Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Shared by: Sarjuni. mengapa • Setiap pribadi individu dirancang untuk berfungsi dan memiliki peranan dalam jalinan dan hubungan saling bekerja sama dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Shared by: Sarjuni. mengapa • Setiap pribadi individu dirancang untuk berfungsi dan memiliki peranan dalam jalinan dan hubungan saling bekerja sama dan."— Transcript presentasi:

1 Shared by: Sarjuni

2 mengapa • Setiap pribadi individu dirancang untuk berfungsi dan memiliki peranan dalam jalinan dan hubungan saling bekerja sama dan saling bergantung kepada orang lain • Hal-hal yang bersifat individual pun tetap memerlukan sebuah tim untuk dapat berfungsi secara baik

3 3 Korelasi & Interaksi KERJA SAMA =/= SAMA2 KERJA  4 SALING : 1.SALING MENGENAL BEDA& SAMA 2.SALING MENGERTI MENGAPA BEDA / SAMA 3.SALING PERCAYA SAMA2 BERNIAT BAIK 4.SALING MENERIMA KELEBIHAN & KEKURANGAN DIRI & ORG LAIN APA ADANYA

4 Kasus Burung Bangau

5 Burung bangau ketika terbang selalu membentuk formasi V Satu burung berada di muka, yang lain berada di belakang. Secara bergantian jika burung di depan letih ia digantinkan oleh temannya. Hal ini dikarenakan terbang di depan lebih memerlukan banyak tenaga dibanding dengan yang dibelakang. Arus angin akibat kepakan burung di depan meminimalisir tenaga yang dihabiskan oleh burung di belakang. Formasi seperti ini terbukti mampu membawa burung bangau terbang 71 kali lebih jauh dibanding terbang sendirian.

6 kerjasama  Menghargai dan Memanfaatkan Perbedaan  Keterbukaan  Memberikan kesempatan orang lain untuk berkembang

7 Gaya Penyelesaian Masalah dalam Tim LOOSE – LOOSEWIN - LOOSE LOOSE – WINWIN -WIN

8 memanfaatkan perbedaan  Prasangka •Dimanfaatkan, dirugikan  Takut tersaingi •Karir terhambat, keuntungan menurun, posisi terancam  Kesombongan •Potensi diri lebih baik dibanding orang lain  Kebencian •Orang yang dibenci terlibat dalam kelompok

9 Gaya Menyikapi Perbedaan  Tipe Menghindar –Ciri utama tipe ini adalah adanya rasa takut ketika menghadapi perbedaan. Individu ini biasanya mengikuti teman-teman yang sesuai dengan dirinya. –Ini adalah sikap yang picik, karena kelompok tersebut tidak bisa dibandingkan mana yang lebih baik dan tidak.

10 Gaya Menyikapi Perbedaan 2. Tipe Mentolerir Tipe ini memiliki prinsip bahwa semua orang punya hak untuk beda. Setiap orang terlahir dalam keunikannya sendiri-sendiri, yang tidak bisa ditanya : “Mengapa sampai berbeda?”. Tipe ini tidak menghindari perbedaan, akan tetapi juga tidak merangkul perbedaan. Dengan prinsip bahwa engkau berjalan mencapai tujuanmu, aku juga mencapai tujuanku, tidak ada bentuk kerja sama diperagakan. Walaupun mereka bisa dekat, tapi mereka memandang perbedaan sebagai hambatan

11 Gaya Menyikapi Perbedaan 3. Tipe Memanfaatkan – Tipe ini sangat menghargai adanya perbedaan. Sebuah perbedaan selalu disyukuri olehnya karena perbedaan dilihat sebagai keuntungan. – Mereka sadar bahwa menghargai perbedaan tidaklah mengikuti jalan yang ditempuh orang lain. – Kerja sama akan menuai hasil yang luar biasa kalau orang- orang di dalamnya mempertahankan keunikannya yang berbeda dengan orang lain.

12 Ciri-ciri Individu dg Socail Skills Ungkapan Emosi Kepribadian • Dapat mengekspresikan emosi sesuai dengan situasi yang dihadapi • Memiliki empati dan kepekaan terhadap perasaan orang lain • Percaya pada kelebihan dan kelemahan dirinya •Percaya bahwa dirinya bahwa dia mampu mengendalikan orang lain, termasuk mampu mengendalikan keinginan dirinya.

13 Ciri-ciri Individu dg Socail Skills Hubungan Sosial Keseimbangan Mental Berkomunikasi secara efektif Mengerti peran diri dan peran orang lain Mampu mengelola ketegangan Mampu mentolerir rasa frustrasi Mampu mengelola gejolak di dalam dirinya.

14 Melatih 1.Melatih mengungkapkan emosi secara terbuka 2.Berlatih Konsentrasi 3.Belajar mengakui perbedaan 4.Memperlakukan diri 5.Menginternalisasi konsep nilai sosial yang benar. 6.Memupuk Rasa Percaya Diri 7.Berpikir Positif 8.Penggunaan Kata-kata Positif 9.Berani mengambil resiko 10.Belajar mensyukuri dan menikmati rahmat Tuhan 11.Menetapkan tujuan yang realistik K eterampilan Sosial

15 Kiat 2 Social Skills Jadilah Pribadi Menarik Bagi diri anda sendiri dengan AKHLAQ yang baik Kebaikan tanpa Kesombongan, rendah hati tanpa menghinakan, bertemu teman dan lawan dengan senyuman tidak merendahlan tidak pula menakutkan.

16 JUJURLAH…Tidak hanya dalam perkataan, Namun dalam seluruh aktivitas, bahkan dalam gerak dan senyuman sekalipun Berbuat baiklah kepada orang lain, niscaya Engkau akan menguasai hatinya, karena kebaikan seringkali menundukkan manusia Berbuat kebaikanlah selama masih ada kesempatan dan kemampuan, karena kemampuan tidak selamanya ada pada diri manusia

17 Terima Kasih


Download ppt "Shared by: Sarjuni. mengapa • Setiap pribadi individu dirancang untuk berfungsi dan memiliki peranan dalam jalinan dan hubungan saling bekerja sama dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google