Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

pdbbudiarsa dharmatanna1 PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "pdbbudiarsa dharmatanna1 PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN."— Transcript presentasi:

1

2 pdbbudiarsa dharmatanna1 PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN

3 pdbbudiarsa dharmatanna2 PENGERTIAN ? “ PENGAMBILAN KEPUTUSAN ADALAH SUATU PROSES YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMILIH SUATU ARAH TINDAKAN SEBAGAI PEMECAHAN BAGI SUATU PERSOALAN”

4 pdbbudiarsa dharmatanna3 JENIS-JENIS KEPUTUSAN  PROGRAMMED DECISIONS “ keputusan yg diambil berdasarkan kebiasaan, peraturan, atau prosedur. NONPROGRAMMED DECISIOONS “ keputusan yg diambil untuk menghadapi persoalan-persoalan unik atau memerlukan perlakuan khusus”

5 pdbbudiarsa dharmatanna4 Tiga Situasi Pengambilan Keputusan 1.Certainty condition “Para manajer mengetahui apa yg akan terjadi di waktu yg akan datang, karena tersedia informasi yg akurat, terpercaya & dapat diukur sbg dasar” 2.Uncertainty condition “Manajer tidak mengetahui probabilitas, Bahkan mungkin tidak mengetahui kemungkinan hasil-hasil” 3.Risk condition “Manajer mengetahui probabilitas kemung- Kinan, tetapi informasi lengkap tidak tersedia”

6 pdbbudiarsa dharmatanna5 PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN o Menentukan Tujuan & Sasaran Khusus dan mengukur Hasilnya o Mengidentifikasi Persoalan o Mengembangkan Alternatif o Mengevaluasi Alternatif o Memilih Alternatif o Melaksanakan Keputusan o Pengendalian dan Evaluasi

7 pdbbudiarsa dharmatanna6 PENGARUH PERILAKU TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INDIVIDUAL NILAI “ kumpulan dari perasaan senang/tidak senang, pandang- an, keharusan, kecenderungan dalam diri orang, penda- pat yg rasional/tidak rasional, prasangka dan pola asosia- si yang menentukan pandangan seseorang” Nilai dijadikan pedoman apabila harus memilih sesuatu. Pengaruh nilai dalam pengambilan keputusan : (a). Dalam menetapkan sasaran : pertimbangan nilai perlu dalam memilih kesempatan dan penentuan prioritas (b). Dalam mengembangkan alternatif : menilai bermacam ke- mungkinan

8 pdbbudiarsa dharmatanna7 (c).Dalam Memilih Alternatif : menilai alternatif mana yang akan dipilih (d). Dalam Melaksanakan keputusan : menilai cara pelaksanaan yang akan dipilih (e). Dalam Pengendalian dan evaluasi : menilai tindakan koreksi yang tepat. KEPRIBADIAN Para pengambil keputusan dipengaruhi oleh kepribadian yang ada pada dirinya. Yakni meliputi : sikap, keperca- yaan, dan kebutuhan individu. KECENDERUNGAN MENGAMBIL RESIKO Tingkat keberanian mengambil resiko akan menentukan proses pengambilan keputusan yang berbeda bagi setiap organisasi.

9 pdbbudiarsa dharmatanna8 KEMUNGKINAN KETIDAK-COCOKAN Setelah mengambil keputusan sering kali orang diganggu oleh perasaan kegelisahan (konflik) antara apa yang sdh di putuskan dg apa yang seharusnya, sehingga menimbul- kan perasaan ragu-ragu dan keyakinan bahwa mungkin ada alternatif yang lebih baik. Beberapa Metode Mengurangi Ketidak-cocokan : (a). Mencari informasi yg mendukung kebijakan dari keputusan mereka (b). Bersikap obyektif, dan berusaha meyakini keputusan yg di- ambil (c). Mempertinggi unsur-unsur positif dari keputusan yang di- ambil.

10 pdbbudiarsa dharmatanna9 Manakah yang lebih efektif, keputusan (tidak diprog- ram) yang diambil secara individual atau secara ke- lompok? (a). Kelompok lebih unggul dalam menetapkan sasaran, karena jumlah pengetahuan kelompok lebih banyak. (b). Usaha perorangan anggota kelompok lebih baik dalam iden- tifikasi alternatif (c). Pertimbangan kolektif kelompok sangat efektif dalam meng- evaluasi alternatif keputusan (d). Kelompok lebih berani dalam mengambil resiko ketika akan memilih alternatif keputusan yang terbaik.


Download ppt "pdbbudiarsa dharmatanna1 PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google