Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL."— Transcript presentasi:

1 1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL

2 2 PENDAHULUAN  Awalnya komputer digunakan untuk memecahkan permasalahan lokal.  Saat ini komputer digunakan untuk mengelola sumber daya yang sangat luas, karena perusahaan memandang seluruh dunia sebagai pasar mereka.  Para eksekutif perusahaan melakukan investasi teknologi informasi  mencapai skala ekonomis, mengembangkan produk, dan memenuhi pelanggan diseluruh dunia.

3 3 PERUSAHAAN MULTINASIONAL Aktivitas setiap perusahaan dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal, bagi multinational corporation - MNC lingkungannya memiliki lingkup global. MNC merupakan suatu sistem terbuka tetapi berusaha meminimumkan ketidakpastian yang ditimbulkan oleh lingkungan. Ketidakpastian dalam hal ini adalah “perbedaan antara jumlah informasi yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas dan jumlah informasi yang telah dimiliki oleh organisasi”.

4 4 PERUSAHAAN MULTINASIONAL MNC membuat sistem pengolah informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dari segi pengaruh lingkungan dan warisan administratif. Perusahaan yang berhasil membuat sistem yang cocok memiliki peluang terbaik mencapai kinerja yang baik, mereka yang gagal berisiko tinggi mengalami kinerja yang buruk.

5 5 PERUSAHAAN MULTINASIONAL Tempat yang baik untuk memulai mempelajari pemakaian komputer di pasar internasional adalah struktur organisasi yang tepat. menurut William Egelhoff dari Fordham University ada 4 struktur yang berbeda, yakni :

6 6 PERUSAHAAN MULTINASIONAL 1. Divisi Fungsional Sedunia ( worldwide functional divisions ), 2. Divisi Internasional ( international divisions ), 3. Wilayah Geografis ( geographic regions ), 4. Divisi Produk Sedunia ( worldwide product divisions ).  Keempat struktur organisasi tersebut menyediakan hubungan pelaporan yang berlainan antara perusahaan induk dan anak perusahaan.

7 7 Divisi Fungsional Sedunia  Anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur fungsional.  Bidang-bidang fungsional dari anak perusahaan melapor langsung pada pasangan fungsional mereka di perusahaan induk.  Dengan demikian data yang mengintegrasikan seluruh operasi perusahaan tidak terdapat pada tingkat yang lebih rendah.  Sehingga perencanaan strategis MNC harus dilakukan pada tingkat eksekutif puncak di perusahaan induk.

8 8 Divisi Internasional  Semua anak perusahaan di luar negeri melapor pada divisi internasional MNC yang terpisah dari divisi domestik.

9 9 Wilayah Geografis  MNC membagi operasinya menjadi wilayah-wilayah.  Tiap wilayah bertanggung jawab atas anak-anak perusahaan yang berlokasi dalam batasnya.  Tidak ada komunikasi antar wilayah, karena arus informasi dari tiap wilayah langsung dikoordinasikan dengan staf dikantor pusat (perusahaan induk).

10 10 Divisi Produk Sedunia  Perusahaan diorganisasikan menurut jalur divisi produk, dan tiap divisi bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri di seluruh dunia.  Sehingga memungkinkan MNC lebih mudah mengenali beragam kebutuhan produk dari berbagai anak perusahaan dan menyesuaikan lini produk menurut kebutuhan tersebut.

11 11 Koordinasi Pada MNC  Koordinasi merupakan kunci mencapai keunggulan kompetitif dalam pasar global.  Perusahaan yang tidak mampu mendapatkan kontrol strategis atas operasi internasionalnya dan mengelolanya dengan koordinasi global tidak akan berhasil dalam pesatnya ekonomi internasional.  Kemajuan teknologi informasi,telekomunikasi dan metodologi pada dekade terakhir telah membuat koordinasi global menjadi lebih mudah.

12 12 Keuntungan Koordinasi Global  Fleksibel dalam memberi respon terhadap pesaing diberbagai negara;  Kemampuan memberi respon terhadap suatu perubahan meningkat;  Kemampuan mengikuti kebutuhab pasar di seluruh dunia;  Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit di berbagai negara;  Biaya operasional keseluruhan berkurang  Peningkatan efisiensi & efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan;  Kemampuan mencapai dan mempertahankan keragaman produk perusahaan, teknik produksi dan distribusi.

13 13 Strategi Bisnis Global Strategi Bisnis MNC (Christopher Bartlett & Sumantra Ghoshal) dikelompokan atas 4 strategi, yaitu :  Strategi Multinasional  Strategi Global  Strategi Internasional  Strategi Transnasional

14 14 Strategi Multinasional  Perusahaan induk memberikan kebebasan kepada anak perusahaan untuk mengembangkan produk dan praktek mereka sendiri serta senantiasa memberikan pelaporan keuangan (desentralisasi).  Strategi ini menimbulkan kendurnya pengendalian oleh perusahaan induk (kantor pusat), dan sistem informasi memudahkan desentralisasi dalam pengambilan keputusan strategis serta terdiri dari proses dan database yang beridiri sendiri (oleh anak perusahaan).

15 15 Strategi Multinasional Kantor Pusat

16 16 Strategi Global  Pengendalian ada di perusahaan induk (sentralisasi proses & database ).  Perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan produk- produk standar. Produk untuk seluruh pasar dunia diproduksi secara sentral dan dikirimkan ke anak-anak perusahaan.  Hal tersebut mengakibatkan sebagaian besar kapasitas sistem informasinya berlokasi diperusahaan induk dan terdapat sentralisasi proses dan database.  Pengendalian sangat ketat dan strategi diatur oleh pusat.

17 17 Strategi Global Kantor Pusat

18 18 Strategi Internasional Perpaduan strategi global (sentralisasi) dan strategi multinasional (desentralisasi). Memerlukan suatu tim manajemen diperusahaan induk yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan menembus pasar global. Keahlian ini disediakan anak perusahaan yang digunakan untuk mengadaptasi produk, proses dan strategi perusahaan bagi pasar mereka sendiri. Menggunakan sistem interorganisasi yang menghubungkan proses dan database perusahaan induk dengan anak perusahaan.

19 19 Strategi Internasional Kantor Pusat

20 20 Strategi Transnasional  Perusahaan induk dan semua anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operasi, mengkoordinasikan logistik agar produk mencapai pasar yang tepat.  Tercapainya efisiensi dan integrasi global serta fleksibilitas di tingkat lokal.  Rumitnya sistem pengendalian yang diperlukan, demikian pula arus sumber daya dari satu titik ke titik lain ketika perusahaan berfungsi sebagai suatu sistem yang terkoordinasi.  Selain itu menunjukkan kapasitas pemrosesan informasi yang tersedia pada tingkat anak perusahaan.

21 21 Strategi Transnasional  Ketika perusahaan menerapkan strategi transnasional, perusahaan mencapai integrasi dalam sistemnya dengan menggunakan standar yang diterapkan pada skala internasional serta dengan arsitektur yang umum.  Tim pengembangan menyertakan wakil dari berbagai anak perusahaan untuk memastikan bahwa sistem tersebut memenuhi kebutuhan local.  Strategi transnasional menempatkan tanggung jawab yang besar pada pengelola database untuk memastikan keseragaman rancangan database di seluruh dunia.

22 22 Strategi Transnasional Kantor Pusat

23 23 7 Penggerak Bisnis Global 1.Sumber daya bersama; 2.Operasi yang fleksibel; 3.Rasionalisasi operasi; 4.Pengurangan risiko; 5.Produk global; 6.Pasokan yang langka; 7.Pelanggan tingkat perusahaan.

24 24 Kendala Penerapan GIS 1.Politis; pembatasan pembelian dan impor hardware, pematasan pemrosesan data dan komunikasi data. 2.Tingkat Teknologi pada setiap negara berbeda. 3.Kurangnya dukungan dari manajer anak perusahaan.

25 25 Strategi Penerapan GIS Strategi Transnasional bagi penerapan GIS, meliputi : a.Menghubungkan GIS dengan strategi bisnis b.Menentukan sumber daya informasi c.Menyediakan pembagian data d.Memperhatikan lingkungan budaya

26 26 Pertanyaan / Diskusi 1.Apakah yang dimaksud dengan sumber ketidakpastian bagi MNC ? 2.Bagaimana para eksekutif MNC memberi respons pada ketidakpastian ? 3.Yang mana dari empat struktur dasar organisasi MNC yang sangat membutuhkan jaringan komunikasi MNC dan jelaskan ?! 4.Strategi bisnis global mana yang paling menarik bagi eksekutif yang menyukai pengendalian terpusat ? dan mana yang paling tidak menarik ?

27 27 Pertanyaan / Diskusi 5.Apakah sistem informasi global (GIS) berbeda dengan CBIS ? Jelaskan ! 6.Strategi bisnis global mana yang membutuhkan suatu tim pengembangan multinasional ? 7.Apakah ada hubungannya antara penggerak bisnis global dengan rencana strategis sumber daya informasi MNC ? 8.Mana yang lebih penting dalam mencapai standarisasi di seluruh MNC – data atau proses ? Jelaskan !

28 28 Penugasan Mandiri Berdasarkan pengalaman tugas saudara di lapangan (sebelum masuk ke PTIK) pada unit saudara masing- masing. a.Lakukanlah analisa strategi bisnis yang berlaku atau yang diterapkan ! b.Apakah termasuk dalam 4 strategi bisnis, tunjukkan dengan parameter yang sesuai pada strategi bisnis tersebut ?! c.Selanjutnya evaluasi apakah strategi yang dimaksud (yang berjalan) dapat memberikan output atau keluaran yang memuaskan. d.Berikan solusi alaternatif guna peningkatkan kinerja unit di masa datang !!

29 29 Penutup Belajarlah dengan sungguh-sungguh, Insya Allah kita akan memperoleh hasil yang maksimal. Selanjutnya….. Modul 5


Download ppt "1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google