Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI (20090720240). AYO GANTI KELOMPOK : 10 sampai 50 WAKTU : 5-10 menit BAHAN : Tanpa bahan TUJUAN  Untuk mendemontrasikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI (20090720240). AYO GANTI KELOMPOK : 10 sampai 50 WAKTU : 5-10 menit BAHAN : Tanpa bahan TUJUAN  Untuk mendemontrasikan."— Transcript presentasi:

1 DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )

2 AYO GANTI KELOMPOK : 10 sampai 50 WAKTU : 5-10 menit BAHAN : Tanpa bahan TUJUAN  Untuk mendemontrasikan bahwa non perlawanan benar benar dapat bekerja dalam mendukung anda. KAPAN DILAKUKAN  Hanya dilakukan sebelum istirahat dalam proses Lokakarya.

3 LANGKAH-LANGKAH :  Peserta membentuk pasangan dan saling berhadapan sambil berlutut menunjuk satu orang sebagai “A” dan lain sebagai “B”. Pasangan menempatkan tangan mereka terhadap satu sama lain dengan telapak tangan terbuka kedepan.  Tanyakan setiap orang untuk mendorong tangan mereka terhadap pasangan mereka dengan tekanan kuat. Katakan “A” pada pasangan untuk “menyerah”(berhenti mendorong maju) kapan saja tanpa memberi peringatan pada “B”.  Berganti peran dan mengulangi latihan.

4 TANYA JAWAB :   Bagaimana rasanya ketika anda berhenti melawan?   Bagaimana rasanya ketika anda melakukan tekanan terus?   Kekuatan atau tekanan yang tidak perlu kadang kadang bisa menjadi kontraproduktif.   Dapatkah Anda memikirkan beberapa contoh Alam kehidupan terjadi sehari hari ketika hal ini terjadi.

5 MENYEBUTKAN WARNA LAYAR KELOMPOK : 10 sampai 20 WAKTU : 5 sampai 10 menit BAHAN : warna-warna kertas TUJUAN  Untuk menghafal warna-warni (berlatih membaca) KAPAN DILAKUKAN  Kapan saja ketika interaksi berkelompok telah melambat

6 LANGKAH-LANGKAH  Siapkan kertas warna-warni  Tuliskan pada kartu warna berupa tulisan untuk mengecoh peserta  Peserta diperintahkan untuk menyebutkan apa yang ditanya sesuai peraturan permainan yang sudah disepakati

7 TANYA JAWAB :   Bagaimana kelompok dalam menyebutkan sesuai tidak?   Siapa yang menyebutkannya cepat?   Bagaimana kesulitan Anda untuk menyebutkan?

8 PETUNJUK BERMAIN PERAN KELOMPOK : 10 sampai 40 WAKTU : 15 sampai 30 BAHAN : kertas/spidol TUJUAN  Menganalisis ketrampilan atau ide KAPAN DILAKUKAN  Kapan saja selama acara berkelompok

9 LANGKAH-LANGKAH  Jelaskan bahwa ini adalah permainan peran, disini interaksi orang yang bekerja berlatih terlebih dahulu.  Siapkan instruksi tertulis yang mengidentifikasikan situasi untuk bermain dan bagian-bagian untuk dimainkan orang yang berbeda/kelompok.  Bagikan petunjuk dan berikan waktu tanya jawab yang bertujuan untuk memastikan apa yang diharapkan.

10 TANYA JAWAB   Apa yang anda temukan sulit?   Ketrampilan apa yang anda gunakan?   Apa yang kamu pelajari dari permainan peran?   Apakah permainan peran membantu anda mengembangkan pemahaman yang lebih dalam? Mengapa?

11 BERMAIN KEJAR TEBAK NAMA KELOMPOK : 5 Sampai 10 WAKTU : 15 Sampai 30 BAHAN : Area bermain membuat garis permainan TUJUAN  Untuk menghilangkan kejenuhan dan untuk menemukan solusi baru. KAPAN DILAKUKAN  Pada awal sesi pada kesadaran kreativitas.

12 LANGKAH  Sebelum permainan dilakukan hompimpa untuk mentukan pemain penjaga.  Pemain menentukan nama samaran sebagai pengecoh biar sulit di kenal.  Pemain yang menjaga berusaha menangkap musuhnya dan menyebut namanya secara benar dan dan yang ketangkap dan terset namanya menjadi pemain penjaga, dan seterusnya.

13 TANYA JAWAB   Apa yang kamu dapatkan dalam permainan ini?   Bagaimana cara untuk mengenali nama dan cara cepat untuk menangkap musuh?

14 JUNGKIR BALIK KELOMPOK : 10 Sampai 30 WAKTU : 3O Sampai 45 BAHAN : Kertas Flip Chart,Kartu dan Spidol. TUJUAN  Berguna dalam tahap perencanaan atau pengembangan proses kelompok.

15 LANGKAH LANGKAH :  Merumuskan pertanyaan /masalah (misal bagaimana kita bisa meningkatkan cakupan proyek kami?  Minta peserta untuk memberikan jawaban /solusi spontan.  Kembali merumuskan pertanyaan secara negatif (misal bagaimana kita mengurangi cakupan proyek kami?).  Minta peserta untuk memberikan jawaban /solusi spontan (misal mebingungkan staf lapangan kami dengan petunjuk yang tidak jelas).  Mendiskusikan jawaban /tindakan dengan “mengubahnya terbalik”. Mengembangkan alternatip yang paling realitas terhadap masalah masalah ini. CATATAN  Jika kelompok nya besar, bagilah menjadi kelompok kelompok kecil.

16


Download ppt "DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI (20090720240). AYO GANTI KELOMPOK : 10 sampai 50 WAKTU : 5-10 menit BAHAN : Tanpa bahan TUJUAN  Untuk mendemontrasikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google