Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METHOD TO ACCELERATE OF FLOWERING LILY (L ILIUM SP.) WITH GA 3 AND LONG DAY APLICATION.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METHOD TO ACCELERATE OF FLOWERING LILY (L ILIUM SP.) WITH GA 3 AND LONG DAY APLICATION."— Transcript presentasi:

1 METHOD TO ACCELERATE OF FLOWERING LILY (L ILIUM SP.) WITH GA 3 AND LONG DAY APLICATION

2 Oleh : Rio Agam Saputra H Sugiyanto H Yaguar Nobel M. H

3 Bunga lili ( Lilium sp.) merupakan salah satu komoditas tanaman hias penghasil bunga potong yang penting di dunia. Lili termasuk bunga potong yang mempunyai pasar tertinggi di Eropa bersama-sama dengan mawar, tulip, krisan, dan gerbera.

4 Klasifikasi ilmiah : Kerajaan:PlantaePlantae Divisi: MagnoliophytaMagnoliophyta Kelas: LiliopsidaLiliopsida Ordo: LilialesLiliales Famili: LiliaceaeLiliaceae Genus: Lilium Lilium Spesies: Lilium longiflorum Lilium longiflorum

5 Bunga lili sering digunakan sebagai simbol kesucian dan kemurnian sehingga banyak dimanfaatkan dalam acara perkawinan, ritual keagamaan,maupun upacara kenegaraan

6 Salah satu kendala dalam budi daya lili secara tradisional adalah produktivitas tanaman yang rendah akibat pertumbuhan dan pembungaan yang tidak seragam.

7 Induksi pembungaan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keseragaman pembungaan pada tanaman. Induksi dapat dilakukan secara eksogen dengan beberapa cara, antara lain dengan modifikasi panjang hari (fotoperiodesitas).

8 Selain modifikasi fotoperiodesitas, beberapa jenis zat pengatur tumbuh (ZPT) seperti GA 3 juga diketahui dapat meningkatkan keseragaman pembungaan pada beberapa tanaman.

9 Tanaman lili yang diinduksi untuk berbunga, baik melalui aplikasi GA 3 maupun hari panjang, memperlihatkan waktu berbunga yang lebih cepat. Kecepatan waktu inisiasi bunga pada tanaman lili yang diberi perlakuan GA 3 dan hari panjang berkisar antara hari dibandingkan kontrol. Namun, tanaman lili yang diberi perlakuan induksi juga memperlihatkan tinggi tanaman dan diameter batang yang lebih rendah dibandingkan kontrol pada setiap ukuran umbi yangdicoba.

10 Jumlah bunga per tanaman lili dipengaruhi oleh ukuran umbi. Secara umum, tanaman yang berasal dari umbi yang berukuran lebih besar menghasilkan bunga per tanaman yang lebih banyak.

11 Tanaman lili yang berasal dari daerah subtropis dan umumnya berbunga pada periode mendekati musim panas, ternyata masih dapat diinduksi pembungaannya dengan perlakuan hari panjang. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman lili masih memiliki sifat genetis yang memberi respons pembungaan terhadap hari panjang walaupun telah beradaptasi dengan baik di daerah tropis Indonesia.


Download ppt "METHOD TO ACCELERATE OF FLOWERING LILY (L ILIUM SP.) WITH GA 3 AND LONG DAY APLICATION."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google