Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu V.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu V."— Transcript presentasi:

1 Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu V

2 Pengertian Internet Internet (interconnection-networking) adalah sistem global jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

3 Sejarah Internet Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

4 Sejarah Internet (lanjutan) Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

5 Sejarah Internet (lanjutan) Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

6 Milestone  Dimulai dari Jaringan Departemen Pertahan Amerika Serikat (US Department of Defense) yang disebut ARPANET (1960an-70an)  Layanan Awal : electronic mail, file transfer  Dibuka untuk Umum di akhir tahun 80an  WWW dibangun pada tahun oleh Tim Berners-Lee  web browser muncul : Netscape 1994, IE 1995  Amazon.com buka tahun1995; Google January 1996

7 IP Address IP (Internet Protocol) Adressing adalah metode pengalamatan komputer atau host dalam jaringan komputer dengan menggunakan TCP/IP. Alamat komputer dalam jaringan harus bersifat uniquely dan universaly. Harus unik karena dalam sebuah jaringan tidak boleh ada alamat host yang sama. Bersifat universal supaya dapat dimengerti secara umum. IP tersusun atas 32 bit, jadi ada 2 32 kemungkinan alamat. Notasi pengalamatan berupa notasi biner, yang terdiri dari himpunan 8 bit biner. Contohnya Untuk mempermudah pengalamatan dibuat dalam bentuk desimal bertitik, terdiri dari 4 blok, tiap blok mempunyai range contohnya

8 IP Address Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing- masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari hingga IP address panjangnya 32 bit dan dibagi menjadi dua bagian: bagian network dan bagian host. Batasan antara network dan host ini tergantung kepada beberapa bit pertama IP Address adalah alamat yang diberikan ke jaringan dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP.

9 Metode Pengalamatan Host: Adalah suatu komputer yang terhubung dengan jaringan yang dalam hal ini adalah Internet. Komputer ini dapat memberikan fasilitas layanan kepada jaringan yang terhubung kepadanya. Domain: Tata cara penamaan suatu host yang dikenal dengan istilah Domain, yang digunakan untuk menentukan posisi hirarki host dari jaringan Internet ini. Dibawah nama domain dalam hirarki ini dimungkinkan adanya nama subdomain. Penentuan nomor IP Address dan nama domain tidak dapat dilakukan secara sembarang, permohonan harus diajukan kepada Internet Network Information Center (InterNIC). Badan ini bukan pengelola Internet melainkan mengelola pemakaian alamat IP dan nama domain.

10 Metode Pengalamatan (lanjutan) Beberapa nama domain yang ada di Internet: com, co: digunakan untuk badan komersial. contoh: yahoo.com, rcti.co.id edu, ac: digunakan untuk lembaga pendidikan contoh: ucla.edu, gunadarma.ac.id gov, go: digunakan untuk lembaga pemerintahan contoh: fbi.gov, bppt.go.id net: untuk gateway jaringan, ISP contoh: ibm.net mil: digunakan untuk militer contoh: af.mil org, or: digunakan utuk organisasi contoh: scout.org, asean.or.id

11 Metode Pengalamatan (lanjutan) Karena saat ini jaringan Internet sudah mencakup banyak sekali negara, maka untuk mempermudah identifikasi lokasi host Internet ini, maka dibuat hirarki nama domain negara. Berikut ini adalah beberapa nama domain negara: id: Indonesia au: Australia ca: Canada fr: France my: Malaysia sg: Singapura uk: United Kingdom, dan lain-lain

12 Metode Pengalamatan (lanjutan) Identitas di Internet Sesuai dengan tata cara penamaan domain di Internet, maka tata cara penamaan host di Internet sesuai dengan posisi pada hirarki domain dan sub-domain dari host tersebut. Bentuk penamaan host di Internet adalah: host.subdomain.domain Pengalamatan nama pemakai atau user pada host di Internet atau yang biasa disebut sebagai alamat (Electronic Mail) adalah: contoh :

13 Metode Pengalamatan (lanjutan) Domain Name Service (DNS) server : Komputer ini berfungsi sebagai identitas nama domain yang dimiliki oleh jaringan tersebut dan juga memelihara informasi data dari domain yang lain. Dengan kata lain DNS adalah sebuah database yang berisi daftar informasi host dimana DNS server bertugas untuk menterjemahkan IP ke nama alamat dan sebaliknya dari nama alamat ke nomor IP. Mail Server : Komputer ini bertindak sebagai ‘Kantor Pos’ bagi suatu jaringan. Fungsi kerjanya memang mirip dengan Kantor Pos yang melayani surat keluar dan surat masuk.

14 Metode Pengalamatan (lanjutan) File Transfer Protocol (FTP) Server :Komputer ini bertindak sebagai penampung file-file yang dapat diakses oleh jaringan. File-file tersebut dapat di transfer baik untuk disimpan pada file server dari jaringan (upload) ataupun diambil dari file server untuk ke komputer pada jaringan (download). File server ini juga dimungkinkan untuk dapat diakses dari jaringan Internet sehingga pemakai lain dari jaringan Internet dapat melakukan upload dan download dari tempat lain yang berbeda di jaringan Internet. Web Server :Informasi yang terdapat di Internet tidak lagi hanya berbentuk teks data tetapi dapat berbentuk informasi yang berupa grafis yang interaktif dengan pemakai. Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi World Wide Web (WWW). Informasi www ini disimpan pada web server untuk dapat diakses dari jaringan Internet. Macam-macam server yang terdapat pada jaringan Internet ini seperti Transaction Server, gopher server, IRC server dll.

15

16 Etika Ber-internet 10 COMMANDMENT OF NETTIQUETTE COMPUTER 1. Jangan menggunakan komputer untuk membahayakan orang lain. 2.Jangan mencampuri pekerjaan komputer orang lain. 3.Jangan mengintip file orang lain. 4.Jangan menggunakan komputer untuk mencuri. 5.Jangan menggunakan komputer untuk bersaksi dusta. 6.Jangan menggunakan atau menyalin perangkat lunak yang belum kamu bayar. 7.Jangan menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi. 8.Jangan mengambil hasil intelektual orang lain untuk diri sendiri. 9.Pikirkanlah mengenai akibat sosial dari program yang ditulis. 10.Gunakanlah komputer dengan cara yang menunjukkan tenggang rasa dan rasa penghargaan.

17 Pentingnya ber-etika Perkembangan internet yang begitu pesat menuntut dibuatkannya aturan – aturan atau etika beraktifitas di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya etika dalam dunia maya : Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda. Pengguna internet merupakan orang yang hidup dalam anonymouse, yang mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi. Bermacam fasilitas di internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis / tidak etis. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat yang memungkinkan masuknya ‘penghuni’ baru. Untuk itu mereka perlu diberi petunjuk agar memahami budaya internet.

18 ETIKA DALAM (MAILING LIST) Dalam juga ada tatanan2 yg harus kita perhatikan. 1. Hindari menggunakan CC (Carbon Copy), Gunakan BCC (Blind Carbon Copy). Carbon Copy (CC); memungkinkan semua orang melihat semua list account yang di-CC-kan Blind Carbon Copy (BCC); hanya memungkinkan melihat account pengirim dan penerima, walaupun di BCC-kan kebanyak orang (one to many) BCC lebih sopan dan lebih membuat orang lain nyaman karena tidak khawatir account-nya diketahui oleh orang yang tidak dia kenal. KECUALI : list account sudah dikenal semua 2. Hindari Penggunaan HURUF KAPITAL Huruf Kapital mencerminkan “BERTERIAK”, Marah atau Kesal. Gunakan huruf kapital seperlunya hanya untuk penekanan. 3. Hati-hati dalam mem-FORWARD. Tidaklah etis memforward pesan yang sifatnya pribadi.Tidaklah etis memforward sesuatu tanpa seijin atau sepengetahuan yang mengirim Solusi: Minta ijin dan Men-CC-kan forward ke pengirim aslinya juga.

19 ETIKA DALAM (MAILING LIST) Gunakanlah bahasa yang sopan dan santun dalam menuliskan pesan, agar tidak menyinggung perasaan si penerima anda. Ucapkan salam pada awal dan akhir pesan. Gunakanlah ejaan tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca (lebih baik menggunakan bahasa formal). Cantumkan identitas anda sebagai pengirim dengan jelas. Jika anda mengirimkan sebuah lampiran dalam mengirim , lampirkanlah dengan ukuran data sekecil mungkin dan periksa kembali bahwa data yang anda lampirkan benar - benar bersih dari virus, trojan, malware dan sejenisnya. Jangan melampirkan data visual yang bersifat pornografik, SARA dan kekerasan.

20 Terima Kasih


Download ppt "Internet & Jaringan Komputer Universitas Gunadarma Minggu V."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google