Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Migunani, S.Kom, M.Kom.  Sistem ERP merupakan sistem yang besar dan kompleks ◦ Berpengaruh pada sebagian besar departemen ◦ Volume data sangat besar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Migunani, S.Kom, M.Kom.  Sistem ERP merupakan sistem yang besar dan kompleks ◦ Berpengaruh pada sebagian besar departemen ◦ Volume data sangat besar."— Transcript presentasi:

1 Migunani, S.Kom, M.Kom

2  Sistem ERP merupakan sistem yang besar dan kompleks ◦ Berpengaruh pada sebagian besar departemen ◦ Volume data sangat besar ◦ Investasi tidak sedikit ◦ Keberhasilan implementasi dipengaruhi banyak aspek  Faktor-faktor yang mempengaruhi ◦ Infrastructure, manufacturing, IT maturity, goverment, business size, regional, BPR experience

3  ERP merupakan hal yang sangat kritis bagi efisiensi organisasi, oleh karena itu diperlukan perencanaan proyek yang cermat.  Berbagai isu manajemen proyek yang harus diperhatikan : ◦ Estimasi waktu : penentuan skala prioritas, fleksibilitas jadwal, sebagainya harus ditentetukan dengan cermat. ◦ Jenis sistem ERP yang akan diadopsi : Sistem yang diadopsi utuh dari vendor biasanya dengan modifikasi minimal. Tujuan utma adalah implementasi ERP yang tepat untuk organisasi.

4  Critical success factor keberhasilan implementasi sistem ERP [OLS-2004]: ◦ Pemahaman yang jelas atas sasaran strategis ◦ Komitmen dari seluruh jajaran manajemen ◦ Manajemen proyek mplementasi yang baik ◦ Tim implementasi yang baik ◦ Ekayasa ulang proses bisnis ◦ Komitmen organisasi untuk berubah ◦ Pendidikan dan pelatihan yang intensif ◦ Data yang akurat ◦ Sosialisasi dan komunikasi yang intensif ◦ Pengukuran kinerja yang jelas dan fokusnya ◦ Dapat mengatasi isu multisite

5  Secara garis besar terdapat tiga pendekatan umum [OLS-2004] : ◦ Penggunaan satu paket utuh (vendor tunggal) ◦ Kombinasi dari berbagai vendor (multi vendor) ◦ Kostumisasi atau membuat sendiri sistem ERP  Biasanya dipilih pendekatan yang sesuai dengan kemampuan perusahaan serta skenario implementasi jangka panjang.

6  Langkah-langkah umum implementasi ERP tidak jauh berbeda dengan tahapan sistem informasi lainya : 1)Membangun organisasi tim proyek 2)Menentukan pendekatan implementasi 3)Membangun rencana implementasi 4)Menentukan kriteria keberhasilan dan metode pengukuranya

7  Implementasi ERP harus dikelola oleh sekelompok tim yang dibentuk khusus untuk implementasi ◦ Komite Pengarah : terdiri atas perwakilan klien dan para eksekutive unit bisnis. Anggota tim ini harus diwakili oleh semua area yang dipengaruhi ERP. ◦ Staf Teknologi Informasi Internal : Manajer, Programmer, Analis, dan Dukungan Teknik ◦ User Utama Internal ◦ Perwakilan Vendor/konsultan

8 Komite Pengarah Tim Proyek Dukungan Administratif Pokja Logistik Pokja Tim Pengembangan Pokja SDM Pokja Akunting Catatan : Kelompok tergantung modul ERP yang dikembagkan

9 1)Perencanaan ◦ Langkah awal : membentu komite pengarah ◦ Tugas utama komite ini adalah mengidentifikasi tujuan utama dan ruang lingkup proyek ERP, menentukan manajer proyek dan tim lainya. ◦ Tugas tim proyek pada fase ini :  Mendefinisikan masalah yang akan diselesaikan ERP dan Ruang lingkupnya  Mengevaluasi alternatif pendekatan pada ERP  Membuat jadwal dan anggaran proyek

10 2) Analisis ◦ Komite pengarah telah sepakat menjalankan sistem ERP dan mungkin telah menentukan pendekatan yang akan dilakukan. ◦ Mengumpulkan informasi dan mendefinisikan kebutuhan dari berbagai fungsi di organisasi. ◦ Memilih vendor ERP dan mengevaluasi vendor yang dapat memenuhi kebutuhan dan merekomendasi kepada tim pengarah. ◦ Tanggung jawab utama tim pada fase ini adalah mengeidentifikasi rekayasa ulan proses bisnis yang diperlukan berdasarkan paket software. ◦ Jika vendor dipilih perwakilan vendor atau pihak konsultan dapat dilibatkan dalam proses analisis. ◦ Pada akhir analisis idalnya dihasilkan prototipe sistem ERP diberbagai area untuk disimulasi dan diinterasikan.

11 3) Desain ◦ Tingkat desain tergantung pada pendekatan ERP.  Jika dipilih satu paket maka antarmuka sebagian besar telah ditentukan, kostumisasi hanya dibagian minor.  Jika dipilih kostumisasi paket, desain antarmuka menjadi lebih lama. ◦ Aspek desain lainya yang cukup penting adalah hardware, karena semua fungsi bisnis akan menggunakan sumber daya yang sama ◦ Pada fase ini pengguna akhir (end user) harus mendapatkan pelatihan intensif atas paket ERP. ◦ Pada fase ini kemungkinan akan terjadi beberapa rekayasa ulang proses bisnis.

12 4) Implementasi ◦ Untuk pendekatan kesatuan paket, program sudah dirancang dan diterapkan permodul. ◦ Beberapa modul harus dikonfigurasicmenjadi sistem yang terpadu. ◦ Setelah modul selesai dikonfigurasi selanjutnya dilakukan validasi dengan beberapa kali iterasi dan beberapa kali revisi hingga sistem siap dijalankan. ◦ Membuat dokumentasi seluruh sistem dan memberikan pelatihan pengguna sistem. ◦ Tahap terakhir membuat rencana instalasi.

13 5) Dukungan Teknis ◦ Tujuan pada fase ini untuk menjamin keberhasilan sistem jangka pendek dan jangka panjang. ◦ Meski pelatihan telah diberikan tetap masih diperlukan dukungan teknis. ◦ Elemen penting lain adalah pemeliharaan sistem ERP.  Pemeliharaan adaptif diperlukan jika mengupgrade versi paket dan modul atau terjadi kostumisasi.  Pemeliharaan perspektif diperlukan untuk memilihara kinerja sistem agar tetap optimal.


Download ppt "Migunani, S.Kom, M.Kom.  Sistem ERP merupakan sistem yang besar dan kompleks ◦ Berpengaruh pada sebagian besar departemen ◦ Volume data sangat besar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google