Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Database Spatial Mendeskripsikan sekumpulan entity yg memiliki lokasi atau posisi yg tetap maupun tidak tetap. Tipe2 entity spatial ini memiliki properties.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Database Spatial Mendeskripsikan sekumpulan entity yg memiliki lokasi atau posisi yg tetap maupun tidak tetap. Tipe2 entity spatial ini memiliki properties."— Transcript presentasi:

1 Database Spatial Mendeskripsikan sekumpulan entity yg memiliki lokasi atau posisi yg tetap maupun tidak tetap. Tipe2 entity spatial ini memiliki properties topografi dasar yang meliputi lokasi dimensi, dan bentuk (shape). (Eddy Prahasta, 2005)

2 Sistem Basisdata Spasial Sistem basisdata dengan kemampuan untuk merepresentasikan dan secara efissien dapat memanipulasi data geometric/spatial spt point, line, dan polygon. (Chang. Wong, Abbot, Tn, 1997)

3 Spatial database Database yg dioptimalkan utk menyimpan dan permintaan data yg terkait dgn obyek dalam ruang, termasuk poin, dan baris polygins. Sementara khas database dpt memahami numerik dan karakter berbagai jenis data, fungsi tambahan perlu ditambahkan ke database utk memproses data spasial jenis. Ini biasanya disebut geometri atau fitur. (Wikipedia)

4 Basisdata Spasial Basisdata yg dirancang untuk menyimpan dan melakukan pememanggilan (query) data pada objek dipermukaan bumi, berupa titik, garis dan area. (anonim, 2005)

5 Basisdata Spasial Suatu kumpulan data yang tdk berulang yg dpt digunakan secara bersama-sama oleh aplikasi yg berbeda-beda. Basisdata spasial perlu ada krn data geografis mempunyai aneka tipe data, seperti gambar, kata-kata, koordinat dan obyek-obyek yg kompleks. (Sulaeman, 2005)

6 Geodatabase Membangun sebuah basisdata yg terintegrasi, menjadi pusat sumber data dan dapat diakses oleh berbagai aplikasi yg telah ada maupun yanag akan dibangaun selanjutnya untuk kebutuhan informasi dan anailsa. Geodatabase merupakan sebuah konsep manajemen data relasional yg berisikan data spasial dan non spasial. Geodatabase membantu dalam proses penyimpanan dan manajemen informasi geografis pada system menagement data yg standar (dalam bentuk tabel). (Irfan Rosandhy).

7 Data Spasial dan Data Deskriptif Data Spasial berupa titik, garis, poligon (2-D), permukaan (3-D), yg terdiri dari informasi posisi geografis Data Deskriptif (non-spasial/atribut) merupakan uraian atau atribut data spasial (anotasi, tabel, hasil pengukuran, kategori obyek, penjelasan hasil analisis / prediksi dll.)

8 FORMAT TITIK FORMAT GARIS FORMAT POLIGON FORMAT PERMUKAAN - Koordinat Tunggal - Koordinat titik - Koordinat dengan titik - Area dengan koordinat - Tanpa panjang awal dan akhir awal dan akhir sama vertikal - Tanpa luasan - Mempunyai panjang - Mempunyai panjang/ - Area dengan tanpa luasan perimeter dan luasan ketinggian CONTOH: CONTOH: CONTOH: CONTOH: - Lokasi kecelakaan - Jalan, Sungai - Tanah persil - Peta slope - Letak pohon - Utility - Bangunan - Bangunan bertingkat - Fasilitas umum Data Spasial Data Spasial (Sumber: Purwadhi, 1997)

9 FORMAT TABEL FORMAT LAPORAN FORMAT PERHITUNGAN FORMAT GRAFIK ANOTASI - Kata-kata - Teks - Angka-angka - Kata-kata - Kode alfanumerik - Deskripsi - Hasil - Angka-angka - Angka-angka - Simbol CONTOH: CONTOH: CONTOH: CONTOH: - Hasil proses - Perencanaan - Jarak - Nama obyek - Indikasi - Laporan proyek - Inventarisasi - Legend - Atribut - Pembahasan - Luas - Grafik/Peta Data Deskriptif Data Deskriptif (Sumber: Purwadhi, 1997)

10 Simbol Titik – Data kualitatif, kota: simbolnya bulat; gunung: simbolnya segitiga. – Data kuantitatif, populasi kota: angka besarnya populasi; tinggi gunung: angka tingginya gunung. Simbol Garis – Data kualitatif, jalan: garis merah; sungai: garis biru; batas negara: garis hitam; sesuai dengan bentuk nyata atau khayal, pola atau karakteristik dari unsur yang diwakilinya. – Data kuantitatif: 1)merupakan gambaran unsur garis yang dapat menunjukkan unsur besaran secara sebanding, jalan tol: garis tebal, jalan kampung: garis tipis; 2)menghubungkan titik / tempat yang mempunyai kuantitas / nilai sama, contoh: garis kontur isobar menghubungkan tempat-tempat dengan tekanan udara yang sama; 3)garis dengan tanda arah / panah menyatakan arah gerakan, contoh: arah angin atau arah perpindahan penduduk. Representasi Data Spasial Dengan Simbol (1)

11 Simbol poligon atau area atau wilayah: – Data kualitatif, contoh: wilayah pertanian dan wilayah hutan lindung yang bisa dibedakan dengan memberi warna area tersebut dengan kuning dan hijau atau dengan deskripsi textual. Simbol area – Data kuantitatif, contoh: peta kepadatan penduduk yang tingkat kepadatannya bisa dibedakan dengan warna yang makin gelap menyatakan makin padat atau dengan mencantumkan nilai / harga statistiknya. Representasi Data Spasial Dengan Simbol (2)

12 Spatial Query, Analysis & Data-Linking Dengan data spasial kita dapat melakukan analisa spasial untuk menjawab bentuk-bentuk pertanyaan: – Berapa banyak penduduk yang tinggal di Surabaya? (Dapat dicari melalui data sensus) – Berapa banyak penduduk yang berkendaraan mobil membutuhkan waktu hanya 10 menit ke stasiun? – Lokasi mall terdekat dari posisi saya berdiri? dll.

13 Spatial Query, Analysis & Data-Linking Querying data using spatial criteria – Berapa banyak sekolah yang berjarak 1 km antar sekolah? Prediction based on spatial patterns – Kearah mana kira-kira luapan lumpur LUSI akan mengalir? Site selection – Dimana lokasi sekolah terbaik untuk sekolah baru? Allocation and accessibility – Dimana cocok dibangun suatu lokasi pabrik industri?

14 Analisa Spasial Dengan analisa spasial, GIS mampu menjawab berbagai pertanyaan mengenai kondisi permukaan bumi, misal: Propinsi mana saja yang berbatasan dengan Saskatchewan? Spatial Questions: Propinsi mana saja yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 1.5 juta jiwa? Attribute Questions:

15 Analisa Spasial Relasi data spasial dalam GIS: Layer / coverage / theme (tema cakupan)

16 Analisa Spasial Pertanyaan data spasial dalam GIS: What is at A and what is at B?

17 Analisa Spasial Pertanyaan data spasial dalam GIS: How far is A from B?

18 Analisa Spasial Pertanyaan data spasial dalam GIS: How far is A from B by road?

19 Analisa Spasial Pertanyaan data spasial dalam GIS: Is A within 1 km of a station? Is B?

20 Analisa Spasial Pertanyaan data spasial dalam GIS: Are there spatial patterns? Is A more like C than B? Why is this?

21 Analisa Spasial Pertanyaan data spasial dalam GIS: What happens if ?

22 SELESAI


Download ppt "Database Spatial Mendeskripsikan sekumpulan entity yg memiliki lokasi atau posisi yg tetap maupun tidak tetap. Tipe2 entity spatial ini memiliki properties."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google