Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBUATAN KEPUTUSAN pertemuankesepuluh. Dasar-dasar Pembuatan Keputusan  Keputusan adalah suatu pilihan yang dibuat di antara suatu atau lebih alternatif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBUATAN KEPUTUSAN pertemuankesepuluh. Dasar-dasar Pembuatan Keputusan  Keputusan adalah suatu pilihan yang dibuat di antara suatu atau lebih alternatif."— Transcript presentasi:

1 PEMBUATAN KEPUTUSAN pertemuankesepuluh

2 Dasar-dasar Pembuatan Keputusan  Keputusan adalah suatu pilihan yang dibuat di antara suatu atau lebih alternatif yang tersedia.  Seorang wiraswastawan harus membuat keputusan setiap hari, tidak semua keputusan itu mempunyai arti penting yang sama bagi organisasi.  Beberapa keputusan mempengaruhi sejumlah anggota organisasi, membutuhkan biaya banyak untuk dijalankan, atau mempunyai pengaruh jangka panjang pada organisasi

3 Jenis-jenis Keputusan  Keputusan Terprogram  Menurut Herbert A. Simon, keputusan terprogram adalah keputusan yang sifatnya rutin dan berulang-ulang, dan organisasi biasanya mengembangkan cara tertentu untuk mengendalikannya. Organisasi mengembangkan proses- proses tertentu untuk menanganinya.  Keputusan Tidak Terprogram  Keputusan ini sifatnya sekali pakai, tidak begitu mendetail, terstruktur dengan buruk, novel keputusan kebijaksanaan. Keputusan ini ditangani oleh proses pemecahan masalah umum.

4 Pertanggung-jawaban Bagi Pembuatan Keputusan Organisasi  Salah satu dari dasar pemikiran ini didasarkan pada dua faktor : (1) Jangkauan (scope), (2) Tindakan manajemen.  Keuntungannya adalah wiraswastawan bisa memusatkan perhatian pada “pokok-pokok” dalam pembuatan suatu keputusan dan bahwa semua individu dalam kelompok pembuatan keputusan bisa lebih terlibat dalam implementasi keputusan jika mereka berperan serta dalam pembuatannya.

5 Unsur-unsur Situasi atau Keadaan Keputusan  Terdapat enam bagian atau unsur dasar situasi keputusan:  Keadaan asal mula  Pembuatan keputusan  Orientasi penerimaan  Orientasi eksploitasi  Orientasi penimbunan (hoarding)  Orientasi pemasaran

6 Proses Pembuatan Keputusan  Suatu keputusan adalah pemilihan alternatif dari seperangkat alternatif yang tersedia. Suatu model proses pembuatan keputusan menyarankan langkah untuk membuat keputusan yaitu :  Identifikasi masalah yang ada  Mendaftar permasalahan yang ada  Premilihan alternatif yang paling bermanfaat  Implementasi alternatif yang dipilih  Pengumpulan umpan balik yang berhubungan dengan masalah

7 Kondisi Pembuatan Keputusan  Umumnya terdapat tiga kondisi yang berbeda di mana keputusan dibuat. Masing-masing kondisi tersebut didasarkan pada tingkatan atau derajat dimana hasil masa depan dari alternatif keputusan diprediksi. Kondisi tersebut adalah :  Kondisi kepastian sepenuhnya (Complete Certainty Condition)  Kondisi ketidakpastian sepenuhnya (Complete Uncertainty Condition)  Kondisi resiko (Risk Condition)

8 Perangkat-perangkat dalam Pembuatan Keputusan  Dua peralatan pembuatan keputusan yang dipakai paling luas adalah :  Teori Probabilitas, adalah peralatan pembuatan keputusan yang digunakan pada situasi resiko atau situasi di mana pembuatan keputusan tidak sepenuhnya yakni dengan hasil dari alternatif yang diimplementasikan.  Pohon-pohon Keputusan, adalah peralatan pembuatan keputusan grafis yang biasanya digunakan untuk mengevaluasi keputusan yang mengandung serangkaian langkah langkah.

9 terimakasih


Download ppt "PEMBUATAN KEPUTUSAN pertemuankesepuluh. Dasar-dasar Pembuatan Keputusan  Keputusan adalah suatu pilihan yang dibuat di antara suatu atau lebih alternatif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google