Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEPDIKNAS 2009 Integrasi SIMKeu dan Jardiknas. Prasyarat SIMKeu Perangkat keras Komputer dengan perangkat komunikasi jaringan (LAN) dengan media kabel.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEPDIKNAS 2009 Integrasi SIMKeu dan Jardiknas. Prasyarat SIMKeu Perangkat keras Komputer dengan perangkat komunikasi jaringan (LAN) dengan media kabel."— Transcript presentasi:

1 DEPDIKNAS 2009 Integrasi SIMKeu dan Jardiknas

2 Prasyarat SIMKeu Perangkat keras Komputer dengan perangkat komunikasi jaringan (LAN) dengan media kabel atau nirkabel Perangkat lunak Aplikasi SAK dan SIMAK-BMN Depkeu Web Browser Aplikasi SIMKeu yang terinstall di server pusat Koneksi Jardiknas Petugas SIMKeu

3 A. Koneksi Jardiknas

4 1. Adakah perangkat komunikasi jaringan (LAN) di komputer? Klik menu “Start > Control Panel”

5 1. Adakah perangkat komunikasi jaringan (LAN) di komputer? Klik 2 kali “Network Connections”

6 1. Adakah perangkat komunikasi jaringan (LAN) di komputer? Lihat perangkat pada bagian “LAN or High-Speed Internet” Jika ada lanjutkan ke langkah 2. Jika tidak ada maka tambahkan perangkat komunikasi jaringan (LAN) atau pergunakan komputer lain yang telah mempunyai perangkat komunikasi jaringan.

7 2. Apakah perangkat komunikasi jaringan dalam keadaan “Enable” atau “Disable”? Lihat dikolom “Status” untuk bagian “LAN or High-Speed Internet” Jika dalam keadaan “Disable” maka di ubah menjadi “Enable” dengan klik kanan pada perangkat terkait dan pilih “Enable”. Lanjutkan ke langkah 3. Jika dalam keadaan “Enable” maka lanjutkan ke langkah 3.

8 Klik menu “Start > Run”. Ketik “cmd”,tekan tombol “Enter”. Ketik “ipconfig /all”. Tekan tombol “Enter”. 3. Apakah komputer terhubung ke jaringan lokal? Jika diperoleh angka pada IP Address, maka dipastikan komputer terhubung ke jaringan lokal. Lanjutkan ke langkah 5. Jika tidak, maka kemungkinan “Driver” perangkat jaringan bermasalah. Lanjutkan ke langkah 4.

9 4. Apakah “Driver” perangkat komunikasi jaringan bermasalah atau tidak? Klik menu “Start > Control Panel > System”. Klik tab “Hardware”, dan tekan tombol “Device Manager”

10 4. Apakah “Driver” perangkat komunikasi jaringan bermasalah atau tidak? Klik 2 kali pada bagian “Network adapters”. Akan tampil perangkat komunkasi jaringan. Jika driver bermasalah akan tampak tanda “?” atau tanda “!” pada ikon perangkatnya. Jika ada “Driver” yang bermasalah, maka install ulang driver tersebut. Lanjutkan ke langkah 5. Jika tidak, lanjutkan ke langkah 5.

11 Klik menu “Start > Run”. Ketik “cmd”, tekan “Enter”. Ketikkan “ping simkeu.depdiknas.go.id”. 5. Apakah komputer terhubung ke Jardiknas? Jika yang tertampil “Reply from ….” maka koneksi ke Jardiknas berhasil. Lanjutkan ke langkah 6. Jika tidak a.Koordinasikan dengan pengelola Jardiknas di kabupaten/kota Anda. b.Bila Jardiknas tidak dapat dipergunakan untuk jangka waktu agak lama, maka pergunakan koneksi Internet. Dan lanjutkan dengan langkah 6.

12 B. Aplikasi SIMKeu

13 Buka web browser. Ketik pada bagian alamat web. 6. Buka laman SIMKeu? Jika tampil halaman utama SIMKeu, maka lanjutkan ke langkah 7. Jika tidak, a. buka laman Jika berhasil dibuka, kemungkinan web SIMKeu mengalami kendala. Silahkan hubungi Administrator SIMKeu.

14 6. Buka laman SIMKeu? Laman b.Jika tidak berhasil coba gunakan web browser lain di komputer tersebut, c.Jika tetap tidak berhasil kemungkinan komputer anda bermasalah. Gunakan komputer lain yang terhubung ke Jardiknas dan mempunyai web browser.

15 Klik menu “Transaksi”. Kemudian masukkan “identitas”, “sandi” yang telah diberikan, dan “Tahun Anggaran”. Tekan tombol “Masuk”. 7. Login dimenu transaksi? Jika berhasil masuk maka akan tampil halaman seperti berikut. Lanjutkan dengan mengunggah, mengirim atau mengunduh berkas. Jika Identitas dan/atau Sandi tidak berlaku, maka akan keluar pesan peringatan

16 7. Login dimenu transaksi?

17 Tampilan jika Identitas dan Sandi belum benar. Masukkan kembali Identitas dan Sandi yang benar. Tampilan jika Identitas dan Sandi sudah tidak berlaku. Silahkan Satker Anda mengajukan kembali petugas SIMKeu. Jika Identitas dan Sandi yang dimasukkan sudah benar tetapi belum bisa masuk ke dalam SIMKeu silahkan hubungi Administrator SIMKeu.


Download ppt "DEPDIKNAS 2009 Integrasi SIMKeu dan Jardiknas. Prasyarat SIMKeu Perangkat keras Komputer dengan perangkat komunikasi jaringan (LAN) dengan media kabel."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google