Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Genetic diversity 3 Drs. Sutarno,MSc.,PhD.. Diversitas Genetik Diversitas genetik: variasi pada level gen secara individual (polymorphism), dan memberikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Genetic diversity 3 Drs. Sutarno,MSc.,PhD.. Diversitas Genetik Diversitas genetik: variasi pada level gen secara individual (polymorphism), dan memberikan."— Transcript presentasi:

1 Genetic diversity 3 Drs. Sutarno,MSc.,PhD.

2 Diversitas Genetik Diversitas genetik: variasi pada level gen secara individual (polymorphism), dan memberikan mekanisme bagi populasi untuk beradaptasi terhadap lingkungannya yang selalu berubah.

3

4 Diversitas Genetik Variasi menurun dalam atau antar populasi organisme. Variasi menurun dalam atau antar populasi organisme. Dikodekan pada sekuen 4 pasangbasa yang menyusun DNA Dikodekan pada sekuen 4 pasangbasa yang menyusun DNA Dimunculkan oleh adanya mutasi pada gen dan kromosom Dimunculkan oleh adanya mutasi pada gen dan kromosom Diperkirakan ada 10 9 macam gen dari semua biota Diperkirakan ada 10 9 macam gen dari semua biota Merupakan pustaka genetik yang sebagian besar belum terkuak Merupakan pustaka genetik yang sebagian besar belum terkuak

5 Diversitas Genetik Diversitas genetik merupakan dasar bagi semua level biodiversitas di atasnya Diversitas genetik merupakan dasar bagi semua level biodiversitas di atasnya Diversitas genetik menyediakan “blue print” bagi populasi maupun spesies yang membentuk suatu komunitas dan ekosistem Diversitas genetik menyediakan “blue print” bagi populasi maupun spesies yang membentuk suatu komunitas dan ekosistem Variasi genetik memungkinkan terjadinya perubahan evolusi dan seleksi buatan Variasi genetik memungkinkan terjadinya perubahan evolusi dan seleksi buatan

6 Diversitas Genetik Diversitas genetik bisa jadi memiliki nilai ekonomi langsung (eg gen untuk resistensi, senyawa2 bioaktif dll) Diversitas genetik bisa jadi memiliki nilai ekonomi langsung (eg gen untuk resistensi, senyawa2 bioaktif dll) Untuk konservasi dengan tujuan apapun,tergantung pada keakuratan analisis diversitas genetik Untuk konservasi dengan tujuan apapun,tergantung pada keakuratan analisis diversitas genetik Preservasi diversitas genetik pada umumnya merupakan prioritas yang tinggi pada program konservasi. Preservasi diversitas genetik pada umumnya merupakan prioritas yang tinggi pada program konservasi.

7 Diversitas genetik?? Informasi bagi semua kehidupan yang tersimpan di dalam struktur DNA Informasi bagi semua kehidupan yang tersimpan di dalam struktur DNA Kode genetik atau unit (basa,nukleotida) yang menyusun DNA pada dasarnya universal. Kode genetik atau unit (basa,nukleotida) yang menyusun DNA pada dasarnya universal.

8 Kromosom adalah struktur yang mengandung DNA

9 Struktur DNA

10 Diversitas genetik?? Secara struktur, untaian DNA dengan protein2 membentuk suatu kromosom Secara struktur, untaian DNA dengan protein2 membentuk suatu kromosom Bagian DNA dari suatu kromosom yang mengandung informasi untuk menyusun protein (atau RNA) disebut sebagai suatu “gen” Bagian DNA dari suatu kromosom yang mengandung informasi untuk menyusun protein (atau RNA) disebut sebagai suatu “gen”

11 Struktur Kromosom

12

13 Diversitas genetik?? Suatu gen panjangnya dapat terdiri dari beberapa ratus sampai sekitar dua ribuan unit (pasangbasa) Suatu gen panjangnya dapat terdiri dari beberapa ratus sampai sekitar dua ribuan unit (pasangbasa) Suatu gen mengandung informasi untukpenyusunan protein atau RNA Suatu gen mengandung informasi untukpenyusunan protein atau RNA Gen merupakan suatu unit khusus pembawa informasi hereditas. Gen merupakan suatu unit khusus pembawa informasi hereditas.

14

15

16

17

18

19 Prokaryotes Terdiri dari satu sel, tidak memiliki inti Terdiri dari satu sel, tidak memiliki inti Materi genetik berada pada satu kromosom sirkuler. Materi genetik berada pada satu kromosom sirkuler. Jadi hanya satu kopi dari masing- masing gen dari setiap bakteri Jadi hanya satu kopi dari masing- masing gen dari setiap bakteri Bakteri pada umumnya memiliki sekitar 1,000-2,000 gen Bakteri pada umumnya memiliki sekitar 1,000-2,000 gen

20 Eukaryot Terdiri dari satu atau banyak sel dan memiliki inti sel Terdiri dari satu atau banyak sel dan memiliki inti sel Materi genetik berada pada dua atau lebih kromosom linier yg terpisah pada inti sel Materi genetik berada pada dua atau lebih kromosom linier yg terpisah pada inti sel Organisme eukaryot umumnya memiliki sekitar 50,000 gen Organisme eukaryot umumnya memiliki sekitar 50,000 gen

21 Asal usul diversitas genetik Mutasi = perubahan pada sekuen DNA dari suatu kromosom Mutasi = perubahan pada sekuen DNA dari suatu kromosom Mutasi dapat terjadi di mana saja pada suatu kromosom Mutasi dapat terjadi di mana saja pada suatu kromosom inilah merupakan sumber dari semua variasi genetik. inilah merupakan sumber dari semua variasi genetik.

22 Mutasi Kemungkinan perubahan: Point mutation / single nucleotide polymorphism ( SNP ) 5’ A T A C G T A … 5’ A T G C G T A … Duplicate sequence Inverted sequence Insert / delete sequence

23

24

25 Mengukur Diversitas genetik Kromosom = kumpulan dari gen-gen plus “extra” DNA yang berada diantaranya yang tidak mengkodekan protein maupun RNA. Kromosom = kumpulan dari gen-gen plus “extra” DNA yang berada diantaranya yang tidak mengkodekan protein maupun RNA. Disamping itu diluar inti terdapat DNA extranuklear Disamping itu diluar inti terdapat DNA extranuklear Gen-gen ini digunakan untuk mengukur diversitas genetik. Gen-gen ini digunakan untuk mengukur diversitas genetik. “extra” DNA mupun DNA extranuklear juga berguna dalam penilaian diversitas genetik. “extra” DNA mupun DNA extranuklear juga berguna dalam penilaian diversitas genetik.

26 Bagian yang berbeda dari DNA mengalami evolusi dengan kecepatan yang berbeda, “extra” DNA mengalami perubahan lebih cepat dibanding yang di dalam gen. Bagian yang berbeda dari DNA mengalami evolusi dengan kecepatan yang berbeda, “extra” DNA mengalami perubahan lebih cepat dibanding yang di dalam gen. “Extra” DNA dapat berubah secara lebih cepat dan masing-masing individu kecepatan perubahannya berbeda-beda. “Extra” DNA dapat berubah secara lebih cepat dan masing-masing individu kecepatan perubahannya berbeda-beda.

27 Pengukuran diversitas umumnya melibatkan: Pengukuran diversitas umumnya melibatkan: pembandingan sekuen DNA danpembandingan sekuen DNA dan pencarian perubahan susunan basapencarian perubahan susunan basa Hilangnya diversitas genetik= hilangnya diversitas genetik yang berguna dalam waktu pendek dan reduksi kemungkinan evolusi dalam jangka panjang. Hilangnya diversitas genetik= hilangnya diversitas genetik yang berguna dalam waktu pendek dan reduksi kemungkinan evolusi dalam jangka panjang.


Download ppt "Genetic diversity 3 Drs. Sutarno,MSc.,PhD.. Diversitas Genetik Diversitas genetik: variasi pada level gen secara individual (polymorphism), dan memberikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google