Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Genetika (Genetics). Genetics Genetics: “ The science of heredity” Genetics: “ The science of heredity”  Cabang biologi yang mempelajari hereditas dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Genetika (Genetics). Genetics Genetics: “ The science of heredity” Genetics: “ The science of heredity”  Cabang biologi yang mempelajari hereditas dan."— Transcript presentasi:

1 Genetika (Genetics)

2 Genetics Genetics: “ The science of heredity” Genetics: “ The science of heredity”  Cabang biologi yang mempelajari hereditas dan variasi (Klug and Cummings, 1996).  Cabang biologi yang mempelajari hereditas dan variasi (Klug and Cummings, 1996). Melibatkan studi tentang: Melibatkan studi tentang: – sel, – individu, – keturunan dan – populasi dimana organisme itu hidup.

3

4 PENEMUAN PRINSIP-PRINSIP GENETIKA Gregor Mendel (Austria) ( ),  penemu dasar ilmiah dari genetika. Gregor Mendel (Austria) ( ),  penemu dasar ilmiah dari genetika. Eksperimen menggunakan kacang ercis ( ), hasilnya dipublikasikan pada ‘Proceedings of the Brunn Society for the study of Natural Science’. Eksperimen menggunakan kacang ercis ( ), hasilnya dipublikasikan pada ‘Proceedings of the Brunn Society for the study of Natural Science’. Mengajukan prinsip: induk suatu tumbuhan selalu memiliki 2 “faktor”, tetapi hanya 1 faktor (separoh) dari masing-masing induk yang diturunkan kepada masing2 individu keturunannya. Mengajukan prinsip: induk suatu tumbuhan selalu memiliki 2 “faktor”, tetapi hanya 1 faktor (separoh) dari masing-masing induk yang diturunkan kepada masing2 individu keturunannya. Saat ini, “faktor” yg dikemukakan Mendel adalah: gen (gene, gena) Saat ini, “faktor” yg dikemukakan Mendel adalah: gen (gene, gena)

5 Materi genetik?  DNA atau RNA? Gen? Gen? Unit fungsional dari hereditas Unit fungsional dari hereditas Susunan nukleotida secara linier Susunan nukleotida secara linier Unit penyimpan informasi yg dapat melakukan replikasi, mutasi dan ekspresi.  kompleks Unit penyimpan informasi yg dapat melakukan replikasi, mutasi dan ekspresi.  kompleks Kromosom? Kromosom? Suatu struktur yang terdiri dari molekul DNA linier yang berasosiasi dengan suatu protein. Suatu struktur yang terdiri dari molekul DNA linier yang berasosiasi dengan suatu protein.

6

7

8 Sumber variasi genetik? mutasi kromosom (duplikasi, delesi, rearrangement segmen kromosom) mutasi kromosom (duplikasi, delesi, rearrangement segmen kromosom) mutasi gen:  perubahan pada DNA (substitusi, duplikasi, delesi nukleotida penyusun DNA). Bentuk alternatif dari gen karena mutasi  allel. Variasi genetik  perubahan dalam beberapa sifat/ ciri organisme (fenotipe). mutasi gen:  perubahan pada DNA (substitusi, duplikasi, delesi nukleotida penyusun DNA). Bentuk alternatif dari gen karena mutasi  allel. Variasi genetik  perubahan dalam beberapa sifat/ ciri organisme (fenotipe).

9 Bagaimana DNA menyimpan informasi genetika?  4 nukleotida  kode genetika yg menunjukkan struktur kimia dari protein.  4 nukleotida  kode genetika yg menunjukkan struktur kimia dari protein.  mempelajari turun-temurunnya sifat orang tua kepada keturunannya.  mempelajari turun-temurunnya sifat orang tua kepada keturunannya.  Merupakan ilmu pengetahuan dasar bagi pemuliaan/ seleksi tanaman maupun hewan dalam usaha untuk memperoleh bibit unggul.  Merupakan ilmu pengetahuan dasar bagi pemuliaan/ seleksi tanaman maupun hewan dalam usaha untuk memperoleh bibit unggul.

10 BEBERAPA PENGERTIAN YANG SALAH TENTANG HEREDITAS Cacat menurun bukan karena kejadian sewaktu hamil Cacat menurun bukan karena kejadian sewaktu hamil Pengaruh lingkungan tidak diturunkan kepada keturunannya, tetapi lingkungan mendukung berkembangnya sifat. Pengaruh lingkungan tidak diturunkan kepada keturunannya, tetapi lingkungan mendukung berkembangnya sifat. Penurunan sifat bukan melalui darah Penurunan sifat bukan melalui darah  Sifat menurun diturunkan melalui gen-gen di dalam kromosom.  Sifat menurun diturunkan melalui gen-gen di dalam kromosom.

11 METODE DALAM MEMPELAJARI GENETIKA Penyilangan eksperimental Organisme yang cocok untuk penyilangan eksperimental: Organisme yang cocok untuk penyilangan eksperimental: Pendek siklus hidupnya Pendek siklus hidupnya Besar jumlah keturunannya Besar jumlah keturunannya Terdapat variasi sifat menurun yang dipelajari Terdapat variasi sifat menurun yang dipelajari Kepraktisan dan ekonomi Kepraktisan dan ekonomi  eg. Drosophila melanogaster, kacang ercis/ Pisum sativu  eg. Drosophila melanogaster, kacang ercis/ Pisum sativu

12 METODE DALAM MEMPELAJARI GENETIKA (lanjtn) Analisis statistik  terhadap hasil persilangan, atau dengan pembuatan peta silsilah (pedigree).  terhadap hasil persilangan, atau dengan pembuatan peta silsilah (pedigree). Sitologi/ Sitologi/ Cytology :  "the study of cells“  mempelajari tentang sel secara terperinci,  genetika  bentuk-bentuk kromosom cells Genetika biokimiawi: Genetika biokimiawi: Links biology, chemistry and genetics discussing new developments, and Coverage includes molecular aspects of genetic variation and evolution.

13 PEWARISAN SIFAT Diturunkan melalui GEN Diturunkan melalui GEN Gen terletak di dalam KROMOSOM yang terdapat di dalam INTI SEL (Nukleus). Gen terletak di dalam KROMOSOM yang terdapat di dalam INTI SEL (Nukleus). Penurunan terjadi pada saat FERTILISASI (pembuahan) antara sel telur dan sel sperma. Penurunan terjadi pada saat FERTILISASI (pembuahan) antara sel telur dan sel sperma. Pembentukan sel telur dan sel sperma (gametogenesis) terjadi pada gonad, terjadi dengan pembelahan MEIOSIS (REDUKSI) Pembentukan sel telur dan sel sperma (gametogenesis) terjadi pada gonad, terjadi dengan pembelahan MEIOSIS (REDUKSI)

14

15

16 meiosis

17 fertilization


Download ppt "Genetika (Genetics). Genetics Genetics: “ The science of heredity” Genetics: “ The science of heredity”  Cabang biologi yang mempelajari hereditas dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google