Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN ? SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMILIH SUATU ARAH TINDAKAN SEBAGAI PEMECAHAN BAGI SUATU PERSOALAN” SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN ? SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMILIH SUATU ARAH TINDAKAN SEBAGAI PEMECAHAN BAGI SUATU PERSOALAN” SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK."— Transcript presentasi:

1

2

3 PENGERTIAN ? SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMILIH SUATU ARAH TINDAKAN SEBAGAI PEMECAHAN BAGI SUATU PERSOALAN” SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMILIH SUATU ARAH TINDAKAN SEBAGAI PEMECAHAN BAGI SUATU PERSOALAN” PENGAMBILAN KEPUTUSAN Adalah :

4 JENIS-JENIS KEPUTUSAN “ keputusan yg diambil berdasarkan kebiasaan,peraturan, atau prosedur. “ keputusan yg diambil berdasarkan kebiasaan,peraturan, atau prosedur.  PROGRAMMED DECISIONS “ keputusan yg diambil untuk menghadapi persoalan-persoalan unik atau memerlukan perlakuan khusus” “ keputusan yg diambil untuk menghadapi persoalan-persoalan unik atau memerlukan perlakuan khusus”  NONPROGRAMMED DECISIOONS

5 Tiga Situasi Pengambilan Keputusan 1. CERTAINTY CONDITION “PARA MANAJER MENGETAHUI APA YG AKAN TERJADI DIWAKTU YG AKAN DATANG, KARENA TERSEDIA INFORMASI YG AKURAT, TERPERCAYA & DAPAT DIUKUR SBG DASAR” “PARA MANAJER MENGETAHUI APA YG AKAN TERJADI DIWAKTU YG AKAN DATANG, KARENA TERSEDIA INFORMASI YG AKURAT, TERPERCAYA & DAPAT DIUKUR SBG DASAR” 2. UNCERTAINTY CONDITION “MANAJER TIDAK MENGETAHUI PROBABILITAS, BAHKAN MUNGKIN TIDAK MENGETAHUI KEMUNGKINAN HASIL-HASIL” “MANAJER TIDAK MENGETAHUI PROBABILITAS, BAHKAN MUNGKIN TIDAK MENGETAHUI KEMUNGKINAN HASIL-HASIL” 3. RISK CONDITION “MANAJER MENGETAHUI PROBABILITAS KEMUNGKINAN, TETAPI INFORMASI LENGKAP TIDAK TERSEDIA” “MANAJER MENGETAHUI PROBABILITAS KEMUNGKINAN, TETAPI INFORMASI LENGKAP TIDAK TERSEDIA”

6 PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN Menentukan Tujuan & Sasaran Khusus dan mengukur Hasilnya Menentukan Tujuan & Sasaran Khusus dan mengukur Hasilnya Mengidentifikasi Persoalan Mengembangkan Alternatif Mengevaluasi Alternatif Memilih Alternatif Melaksanakan Keputusan Pengendalian dan Evaluasi

7 PENGARUH PERILAKU TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INDIVIDUAL “ kumpulan dari perasaan senang/tidak senang, pandangan, keharusan, kecenderungan dalam diri orang, pendapat yg rasional/tidak rasional, prasangka dan pola asosiasi yang menentukan pandangan seseorang” Nilai dijadikan pedoman apabila harus memilih sesuatu. 1. NILAI

8 Dalam menetapkan sasaran : pertimbangan nilai perlu dalam memilih kesempatan dan penentuan prioritas Dalam menetapkan sasaran : pertimbangan nilai perlu dalam memilih kesempatan dan penentuan prioritas Dalam Memilih Alternatif : menilai alternatif mana yang akan dipilih Pengaruh nilai dalam pengambilan keputusan : Dalam mengembangkan alternatif : menilai bermacam kemungkinan Dalam mengembangkan alternatif : menilai bermacam kemungkinan Dalam Melaksanakan keputusan : menilai cara pelaksanaan yang akan dipilih Dalam Pengendalian dan evaluasi : menilai tindakan koreksi yang tepat. (a) (b) (c) (d) (e)

9 Para pengambil keputusan dipengaruhi oleh kepribadian yang ada pada dirinya. Yakni meliputi : sikap, kepercayaan, dan kebutuhan individu. Tingkat keberanian mengambil resiko akan menentukan proses pengambilan keputusan yang berbeda bagi setiap organisasi. Tingkat keberanian mengambil resiko akan menentukan proses pengambilan keputusan yang berbeda bagi setiap organisasi. Setelah mengambil keputusan sering kali orang diganggu oleh perasaan kegelisahan (konflik) antara apa yang sdh di putuskan dg apa yang seharusnya, sehingga menimbul- kan perasaan ragu-ragu dan keyakinan bahwa mungkin ada alternatif yang lebih baik. Setelah mengambil keputusan sering kali orang diganggu oleh perasaan kegelisahan (konflik) antara apa yang sdh di putuskan dg apa yang seharusnya, sehingga menimbul- kan perasaan ragu-ragu dan keyakinan bahwa mungkin ada alternatif yang lebih baik. 2. KEPRIBADIAN 2. KEPRIBADIAN 3. KECENDERUNGAN MENGAMBIL RESIKO 4. KEMUNGKINAN KETIDAK-COCOKAN

10 Mencari informasi yg mendukung kebijakan dari keputusan mereka Mempertinggi unsur-unsur positif dari keputusan yang diambil. Beberapa Metode Mengurangi Ketidak-cocokan : Bersikap obyektif, dan berusaha meyakini keputusan yg diambil (a) (b) (c)

11 Kelompok lebih unggul dalam menetapkan sasaran, karena jumlah pengetahuan kelompok lebih banyak. Pertimbangan kolektif kelompok sangat efektif dalam mengevaluasi alternatif keputusan Manakah yang lebih efektif, keputusan (tidak diprogram) yang diambil secara individual atau secara kelompok?? Usaha perorangan anggota kelompok lebih baik dalam identifikasi alternatif Kelompok lebih berani dalam mengambil resiko ketika akan memilih alternatif keputusan yang terbaik. (a) (b) (c) (d)


Download ppt "PENGERTIAN ? SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMILIH SUATU ARAH TINDAKAN SEBAGAI PEMECAHAN BAGI SUATU PERSOALAN” SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google