Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GALIH WASIS WICAKSONO TEKNIK INFORMATIKA MODEL DATA SIG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GALIH WASIS WICAKSONO TEKNIK INFORMATIKA MODEL DATA SIG."— Transcript presentasi:

1 GALIH WASIS WICAKSONO TEKNIK INFORMATIKA MODEL DATA SIG

2 REVIEW MATERI ER DIAGRAM

3 SATU KE BANYAK

4 BANYAK KE BANYAK

5 MODEL DATA PENGANTAR GEOGRAFI

6 MODEL DATA Model data merupakan kumpulan perangkat konseptual yang digunakan untuk mendeskripsikan (menggambarkan) data, hubungan antar (relasi) data, semantik (makna) data, dan batasan mengenai data yang bersangkutan. Model data merupakan cara yang digunakan untuk mengorganisasikan sekumpulan fakta mengenai sistem yang sedang diamati, cara atau konsep berfikir dunia nyata dan organisasi fenomena yang diamati.

7 TIPE MODEL DATA Model data generik : Dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pemrosesan data bisnis Mendukung penggunaan tipe data abstrak sederhana (number,string,date dll) Kurang sesuai thd tipe data spasial (poligon) Penggunaan unsur spasial yg sangat rumit

8 TIPE MODEL DATA Model data spasial : Sekumpulan konsep yang dikembangkan pada bidang sains informasi geografis Tipe data abstrak spasial yang telah umum dalam aplikasi SIG yang berbeda-beda

9 DUNIA NYATA KE MODEL DATA Dunia nyata (real world) tidak serta merta dapat di realisasikan dalam basisdata. Hal ini disebabkan karena suatu entitas bisa terdiri dari beberapa objek sekaligus. Contoh : Jl. Sukarno-hatta intersection dengan Jl. MT Haryono Jl MT Haryono section/connect dengan Jl. Tlogomas dan Jl Gajayana

10

11 IDENTITAS OBJEK SPASIAL Model data spasial dapat dideskripsikan berdasarkan properties objek spasial. o Tipe/identitas/nomor pengenal o Elemen geometri o Atribut o Relasi dan kualitas Identitas objek (ID) adalah pengenal yg unik (biasanya dinyatakan dalam bilangan bulat) o ID diciptakan otomatis oleh tools SIG o ID diciptakan oleh programmer.

12 BENTUK OBJEK DATA Objek fisik (jalan, wilayah pemukiman,saluran air, sungai dll) Objek terklasifikasikan (tipe vegetasi, zona iklim, kelompok usia dll) Objek peristiwa (kecelakaan, kebocoran, kekeringan, tumpahan minyak, gempa bumi, dll) Objek yang berubah terus (suhu, tekanan, ketinggian, kedalaman dll) Objek buatan (kontur ketinggian, populasi)

13 REPRESENTASI OBJEK Titik (dimensi nol (point) Garis (satu dimensi [line/polyline]) Polygon (dua dimensi)

14 POINT Titik adalah representasi grafis atau geometri yang paling sederhana bagian sederhana dalam objek spasial Representasi ini tidak memiliki dimensi, tetapi dapat diidentifikasikan di atas peta dan dapat ditampilkan pada layar dalam bentuk simbol-simbol tertentu.

15 LINE Garis adalah bentuk geometri linier yang akan menghubungkan paling sedikit dua titik dan digunakan untuk merepresentasikan objek-objek yg berdimensi satu. Batas geometri poligon merupakan garis.

16 POLYGON Geometri poligon digunakan untuk merepresentasikan objek- objek dua dimensi. Suatu objek poligon paling sedikit dibatasi oleh garis / sisi yang saling berhubungan di antara ketiga titik sudutnya Dalam konsep basis data spasial semua unsur yg berbentuk area(luasan) dua dimensi akan direpresentasikan oleh objek geometri poligon.

17 3 DIMENSI Dalam beberapa kondisi dibutuhkan model data yang lengkap mencakup luasan dan tinggi (pemodelan 3 dimensi). Di banyak kasus, nilai ketinggian dianggap sebagai atribut objek, dan dikasus lain nilai ketinggian di representasi dalam bentuk grafis.

18 RELASI OBJEK Relasi dapat dibentuk berdasarkan koordinat objek (connected, intersected, overlaped) Relasi dibentuk berdasarkan struktur objek Relasi yang dimasukkan sebagai atribut (primary key atau foreign key)

19 KUALITAS OBJEK Ketelitian spasial (grafik/geometrik) Up to date (kapan dan bagaimana data di update) Tingkatan detail data (resolusi) Luas cakupan geografis dan atribut didalamnya Konsistensi logika antara objek geometri dengan atributnya Jenis representasi relevansi

20 BASIS DATA SPASIAL Bagaimana memilih basis data spasial : Pengendalian dan akusisi data Struktur data Penyimpanan data Perubahan dan updating data Manajemen data dan eksport-import data Pemrosesan data Pemanggilan dan presentasi data Analisis data

21 WORKSHOP Melakukan sharing dengan perusahan developer SIG


Download ppt "GALIH WASIS WICAKSONO TEKNIK INFORMATIKA MODEL DATA SIG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google