosedur menjadi sebuah standar baku yang dapat dipahami bersama antara pelaku perekayasa sistem dengan stake holder.

9 4. Tahap 4 Konstruksi Implementasi dari prosedur yang digunakan, dimana secara prakteknya adalah pembuatan kodifikasi, bahasa generasi4 dan alat bantu user. Disain dikaitkan dengan konstruksi dengan cara membuat PROTOTIPE terlebih dahulu. Kegiatan : Mulai melakukan translasi dari model-model, prosedur menjadi kamus data dan diwujudkan dengan membuat prototype atau kerangka sistem informasi.

10 Peralatan yang digunakan Ensiklopedia Diagram Terkomputerisasi Model Data

11 Ensiklopedia Jantung dari RSI adalah ensiklopedia. Ensiklopedia adalah tempat penyimpanan terkomputerisasi yang secara tetap akan menumpuk informasi yang berhubungan dengan perencanaan, analisa, disain dan konstruksi dan kemudian untuk memelihara sistem. Alat bantu otomatis terkomputerisasi pada RSI menggunakan 2 tipe penyimpanan yaitu : Dictionary, berisikan nama dan deskripsi dari data item, proses, variabel dan sebagainya Ensiklopedia, berisikan data pada dictionary ditambah kodifikasi rencana, model dan disiain sistem secara lengkap dan perangkat untuk melakukan crosscheck, analisa korelasi, dan validasi. Ensiklopedia akan menyimpan kesemuanya tersebut dalam bentuk diagram terkomputerisasi.

12 Diagram Terkomputerisasi Prinsip dari RSI adalah penggunaan diagram untuk sarana komunikasi antara disainer, perencana dan ensiklopedia. Diagram akan dibuat dan ditayangkan pada layar komputer dan akan dihadapi oleh disainer, perencana serta pengguna untuk menetapkan disain terbaik yang dibantu komputer (CAD) dengan cara ZOOM, windowing, dan teknik terkomputerisasi lainnya. Disain dengan komputer menjadi lebih cepat dan tidak melelahkan, karena bila dibuat disain diatas kertas akan membutuhkan banyak kertas lebar dan banyak jumlahnya.

13 Model Data Pondasi dari RSI adalah model data. Disain logik dari data harus stabil, agar stabil digunakan teknik formal yang umum digunakan untuk mendisain basis data. Basis data yang stabil selanjutnya dapat digunakan sebagai landasan untuk mendisain element proses yang menggunakan data tersebut

14 Tools CASE - Visual Paradigm, Enterprise Architect, Visio, dll Project Management : - Microsoft Project, Sharepoint, M Projectdll Mind Mapping : Free Mind, Freeplane, dll

15 Q & A


Download ppt "3 Rekayasa Sistem 3 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. Tentang Mata Kuliah Rekayasa Sistem Kredit: 3 SKS Kelas: Senin, 19.20-21.00 WIB."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google