Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN III Proses berpikir kreatif adalah pemikiran yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian baru, temuan baru dan pekerjaan baru.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN III Proses berpikir kreatif adalah pemikiran yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian baru, temuan baru dan pekerjaan baru."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN III Proses berpikir kreatif adalah pemikiran yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian baru, temuan baru dan pekerjaan baru.

2 Ada 5 tahapan berpikir kreatif : 1. Orientasi masalah di rumuskan masalah di rumuskan dan berbagai aspek di dan berbagai aspek di identifikasi identifikasi

3 2. Preparasi pikiran berusaha untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang relevan dengan masalah.

4 3. Inkubasi pikiran beristirahat sejenak pikiran beristirahat sejenak ketika menghadapi jalan ketika menghadapi jalan buntu, proses pemecahan buntu, proses pemecahan berlangsung terus dalam berlangsung terus dalam jiwa bawah sadar. jiwa bawah sadar.

5 4. Iluminasi akhir masa inkubasi, akhir masa inkubasi, diperoleh ilham, gagasan diperoleh ilham, gagasan untuk pemecahan masalah. untuk pemecahan masalah.

6 5. Verifikasi pengujian secara kritis dan penilaian setiap langkah pemecahan masalah

7  Contoh : Kisah penemuan hukum Archimedes Suatu hari Archimedes mendapat perintah dari rajanya untuk meneliti apakah mahkota raja tersebut terbuat dari emas murni atau tidak (tanpa harus meleburnya).

8 1. Orientasi Archimedes mulai berpikir, bagaimana cara menentukan jenis logam pembuat mahkota itu tanpa merusaknya.

9 2. P reparasi. Lalu ia meneliti berbagai cara menganalisis logam, seperti cara : Kimia, Fisika dll.

10 3. Inkubasi. Semua cara tidak mungkin dilakukan karena dapat merusak mahkota raja, Archimedes menyingkirkan masalah itu untuk sementara waktu

11 4. Iluminasi. Suatu hari ketika mandi, di bak mandinya ia merasakan tubuhnya terapung, saat itulah ia menemukan pemecahan persoalan yang dihadapinya. Ia melonjak gembira dan dalam keadaan telanjang berlari ke jalan sambil berteriak :” Eureka, eureka”.(saya menemukan nya, saya menemukannya).

12 5. Verifikasi. Setelah itu ia menguji apa yang di temukannya, yang di kemudian hari di kenal dengan hukum Archimedes

13 Tugas Kelompok Untuk di Presentasikan Pada Pertemuan ke 4 Presentasikanlah pengalaman anda tentang : “ Proses berpikir kreatif “ Yang sangat berkesan dalam kehidupan anda.


Download ppt "PERTEMUAN III Proses berpikir kreatif adalah pemikiran yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian baru, temuan baru dan pekerjaan baru."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google