Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR ILMU EKONOMI.  Siklus aliran pendapatan  Konsep penghitungan pendapatan nasional  Tolok ukur keberhasilan perekonomian  Penggunaan produk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR ILMU EKONOMI.  Siklus aliran pendapatan  Konsep penghitungan pendapatan nasional  Tolok ukur keberhasilan perekonomian  Penggunaan produk."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR ILMU EKONOMI

2  Siklus aliran pendapatan  Konsep penghitungan pendapatan nasional  Tolok ukur keberhasilan perekonomian  Penggunaan produk domestik bruto  Pendapatan nasional bruto nominal dan riil

3  EKONOMI MIKRO The study of how households and firms make decisions and how they interact in markets  EKONOMI MAKRO The study of economy wide phenomena, including inflation, unemployment, and economic growth

4  Tujuan dari makroekonomi adalah untuk menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga, perusahaan, dan pasar secara bersamaan.  Makroekonomi menjawab pertanyaan yang beragam:  Mengapa rata-rata pendapatan tinggi di beberapa negara ketika rendah di negara lain?  Mengapa harga kadang-kadang meningkat pesat sementara di lain waktu mereka lebih stabil?  Mengapa produksi dan kesempatan kerja berkembang dalam beberapa tahun ?  Apa, jika ada, yang dapat pemerintah lakukan untuk mempromosikan pertumbuhan yang cepat dalam pendapatan, inflasi yang rendah, dan pekerjaan yang stabil?  Pertanyaan-pertanyaan ini semua adalah masalah makroekonomi karena mereka menyangkut kerja seluruh perekonomian.

5 Tiga dari perhatian utama makroekonomi:  pertumbuhan output  pengangguran  Inflasi dan deflasi

6 1) rumah tangga, 2) perusahaan, 3) pemerintah, dan 4) seluruh dunia

7  Konsep circular flow pendapatan (mengabaikan pajak) melibatkan dua prinsip: 1. Dalam setiap pertukaran ekonomi, penjual menerima jumlah yang sama persis dengan yang pembeli habiskan. 2. Barang dan jasa mengalir dalam satu arah dan pembayaran uang mengalir dalam arah yang lain.

8

9

10

11  Sebuah sistem pengukuran yang digunakan untuk memperkirakan pendapatan nasional dan komponennya; salah satu pendekatan untuk mengukur kinerja agregat suatu perekonomian.

12  Akun-akun pendapatan nasional didasarkan pada gagasan bahwa jumlah aktivitas ekonomi yang terjadi selama periode waktu dapat diukur dalam hal: 1. jumlah output yang dihasilkan, termasuk output yang digunakan dalam tahap-tahap peralihan produksi (pendekatan produk); 2. pendapatan yang diterima oleh produsen output (pendekatan pendapatan), dan 3. jumlah pengeluaran oleh pembeli akhir output (pendekatan pengeluaran).

13  total produksi = total pendapatan = total belanja  di mana produksi, pendapatan, dan pengeluaran semua diukur dalam satuan yang sama (misalnya, dalam dolar).  Persamaan itu disebut identitas dasar akuntansi pendapatan nasional dan membentuk dasar untuk akuntansi pendapatan nasional.

14  PDB: NILAI PASAR DARI SEMUA BARANG DAN JASA AKHIR DIPRODUKSI DALAM NEGARA DALAM WAKTU TERTENTU  Definisi ini berfokus pada PDB sebagai total pengeluaran dalam perekonomian.  Tapi jangan lupa bahwa setiap dolar yang dihabiskan oleh pembeli barang atau jasa menjadi pendapatan kepada penjual dari barang dan jasa.  Oleh karena itu, di samping menerapkan definisi ini, pemerintah menambahkan istilah total pendapatan dalam perekonomian

15  Jumlah tahunan yang diterima oleh sumber daya suatu negara/bangsa (faktor produksi).  Oleh karena itu, total pendapatan berupa gaji, sewa, pembayaran bunga, dan keuntungan yang diterima oleh pekerja, pemilik tanah, pemilik modal, dan pengusaha, masing-masing.

16  Expenditure Approach  Income Approach

17  Ada juga empat kategori utama pengeluaran:  Pengeluaran konsumsi pribadi (C): pengeluaran rumah tangga untuk barang konsumsi  Investasi domestik swasta bruto (I): pengeluaran oleh perusahaan dan rumah tangga, yaitu, pabrik, peralatan, persediaan, dan struktur perumahan baru  Konsumsi dan investasi pemerintah bruto (G)  Ekspor bersih (EX - IM): pengeluaran bersih seluruh dunia, atau ekspor (EX) dikurangi impor (IM)

18  Pendekatan pengeluaran menghitung PDB dengan menambahkan bersama empat komponen pengeluaran. Hal ini ditunjukkan di sini dalam bentuk persamaan: GDP = C + I + G + (EX - IM) Y = C + I + G + NX

19

20  Pendekatan Pendapatan PDB diukur dengan menjumlahkan pendapatan yang perusahaan bayar kepada rumah tangga untuk layanan dari faktor-faktor produksi yang mereka sewa, upah untuk tenaga kerja, bunga modal, sewa tanah, dan keuntungan bagi kewirausahaan.  Pendapatan dan Produk Neraca Nasional membagi pendapatan menjadi dua kategori besar: 1. Kompensasi karyawan 2. Surplus operasi bersih  Surplus operasi bersih adalah jumlah dari semua pendapatan faktor lainnya. Ia memiliki empat komponen: bunga bersih, pendapatan sewa, keuntungan perusahaan, dan pendapatan pemilik '.

21

22  Pendapatan nasional adalah total pendapatan negara, tetapi tidak sepenuhnya mengambarkan PDB. Tabel 21.4 menunjukkan proses dari pendapatan nasional menjadi PDB.

23  Sebuah cara yang berguna untuk berpikir tentang pendapatan nasional adalah mempertimbangkan berapa banyak yang diserap ke rumah tangga.  Total pendapatan rumah tangga disebut pendapatan pribadi, dan ternyata bahwa hampir semua pendapatan nasional adalah pendapatan pribadi.  Salah satu perbedaan antara pendapatan nasional dan pendapatan pribadi adalah keuntungan perusahaan tidak dibayar untuk rumah tangga dalam bentuk dividen, yang disebut laba ditahan perusahaan.  Ini adalah pendapatan yang masuk ke perusahaan daripada ke rumah tangga, dan karena itu merupakan bagian dari pendapatan nasional tetapi bukan pendapatan pribadi.

24

25  Pendapatan pribadi habis pakai (disposable) atau setelah pajak penghasilan pribadi: Pendapatan dikurangi pajak penghasilan pribadi. Jumlah yang rumah tangga harus habiskan atau simpan.  Tabungan pribadi: Jumlah pendapatan yang tersisa setelah dikurangi total pengeluaran pribadi dalam suatu periode tertentu.  Tingkat tabungan Pribadi : Persentase pendapatan pribadi pakai yang tersimpan. Jika tingkat tabungan pribadi rendah, rumah tangga menghabiskan jumlah besar relatif terhadap pendapatan mereka, jika itu adalah tinggi, rumah tangga harus menghabiskan dengan hati-hati.

26  Sejauh ini kita melihat PDB diukur dalam kurs dolar saat ini, atau harga saat kita bayar untuk barang dan jasa.  Ketika kita mengukur sesuatu dalam dolar saat ini, kita menyebutnya sebagai nilai nominal.  PDB nominal adalah PDB diukur dalam dolar- saat semua komponen PDB senilai harga mereka saat ini.

27  Jika kita menggunakan PDB nominal untuk mengukur pertumbuhan, kita dapat disesatkan dengan berpikir produksi telah tumbuh ketika semua yang telah benar-benar terjadi saat ini adalah kenaikan tingkat harga (inflasi).

28  PDB riil: produksi barang dan jasa senilai harga konstan / PDB Nominal disesuaikan dengan perubahan harga.  Kita menghitung PDB riil dengan terlebih dahulu menunjuk satu tahun sebagai tahun dasar.  harga pada tahun dasar memberikan dasar untuk membandingkan jumlah di tahun yang berbeda.

29

30  PDB Nominal menggunakan harga saat ini untuk menempatkan nilai pada produksi ekonomi barang dan jasa.  PDB riil menggunakan harga tahun dasar konstan untuk menempatkan nilai pada produksi ekonomi barang dan jasa.  Karena PDB riil tidak terpengaruh oleh perubahan harga, perubahan PDB riil mencerminkan perubahan hanya dalam jumlah yang diproduksi.  Dengan demikian, PDB riil adalah ukuran dari produksi ekonomi barang dan jasa

31  PDB deflator: ukuran tingkat harga yang dihitung sebagai rasio PDB nominal terhadap PDB riil kali 100.  Deflator PDB hanya mencerminkan harga barang dan jasa.

32  PDB deflator merupakan salah satu ukuran yang digunakan para ekonom untuk memantau tingkat rata-rata harga dalam perekonomian dan tingkat inflasi.  PDB deflator mendapatkan namanya karena dapat digunakan untuk mengambil inflasi dari nilai PDB nominal -yaitu, untuk “menurunkan" PDB nominal untuk kenaikan yang disebabkan oleh kenaikan harga.

33  GNP dikonversi ke dalam dolar dengan menggunakan rata-rata nilai tukar mata uang selama beberapa tahun disesuaikan dengan tingkat inflasi

34

35  [Produk domestik bruto] tidak memungkinkan untuk mengukur kesehatan anak-anak kita, kualitas pendidikan mereka, atau sukacita permainan mereka. Dan juga tidak dapat mengukur keindahan puisi kita atau kekuatan pernikahan kita, kecerdasan debat publik kita atau integritas pejabat publik kita. Ini tidak dapat mengukur keberanian kita, atau kebijaksanaan kita, maupun pengabdian kita untuk negara kita. Ini mengukur segalanya, singkatnya, kecuali mengukur yang membuat hidup berharga, dan dapat memberitahu kita segala sesuatu tentang Amerika kecuali mengapa kita bangga sebagai orang Amerika. (Senator Robert Kennedy, 1968)

36  Banyak dari apa yang dikatakan Robert Kennedy adalah benar. Mengapa, kemudian, apakah kita peduli tentang PDB?  Jawabannya adalah bahwa PDB yang tinggi tidak sebenarnya membantu kita untuk menjalani kehidupan yang baik.  PDB tidak mengukur kesehatan anak-anak kita, tapi negara-negara dengan PDB yang lebih besar mampu menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik bagi anak-anak mereka.  PDB tidak mengukur kualitas pendidikan mereka, tetapi negara-negara dengan PDB yang lebih besar mampu menyediakan sistem pendidikan yang lebih baik.  PDB tidak mengukur keindahan puisi kita, tapi negara- negara dengan PDB yang lebih besar mampu mengajar lebih para warganya untuk membaca dan menikmati puisi.

37  PDB tidak memperhitungkan kecerdasan kita, integritas, keberanian, kebijaksanaan, atau pengabdian kepada negara, tetapi semua atribut terpuji ini lebih mudah untuk mendorong ketika orang yang kurang peduli menjadi mampu membeli kebutuhan material kehidupannya.  Singkatnya, PDB tidak secara langsung mengukur hal-hal yang membuat hidup berharga, tetapi tidak mengukur kemampuan kita untuk mendapatkan banyak masukan ke dalam kehidupan yang berharga.

38  PDB adalah ukuran yang baik dari ekonomi kesejahteraan karena orang lebih suka mempunyai lebih tinggi pendapatan daripada yang lebih rendah.  Tapi itu bukan merupakan ukuran yang sempurna kesejahteraan.  Sebagai contoh, PDB tidak menyertakan nilai rekreasi dan nilai lingkungan yang bersih.

39

40

41  Sebutkan empat komponen pengeluaran. Mana yang terbesar?  Manakah ukuran terbaik untuk mengukur kesejahteraan rakyat banyak?Apakah PDB nominal atau riil? Mengapa?  Mengapa pembuat kebijakan harus peduli tentang PDB?


Download ppt "PENGANTAR ILMU EKONOMI.  Siklus aliran pendapatan  Konsep penghitungan pendapatan nasional  Tolok ukur keberhasilan perekonomian  Penggunaan produk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google