Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan I Dosen : Samodro.SSn.M.Hum. Mata Kuliah : Desain Grafis I ( 6 SKS) (MODUL UNTUK KALANGAN SENDIRI)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan I Dosen : Samodro.SSn.M.Hum. Mata Kuliah : Desain Grafis I ( 6 SKS) (MODUL UNTUK KALANGAN SENDIRI)"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan I Dosen : Samodro.SSn.M.Hum. Mata Kuliah : Desain Grafis I ( 6 SKS) (MODUL UNTUK KALANGAN SENDIRI) 1. Tanda visual dalam bahasa rupa (Penjelasan bahasa rupa & semiotika) DESAINER BEKERJA MELALUI BAHASA RUPA (BAHASA GAMBAR) Setiap gagasan tidak sepenuhnya dapat diwujudkan dalam bahasa verbal, artinya beberapa gagasan akan dimanivestasikan dalam bayangan visual yang ada dalam persepsi. Melalui gambar itulah maka manusia akan mengingat persepsi lampau atau sebagian dari padanya dan kemudian melakukan sesuatu pada persepsi-persepsi itu, kadang-kadang dengan cara yang baru. Seorang desainer grafis (desain komunikasi visual) dituntut harus dapat berkomunikasi melalui bahasa gambar (bahasa rupa). Apabila ia menggambarkan sepasang bentuk mata maka pertama yang harus dilakukan adalah menggambarkan bentuk lingkaran yang dapat dimaknai secara visual sebagai mata. Proses berpikir visual adalah proses yang terintegrasi. Artinya, berpikir visual adalah proses membayangkan dan kemudian merinci bayangan dalam pikirannya. Aspek penting dalam berpikir visual adalah bahwa bayangan akan benda-benda dan tempat itu mempunyai detil visual. Berpikir membutuhkan kemampuan untuk membayangkan atau menggambarkan benda dan peristiwa yang secara fisik tidak ada. Kemampuan berpikir secara visual pada seorang desainer harus dapat digunakan untuk berkomunikasi kepada orang lain. Oleh karena itu seorang desainer grafis dituntut harus dapat memiliki kemampuan dalam berbahasa visual. Di dalam kehidupan manusia maka peran bahasa memegang menjadi sangat penting dalam kehidupan berkelompok. Melalui bahasalah konsep-konsep pemikiran gagasan dapat disampaikan kepada orang lain. Di dalam kebudayaan yang serba informatif maka seorang desainer grafis memiliki tanggung jawab sosial yang besar karena ia dapat membuat sebuah kelompok masyarakat menjadi lebih baik atau sebaliknya melalui karya-karyanya. Seorang desainer grafis adakalanya menjadi “serdadu” yang digunakan dalam tujuan-tujuan politik, religi, sosial maupun ekonomi. Bahasa sebagai bagian dari unsur budaya manusia sangat diperlukan untuk mengkomunikasikan gagasan yang terencana melalui kata-kata atau gambar yang terangkum dalam sebuah kalimat atau komposisi gambar yang memiliki makna. Bahasa dalam kamus The Random House Dictionary of English Language: The

2 Ilustrasi digunakan pada kemasan Salah satu pekerjaan seorang desainer grafis adalah merancang labelling pada kemasan makanan.

3 visual yang secara fungsional untuk berkomunikasi (contohnya, misalnya pada multimedia). Desain grafis adalah salah satu salah satu seni terapan yang pada awal-awal perkembangannya dikenal sebagai commercial art atau seni komersial.Desain grafis berperan dalam kemajuan budaya yang dapat pula diartikan sebagai aplikasi dari seni dan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan industri dan bisnis. Di dalam aplikasinya termasuk juga dalam mendukung penjualan produk dan pemasaran serta pelayanan produk pembuatan indetitas visual untuk perusahaan, produk, lembaga, grafis untuk lingkungan, atau rambu rambu (sign system), media komunikasi massa, percetakan, filem dan media elektronik. Desain grafis akan memberi dampak pada upaya mempengaruhi prilaku belanja, sehingga seseorang dapat memilih sebuah produk karena tampilan visual atau karena terpengaruh oleh iklannya. Istilah desain grafis atau graphic designer, yang mempunyai arti proses merancang gambar atau bentuk-bentuk visual dwimatra (dua dimensi) untuk kepentingan komunikasi yang fungsional dan efektif. Desain grafis mulanya hanya dimaksudkan untuk bidang desain yang proses akhirnya menggunakan proses cetak tetapi seiring perkembangan desain istilah desain grafis berkembang menjadi desain komunikasi visual karena mencakup bidang lain (non cetak) misalnya multimedia. Beberapa bidang desain yang lain misalnya; desain interior, desain produk, dan desain tekstil. Aspek komunikasi menjadi titik berat dari tujuan perancangan desain grafis


Download ppt "Pertemuan I Dosen : Samodro.SSn.M.Hum. Mata Kuliah : Desain Grafis I ( 6 SKS) (MODUL UNTUK KALANGAN SENDIRI)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google