Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PENDIDIKAN KARAKTER MOH. SALEH, SH., MH. UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA 2011 BEBERAPA KOMPONEN KARAKTER YANG BAIK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PENDIDIKAN KARAKTER MOH. SALEH, SH., MH. UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA 2011 BEBERAPA KOMPONEN KARAKTER YANG BAIK."— Transcript presentasi:

1 1 PENDIDIKAN KARAKTER MOH. SALEH, SH., MH. UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA 2011 BEBERAPA KOMPONEN KARAKTER YANG BAIK

2 KOMPONEN KARAKTER YANG BAIK KNOWING THE GOOD (MORAL KNOWING) Kesadaran Moral  Memahami nilai moral  MengambilPerspective  Alasan moral  Pengambilan keputusn  Pengetahuan diri DESIRING THE GOOD (MORAL FEELING) Hati nurani  Harga diri  Empathy  Mencintai kebaikan  Kontrol diri  Kerendahan hati ACTING THE GOOD (MORAL ACTION) Kompetensi  Kemauan  Habit Lickona (1992)

3 Mengenal 20 karakter dasar Para ahli telah menjabarkan setidaknya ada 20 karakter dasar yang sangat dibutuhkan oleh anak demi kesuksesannya di masa depan : EmpatiPeduli Suka menolong HormatSetia SopanBijakPercaya diriBeraniSemangat InspiratifHumoris Tanggung jawab AdilSabar JujurDisiplinKerjasamaMandiriToleran

4 Dr. Thomas Lickona: In character education, it’s clear we want our children are able to judge what is right, care deeply about what is right, and then do what they believe to be right-even in the face of pressure form without and temptation from within. TRUSTWORTHINESS RESPECT RESPONSIBILITY FAIRNESS CARING HONESTY COURAGE DILIGENCE INTEGRITY CITIZENSHIP

5 7 SPIRITUAL CORE VALUES 1. JUJUR 2. TANGGUNG JAWAB 3. DISIPLIN4. KERJASAMA5. ADIL6. VISIONER7. PEDULI Ary Ginanjar Agustian, 2009

6 MANUSIA PROFETIK  Seorang intelektual profetik tidak memikirkan dirinya sendiri, tetapi berpikir bagaimana dapat memberikan sebanyak- banyaknya bagi lingkungan.  Sadar sebagai makhluq ciptaan Tuhan. Sadar sebagai makhluq muncul ketika ia mampu memahami keberadaan dirinya, alam sekitar, dan Tuhan YME. Konsepsi ini dibangun dari nilai-nilai transendensi.  Cinta Tuhan. Orang yang sadar akan keberadaan Tuhan meyakini bahwa ia tidak dapat melakukan apapun tanpa kehendak Tuhan. Oleh karenanya memunculkan rasa cinta kepada Tuhan. Orang yang cinta Tuhan akan menjalankan apapun perintah dan menjauhi larangan-Nya.  Bermoral. Jujur, saling menghormati, tidak sombong, suka membantu, dll merupakan turunan dari manusia yang bermoral.

7 Lanjutan…  Bijaksana. Karakter ini muncul karena keluasan wawasan seseorang. Dengan keluasan wawasan, ia akan melihat banyaknya perbedaan yang mampu diambil sebagai kekuatan. Karakter bijaksana ini dapat terbentuk dari adanya penanaman nilai-nilai kebinekaan.  Pembelajar sejati. Untuk dapat memiliki wawasan yang luas, seseorang harus senantiasa belajar. Seorang pembelajar sejati pada dasarnya dimotivasi oleh adanya pemahaman akan luasnya ilmu Tuhan (nilai transendensi). Selain itu, dengan penanaman nilai- nilai kebinekaan ia akan semakin bersemangat untuk mengambil kekuatan dari sekian banyak perbedaan.  Mandiri. Karakter ini muncul dari penanaman nilai-nilai humanisasi dan liberasi. Dengan pemahaman bahwa tiap manusia dan bangsa memiliki potensi dan sama-sama subjek kehidupan maka ia tidak akan membenarkan adanya penindasan sesama manusia. Darinya, memunculkan sikap mandiri sebagai bangsa.  Kontributif. Kontributif nerupakan cermin seorang pemimpin.

8 POST TEST….!!!! SETIAP MAHASISWA WAJIB MENYAMPAIKAN SATU KISAH TAULADAN (STORY TELLING) DAN MENYEBUTKAN KARAKTER TOKOH YANG DAPAT DIAMBIL PELAJARAN …???

9 C.KALIMANTAN IRIAN JAYA MALUKU E.NUSA TENGGARAW.NUSA TENGGARA BALI E.JAVA C.JAVA W.JAVA DI YOGYAKARTA SE.SULAWESI C.SULAWESI N.SULAWESI JAMBI RIAU BENGKULU W.SUMATRA DI ACEH E.KALIMANTAN W.KALIMANTAN PAPUA S.KALIMANTAN S.SULAWESI C.KALIMANTAN W.JAVA RIAU LAMPUNG S.SUMATRA JAMBI N.SUMATRA


Download ppt "1 PENDIDIKAN KARAKTER MOH. SALEH, SH., MH. UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA 2011 BEBERAPA KOMPONEN KARAKTER YANG BAIK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google