Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan IX Dosen : Samodro.SSn.M.Hum. Mata Kuliah : Desain Grafis I ( 6 SKS) (MODUL UNTUK KALANGAN SENDIRI)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan IX Dosen : Samodro.SSn.M.Hum. Mata Kuliah : Desain Grafis I ( 6 SKS) (MODUL UNTUK KALANGAN SENDIRI)"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan IX Dosen : Samodro.SSn.M.Hum. Mata Kuliah : Desain Grafis I ( 6 SKS) (MODUL UNTUK KALANGAN SENDIRI) IX. Proses komunikasi Proses komunikasi Seorang desainer harus memahami cara kerja komunikasi. Dua elemen yang mewakili pihak utama dalam komunikasi –pengirim dan penerima. Dua elemen mewakili alat komunikasi utama –pesan dan media. Empat elemen menyatakan fungsi komunikasi utama mengirim pesan, menerima pesan, respon, dan umpan balik. Elemen terakhir adalah bunyi dalam system itu. Di dalam model ini menekankan factor-faktor utama dalam komunikasi efektif. Pengirim harus mengetahui audiens apa yang akan dicapai dan respon apa yang diinginkan. Mereka memberi cara yang „kreatif ‟ dengan mempertimbangkan bagaimana audiens sasaran menerima pesan tersebut. Pengirim harus cerdik dalam memilih media yang efesien yang menjangkau sasaran. Pada dasarnya suatu pesan adalah tanda yang harus dikenal penerima. Pengirim harus memiliki pengalaman yang sesuai dengan penerima agar pesan menjadi efektif. Tugas pengirim (pemamer) adalah menyampaikan pesan mereka ke penerima. Di dalam kondisi yang bising (di dalam persaingan komunikasi) audiens/ prospek mungkin tidak menerima pesan yang ditujukan padanya dengan alasan; 1. Adanya perhatian selektif 2. Adanya distorsi selektif 3. dan ingatan selektif.

2 Bagaimana agar gagasan kreatif kita dapat diterima orang dan memberikan nilai bagi perubahan ? Banyak sekali ide-ide yang brilian hanya tersimpan didalam otak, mengendap sehingga tidak memberi manfaat apa-apa. Ide-ide tersebut tidak diketahui orang lain karena tidak dikomunikasikan. Proses mendesain adalah proses mengkomunikasikan gagasan (ide-ide) kepada sasaran (orang lain). Definisi komunikasi manusia; Komunikasi suatu proses dimana pihak-pihak peserta saling menggunakan informasi, dengan tujuan mencapai pengertian bersama. Komunikasi dalam pengertian umum terjadi bila suatu system atau sumber mempengaruhi yang lain (tujuan), dengan jalan mengolah pemakaian isyarat-isyarat pilihan yang dapat diteruskan melalui saluran yang menghubungkan kedua belah pihak. Pihak-pihak peserta dalam komunikasi menciptakan pesan-pesan (berupa informasi/ gagasan) berbentuk pola, syarat ataupun symbol, dengan harapan akan mengutarakan suatu makna tertentu bagi peserta lain. Komunikasi dapat diartikan juga suatu pemikiran yang dapat mempengaruhi orang lain Bagan Proses Komunikasi Pengirim pesan mengirim pesan mediamenerimapenerima pesan

3 informasi dapat dirumuskan sebagai setiap hal yang membantu kita menyusun atau menukar pandangan kita tentang alam kehidupan. Informasi akan mengurangi keragu-raguan kita dalam situasi tertentu. Komunikasi merupakan penggunaan informasi secara bersama antara dua pihak atau lebih. Akibat yang ditimbulkan dari informasi adalah tergantung dari khalayak dalam menafsirkan informasi. Banyak hal yang dahsyat muncul dari segumpal bagian tubuh kita yang namanya otak. Ide-ide baru dihasilkan dari bagian otak yang tampak kecil dengan kemampuan yang mampu merubah peradaban manusia menjadi lebih baik atau makin tambah buruk. Sebuah ide gagasan mulanya merupakan gagasan abstrak yang ada pada pikiran kita, lalu ide tersebut ditranformasikan dalam bentuk tanda-tanda. Selanjutnya melalui media yang telah direncanakan gagasan yang berupa tanda yang mengandung pesan tersebut diterima melalui indera penerima. Selanjutnya penerima melakukan proses pemaknaan tanda dan menafsirkan menurut latar belakangnya. Proses awal pencetusan ide gagasan dimulai dalam pikiran. Tampaknya proses berpikir adalah proses yang liar dan kita perlu menata dalam kerangka pikir agar hasil pikiran kita tidak mubazir. Setiap saat pikiran kita bekerja, bahkan mungkin pada saat istirahatpun kita terus berpikir. Apakah pernah dikala kita tidur muncul ide brilian yang unik sehingga ketika bangun ide tersebut dapat digunakan dan bermanfaat? Atau ketika anda dikamar kecil dan melamun tiba-tiba muncul gagasan baru “Eureka….Eureka…!”. Ingat …..Archimedes menemukan hukumnya ketika dia sedang berendam di kamar mandi! Tampaknya mustahil apabila setiap hari anda tidak punya ide baru. Selanjutnya, apakah ide-ide anda dapat diimplementasikan atau lewat begitu saja? Atau…ide-ide anda simpan dan beberapa waktu kemudian dapat diimplementasikan? Apakah, anda menyadari ide-ide anda dapat ditawarkan kepada orang lain sebagai produk? Apakah disadari bahwa ide yang tampak kecil dapat membuat perubahan besar? Gagasan tidak sepenuhnya dapat diwujudkan dalam bahasa verbal, artinya beberapa gagasan akan dimanivestasikan dalam bayangan visual yang ada dalam persepsi. Melalui gambarmaka manusia akan mengingat persepsi lampau atau sebagian dari padanya dan kemudian melakukan sesuatu pada persepsi-persepsi itu, kadang-kadang dengan cara yang baru. Proses berpikir


Download ppt "Pertemuan IX Dosen : Samodro.SSn.M.Hum. Mata Kuliah : Desain Grafis I ( 6 SKS) (MODUL UNTUK KALANGAN SENDIRI)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google