Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

9 PEREKONOMIAN RIIL JANGKA PANJANG. Copyright © 2004 South-Western 25 Produksi dan Pertumbuhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "9 PEREKONOMIAN RIIL JANGKA PANJANG. Copyright © 2004 South-Western 25 Produksi dan Pertumbuhan."— Transcript presentasi:

1 9 PEREKONOMIAN RIIL JANGKA PANJANG

2 Copyright © 2004 South-Western 25 Produksi dan Pertumbuhan

3 Copyright © 2004 South-Western Produksi dan Pertumbuhan Standar hidup suatu negara tergantung pada kemampuannya untuk memproduksi barang dan jasa

4 Copyright © 2004 South-Western Produksi dan Pertumbuhan Pada suatu negara terdapat perubahan standar hidup yang besar dalam kurun waktu tertentu.

5 Copyright © 2004 South-Western Produksi dan Pertumbuhan Di Amerika Serikat selama satu abad terakhir, pendapatan rata-rata yang diukur dengan PDB riil per kapita telah tumbuh sekitar 2 persen per tahun.

6 Copyright © 2004 South-Western Produksi dan Pertumbuhan Produktivitas mengacu pada jumlah barang dan jasa yang dihasilkan untuk setiap jam dari waktu pekerja. Sebuah standar hidup bangsa ditentukan oleh produktivitas pekerjanya.

7 Table 1 Bermacam Pengalaman Pertumbuhan Copyright©2004 South-Western

8 PERTUMBUHAN EKONOMI DI BERBAGAI NEGARA Standar hidup, yang diukur dengan PDB riil per kapita, bervariasi antara bangsa-bangsa.

9 Copyright © 2004 South-Western PERTUMBUHAN EKONOMI DI BERBAGAI NEGARA Negara-negara termiskin memiliki tingkat rata- rata pendapatan yang belum pernah terlihat di Amerika Serikat selama beberapa dekade.

10 Copyright © 2004 South-Western PERTUMBUHAN EKONOMI DI BERBAGAI NEGARA Tingkat pertumbuhan tahunan yang tampak kecil menjadi besar ketika dijumlah selama bertahun-tahun. Penjumlahan mengacu pada akumulasi tingkat pertumbuhan selama periode waktu

11 Copyright © 2004 South-Western PRODUKTIVITAS: PERANAN DAN FAKTOR – FAKTOR PENENTUNYA Produktivitas memainkan peran kunci dalam menentukan standar hidup untuk semua negara di dunia.

12 Copyright © 2004 South-Western Mengapa Produktivitas sangat PentingWhy Productivity Is So Important Produktivitas mengacu pada jumlah barang dan jasa yang dapat dihasilkan seorang pekerja dari setiap jam kerja

13 Copyright © 2004 South-Western Mengapa Produktivitas sangat Penting Untuk memahami perbedaan besar dalam standar hidup di seluruh negara, kita harus fokus pada produksi barang dan jasa.

14 Copyright © 2004 South-Western Bagaimana Produktivitas Ditentukan Input yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa disebut faktor-faktor produksi. Faktor-faktor produksi secara langsung menentukan produktivitas.

15 Copyright © 2004 South-Western Bagaimana Produktivitas Ditentukan Faktor-faktor Produksi Modal fisik Modal manusia Sumber daya alam Penguasaan IPTEK

16 Copyright © 2004 South-Western Bagaimana Produktivitas Ditentukan Modal Fisik merupakan faktor yang dihasilkan dari produksi. Input pada sebuah proses produksi yang merupakan output dari proses produksi sebelumnya. adalah kelengkapan peralatan dan struktur yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Alat yang digunakan untuk membangun atau memperbaiki mobil. Alat yang digunakan untuk membangun furnitur. Gedung perkantoran, sekolah, dll.

17 Copyright © 2004 South-Western Bagaimana Produktivitas Ditentukan Modal Manusia Istilah para ekonom untuk pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh para pekerja melalui pendidikan, pelatihan, dan pengalaman Seperti modal fisik, modal manusia juga meningkatkan kemampuan suatu negara untuk memproduksi barang dan jasa.

18 Copyright © 2004 South-Western Bagaimana Produktivitas Ditentukan Sumber daya Alam input yang digunakan dalam produksi yang disediakan oleh alam, seperti tanah, sungai, dan deposit mineral. Sumber daya terbarukan termasuk pohon dan hutan. Sumber daya tak terbarukan termasuk minyak bumi dan batubara. dapat menjadi penting namun tidak wajib bagi perekonomian untuk menjadi sangat produktif dalam memproduksi barang dan jasa

19 Copyright © 2004 South-Western Bagaimana Produktivitas Ditentukan Penguasaan IPTEK Pemahaman masyarakat tentang cara terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa. Modal manusia merujuk pada sumber daya yang diharapkan mentransformasi pemahaman ini pada angkatan kerja.

20 Copyright © 2004 South-Western FYI: Fungsi Produksi Para ekonom sering menggunakan fungsi produksi untuk menggambarkan hubungan antara kuantitas input yang digunakan dalam produksi dan jumlah output dari produksi.

21 Copyright © 2004 South-Western FYI: Fungsi Produksi Y = A F(L, K, H, N) Y = jumlah output A = Ketersediaan teknologi produksi L = jumlah pekerja K = jumlah modal fisik H = jumlah modal manusia N = jumlah sumber daya alam F( ) adalah fungsi yang menunjukkan bagaimana input dikombinasikan untuk menghasilkan output

22 Copyright © 2004 South-Western FYI: Fungsi Produksi Fungsi produksi memiliki skala hasil tetap (constant returns to scale) jika, untuk bilangan positif x, xY = A F(xL, xK, xH, xN) Artinya, dua kali lipat dari semua input menyebabkan jumlah output menjadi dua kali lipat juga.

23 Copyright © 2004 South-Western FYI: Fungsi Produksi Fungsi Produksi dengan skala hasil konstan memiliki implikasi yang menarik. Tetapkan x = 1/L, Y/ L = A F(1, K/ L, H/ L, N/ L)Y/ L = A F(1, K/ L, H/ L, N/ L) Dimana : Y/L = output per pekerja K/L = modal fisik per pekerja H/L = modal manusia per pekerja N/L = sumber daya alam per pekerja

24 Copyright © 2004 South-Western FYI: Fungsi Produksi Persamaan sebelumnya mengatakan bahwa produktivitas (Y / L) tergantung pada modal fisik per pekerja (K / L), modal manusia per pekerja (H / L), dan sumber daya alam per pekerja (N / L), serta keadaan teknologi, (A).

25 Copyright © 2004 South-Western PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN PUBLIK Pemerintah dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan produktivitas dan standar hidup

26 Copyright © 2004 South-Western PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN PUBLIK Kebijakan Pemerintah Yang Meningkatkan Produktivitas dan Standar Hidup Mendorong tabungan dan investasi. Mendorong investasi dari luar negeri Mendorong pendidikan dan pelatihan. Menetapkan hak properti dan memelihara stabilitas politik. Mempromosikan perdagangan bebas. Mempromosikan penelitian dan pengembangan.

27 Copyright © 2004 South-Western Pentingnya Tabungan dan Investasi Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas di masa depan adalah untuk berinvestasi lebih banyak sumber daya saat ini dalam produksi modal.

28 Figure 1 Pertumbuhan dan Investasi Copyright©2003 Southwestern/Thomson Learning (a) Growth Rate 1960–1991 (b) Investment 1960– South Korea Singapore Japan Israel Canada Brazil West Germany Mexico United Kingdom Nigeria United States India Bangladesh Chile Rwanda South Korea Singapore Japan Israel Canada Brazil West Germany Mexico United Kingdom Nigeria United States India Bangladesh Chile Rwanda Investment (percent of GDP)Growth Rate (percent)

29 Copyright © 2004 South-Western Penurunan Perolehan Keuntungan dan Efek Pengejaran Seiring dengan bertambahnya persediaan modal,output tambahan yang dihasilkan dari tambahan modal menjadi menurun, sifat ini disebut penurunan perolehan keuntungan (diminishing return). Karena keuntungan menurun, kenaikan tingkat tabungan menyebabkan pertumbuhan yang lebih tinggi untuk sementara waktu.

30 Copyright © 2004 South-Western Penurunan Perolehan Keuntungan dan Efek Pengejaran Dalam jangka panjang, semakin tinggi tingkat tabungan menyebabkan semakin tinggi tingkat produktivitas dan pendapatan, tetapi tidak menyebabkan bertambahnya pertumbuhan untuk variabel ini.

31 Copyright © 2004 South-Western Penurunan Perolehan Keuntungan dan Efek Pengejaran Efek pengejaran (catch-up effect) : efek yang memampukan negara – negara yang pada mulanya miskin cenderung tumbuh lebih cepat daripada negara – negara yang pada mulanya memang kaya

32 Copyright © 2004 South-Western Investasi Asing Pemerintah dapat meningkatkan akumulasi modal dan pertumbuhan jangka panjang ekonomi dengan mendorong investasi dari sumber-sumber asing..

33 Copyright © 2004 South-Western Investasi Asing Investasi dari luar negeri dalam beberapa bentuk : Investasi Asing langsung Investasi modal yang dimiliki dan dioperasikan oleh pihak asing. Investasi Asing Portofolio Investasi yang dibiayai pihak asing namun dioperasikan pihak domestik.

34 Copyright © 2004 South-Western Pendidikan Untuk pertumbuhan jangka panjang suatu negara, pendidikan setidaknya sama pentingnya dengan investasi dalam modal fisik. Di Amerika Serikat, setiap tahun sekolah meningkatkan upah seseorang, rata-rata, sekitar 10 persen. Dengan demikian, salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan standar hidup adalah menyediakan sekolah dan mendorong penduduk untuk memanfaatkan sekolah..

35 Copyright © 2004 South-Western Pendidikan Orang berpendidikan bisa menghasilkan ide-ide baru tentang bagaimana cara terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa, yang pada gilirannya, dapat masuk ke masyarakat pengetahuan dan memberikan manfaat eksternal kepada orang lain

36 Copyright © 2004 South-Western Pendidikan Salah satu masalah yang dihadapi beberapa negara miskin adalah kekosongan-otak : emigrasi banyak pekerja yang paling berpendidikan tinggi ke negara-negara kaya

37 Copyright © 2004 South-Western Hak Milik dan Stabilitas Politik Hak milik mengacu pada kemampuan orang untuk menjalankan otoritas atas sumber daya yang mereka miliki. Sebuah prasyarat agar sistem harga dapat berjalan dengan baik adalah memberikan penghargaan yang baik secara ekonomi untuk hak milik. Penting bagi investor untuk merasa bahwa investasi mereka aman.

38 Copyright © 2004 South-Western Perdagangan Bebas Perdagangan, dalam beberapa cara, adalah tipe teknologi. Sebuah negara yang menghilangkan batasan perdagangan akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang sama jenisnya dengan yang terjadi ketika teknologinya telah berkembang.

39 Copyright © 2004 South-Western Perdagangan Bebas Beberapa negara terlibat dalam Kebijakan orientasi ke dalam, menghindari interaksi dengan negara lain.... Kebijakan orientasi keluar, mendorong interaksi dengan negara lain.

40 Copyright © 2004 South-Western Penelitian dan Pengembangan Kemajuan IPTEK telah menyebabkan standar hidup yang lebih tinggi. Kebanyakan kemajuan teknologi muncul karena penelitian pribadi oleh perusahaan dan pribadi. Pemerintah dapat mendorong pengembangan teknologi baru melalui hibah penelitian, keringanan pajak, dan sistem paten.

41 Copyright © 2004 South-Western STUDI KASUS: Perlambatan dan Percepatan Produkstivitas. Sejak 1959 hingga 1973 produktivitas tumbuh pada tingkat 3,2 persen per tahun. Dari produktivitas tumbuh hanya 1,5 persen per tahun. Produktivitas dipercepat lagi pada tahun 1995, tumbuh sebesar 2,6 persen per tahun rata-rata selama enam tahun berikutnya.

42 Copyright © 2004 South-Western CASE STUDY: Perlambatan dan Percepatan Produkstivitas Penyebab perubahan dalam pertumbuhan produktivitas sulit dipahami. Perlambatan tidak dapat ditelusuri dari faktor- faktor produksi yang paling mudah diukur. Banyak ekonom menghubungkan perlambatan dan percepatan pertumbuhan ekonomi dengan perubahan teknologi dan penciptaan ide-ide baru.

43 Figure 2 Pertumbuhan PDB Riil per Kapita Copyright©2003 Southwestern/Thomson Learning Growth Rate (percent per year) – – – – – – –

44 Copyright © 2004 South-Western Pertumbuhan Populasi Ekonom dan ilmuwan sosial lainnya telah lama memperdebatkan bagaimana pertumbuhan penduduk mempengaruhi masyarakat

45 Copyright © 2004 South-Western Pertumbuhan Populasi Pertumbuhan penduduk berinteraksi dengan faktor-faktor produksi lain: Peregangan sumber daya alam Pencairan modal Mempromosikan kemajuan teknologi

46 Copyright © 2004 South-Western Rangkuman Kemakmuran ekonomi, yang diukur dengan PDB riil per orang, bervariasi secara substansial di seluruh dunia. Pendapatan rata-rata negara-negara terkaya di dunia lebih dari sepuluh kali lipat di negara- negara termiskin di dunia. Standar hidup dalam suatu perekonomian tergantung pada kemampuan perekonomian untuk memproduksi barang dan jasa.

47 Copyright © 2004 South-Western Rangkuman Produktivitas tergantung pada jumlah modal fisik, modal manusia, sumber daya alam, dan IPTEK yang tersedia untuk pekerja. Kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi dalam berbagai cara.

48 Copyright © 2004 South-Western Rangkuman Akumulasi modal tunduk pada keuntungan yang menurun. Karena keuntungan yang menurun, tabungan lebih tinggi mengarah ke pertumbuhan yang lebih tinggi untuk jangka waktu, tetapi pertumbuhan pada akhirnya akan melambat. Juga karena hasil yang menurun, pengembalian modal sangat tinggi di negara-negara miskin.


Download ppt "9 PEREKONOMIAN RIIL JANGKA PANJANG. Copyright © 2004 South-Western 25 Produksi dan Pertumbuhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google