Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Problem Solving. Tujuan Siswa dapat mengaplikasikan langkah- langkah pemecahan masalah ke dalam masalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Problem Solving. Tujuan Siswa dapat mengaplikasikan langkah- langkah pemecahan masalah ke dalam masalah."— Transcript presentasi:

1 Problem Solving

2 Tujuan Siswa dapat mengaplikasikan langkah- langkah pemecahan masalah ke dalam masalah

3 Problem Solving Kesanggupan seseorang untuk mengenali dan merumuskan masalah serta menerapkan masalah yang baik

4 Langkah-langkah Problem Solving Identifikasi masalah Rumuskan masalah Temukan alternatif pemecahan masalah Analisa tiap alternatif pemecahan masalah Memilih alternatif pemecahan masalah Laksanakan alternatif pemecahan masalah Evaluasi hasil

5 Identifikasi Masalah Gunakan fakta dan informasi

6 Rumuskan Masalah Perhatikan dengan seksama apa yang menjadi permasalahan Cobalah melihat masalah tersebut dari sudut pandang orang lain untuk memastikan bahwa pandangan kita tidak terlalu sempit

7 Temukan Alternatif Pemecahan Pikirkan sebanyak mungkin cara pemecahan dan pendekatan masalah. Cari gagasan sebanyak mungkin tanpa mengkritisi mereka. Pikirkan bagaimana orang lain memecahkannya. Tuliskan alternatif pemecahan masalah yang ada.

8 Analisa Tiap Alternatif Pemecahan Timbang keuntungan dan kerugian Susun prioritas alternatif pemecahan masalah mulai dari yang paling baik hingga yang kurang baik

9 Pilih Alternatif Pemecahan Terbaik Perhatikan resiko dari setiap pilihan karena setiap pilihan ada resiko → tidak ada yang dapat kita yakini berhasil 100% Bersiaplah menanggung resiko dan berpeganglah pada tujuan akhir dalam memilih solusi

10 Laksanakan Alternatif Pemecahan Laksanakan dengan MANTAP!! → jangan ragu-ragu Yakinkanlah dirimu Hindari keraguan dengan berpikir seharusnya begini atau begitu pada tahap ini. Beri kesempatan pada keputusan yang telah kita pilih.

11 Evaluasi Hasil Evaluasi apakah solusi yang diterapkan telah berhasil memecahkan masalah. Jika belum berakhir, kembali ke langkah 1 dan perhatikan apakah ada kondisi yang terlupa dipertimbangkan.

12 Jangan Pernah Terus Menyesali Diri!!! Jika sudah mengambil keputusan dan melaksanakan, jangan terus menyesali diri. Apapun yang terjadi, kita bisa belajar dari pengalaman masa kini supaya menjadi lebih baik di masa depan. Penyesalan yang berlarut-larut akan membuat konsentrasi terpecah antara berusaha memecahkan masalah atau menenangkan diri.

13 Asertif Dalam memecahkan masalah bersama, perlu dikembangkan sikap asertif. Asertif adalah sikap diantara pasif dan agresif.

14 Asertif Asertif adalah ketegasan dan keberanian menyatakan pendapat sekaligus tetap menghormati dan peka terhadap kebutuhan orang lain. Sikap asertif diperlukan untuk menemukan win-win solution.

15 Komponen Dasar Sikap Asertif Sikap asertif memiliki 3 komponen dasar: 1. Kemampuan mengungkapkan perasaan. 2. Kemampuan mengungkapkan keyakinan dan pemikiran secara terbuka. 3. Kemampuan untuk mempertahankan hak-hak pribadi.

16 Manfaat sikap asertif 1. Orang menyadari peran dan keberadaan kamu. 2. Membuka peluang-peluang baru. 3. Memperoleh banyak teman dan lebih mudah bekerja sama. 4. Memudahkan diplomasi dan mempengaruhi orang lain. 5. Membuat orang merasa dihargai karena kepentingan dan kebutuhannya terakomodasi.

17 Cara Menjadi Asertif Menganalisa diri Menganalisa keadaan Kendalikan emosi Manfaatkan kesempatan Berlatih Menonjolkan diri: 1. Lebihi standar 2. Inisiatif 3. Senang menolong

18 Penugasan Buatlah kelompok diskusi Diskusikan dan pecahkanlah kasus-kasus yang diberikan di dalam kelompok.

19 Kesimpulan dari Pertemuan ke-1 Dalam memecahkan suatu masalah, ada 7 langkah pemecahan masalah: 1. Identifikasi masalah 2. Rumuskan masalah 3. Mengumpulkan alternatif pemecahan masalah 4. Analisa tiap alternatif 5. Memilih alternatif pemecahan masalah 6. Laksanakan alternatif 7. Evaluasi hasil

20 REFLEKSI Kita harus percaya bahwa Tuhan selalu menginginkan yang terbaik untuk kita. Banyak persoalan dapat diselesaikan bila ada sikap peduli dan mau melibatkan Tuhan selalu.

21 Kesimpulan dari pertemuan ke-2 Untuk menjadi orang yang terampil memecahkan masalah, kita harus berlatih memecahkan masalah dan melatih diri bersikap asertif.

22 REFLEKSI PERTEMUAN KE-2 Selalu melibatkan Tuhan dalam menyelesaikan semua permasalahan


Download ppt "Problem Solving. Tujuan Siswa dapat mengaplikasikan langkah- langkah pemecahan masalah ke dalam masalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google