Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODE MEMOTIVASI BAWAHAN (PERTEMUAN 12) PENGERTIAN MOTIF & MOTIVASI Motif sebagai daya gerak mencakup dorongan, alasan dan kemauan yang timbul dari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODE MEMOTIVASI BAWAHAN (PERTEMUAN 12) PENGERTIAN MOTIF & MOTIVASI Motif sebagai daya gerak mencakup dorongan, alasan dan kemauan yang timbul dari."— Transcript presentasi:

1

2 METODE MEMOTIVASI BAWAHAN (PERTEMUAN 12)

3 PENGERTIAN MOTIF & MOTIVASI Motif sebagai daya gerak mencakup dorongan, alasan dan kemauan yang timbul dari dalam diri seseorang menyebabkan berbuat sesuatu. MOTIVASI “The process by wich behavior is energized and directed” Motivasi kerja “sesuatu yang menimbulkan semangat atau dorongan kerja”.

4 CIRI-CIRI MOTIF INDIVIDU  MOTIF ADALAH MAJEMUK “Dalam suatu perbuatan terdiri dari beberapa tujuan yang ingin dicapai”  MOTIF DAPAT BERUBAH-UBAH “Motif seseorang sering berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan atau kepentingannya”  MOTIF BERBEDA-BEDA BAGI INDIVIDU “Dua orang yang mengerjakan pekerjaan yang sama dapat memiliki motif yang berbeda”  BEBERAPA MOTIF TIDAK DISADARI OLEH INDIVIDU “Kadang2 tingkahlaku individu tidak disadari”

5 BEBERAPA KLASIFIKASI MOTIF : A.MENURUT W.I. THOMAS ADALAH: 1.Motif rasa aman (the security motive) Kebutuhan seseorang untnk membela diri dari setiap ancaman terhadap keutuhannya sebagai manusia. 2. Motif respon (the respon motive) Kebutuhan akan berhubungan dengan orang lain dengan akrab, dicintai atau dihargai.

6 3. Motif pengalaman baru (the new experience motive) Motif ini meliputi; - Mengetahui atau mengerti sesuatu yang baru - Mewujudkan aktualisasi diri - Keinginan untuk bervariasi 4. Motif pengakuan (The recognition motive) Motif ingin berbeda dari orang lain, dan ingin diakui oleh kelompoknya atau masyarakat

7 B. MOTIF MENURUT GERUNGAN 1. MOTIF BIOGENETIS Motif utk kelangsungan hidup yaitu makan, minum, hubungan seks, buang air dan istirahat. 2. MOTIF SOSIOLOGENETIS Motif yg dipelajari manusia berasal dari lingkungan kebudayaan dimana berada. 3. MOTIF THEOGENETIS Motif yg timbul pada seseorang sebagai akibat hubungannya dengan Tuhannya. Orang yang taat beragama akan menjauhi larangan Tuhannya dan melaksanakan kewajibannya.

8 B.BEBERAPA FAKTOR YG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM MEMOTIVASI BAWAHAN 1. MENGGUNAKAN UANG SEBAGAI DASAR MOTIVASI Bila uang dijadikan dasar motivasi, maka berdasarkan hasil penelitian bila kompensasi tidak memuaskan, maka Karyawan cenderung merasa tenaga yang dikeluarkan untuk pekerjaan tersebut adalah sia-sia.

9 2.Menggunakan sanksi sebagai dasar motivasi pendorong atau motivasi kedua adalah akan adanya sanksi. Sanksi akan membuat pegawai merasa takut. Rasa takut akan efektif bila: A. Sebagai usaha terakhir Misalnya “anda harus lebih memperbaiki pekerjaan anda kalau tidak anda lebih baik mencari pekerjaan di tempat lain”. B.Sebagai pendorong atau perangsang darurat dalam keadaan mendesak. Misalnya “anda harus menyelesaikan pekerjaan ini sebelum pimpinan datang”.

10 3.Tujuan sebagai dasar motivasi Tujuan berarti sesuatu yg akan dicapai (Target) oleh sebab itu perlu dipertimbangkan: - Tentukan target lebih tinggi dari sekarang - Pertimbangkan target itu tercapai atau tidak - Bahas target dengan tim lengkap 4. Moral sebagai dasar motivasi Menumbuhkan moral dalam diri karyawan dapat menciptakan kesadaran dalam diri, sehingga motif muncul adalah motif dalam diri individu ybs.

11 3 JENIS MOTIVASI  FEAR MOTIVATION  ACHIEVEMENT MOTIVATION  INNER MOTIVATION

12 Hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan Pimpinan (manajer) terhadap bawahan antara lain: 1.Jangan merendahkan bawahan 2.Jangan kritik bawahan di muka org lain 3.Berilah perhatian kepada bawahan 4.Jangan ada kesan bawahan bahwa pimpinan itu memikirkan diri sendiri 5.Janganlah menganakemaskan bawahan ttt 6.Berilah peluang bawahan utk maju 7.Terbuka utk hal yang baru 8.Jangan membangagakan diri di depan pegawai 9.Jangan menurunkan standar pribadi 10.Jangan ragu mengambil keputusan

13 CARA PIMPINAN MENGEMBANGKAN MOTIVASI POSITIF 1.Kemukakan standar dengan konsisten 2.Jangan berprasangka terhadap orang lain 3. Biarkan mereka di posisi mereka sendiri 4. Berikan pujian secara pantas. 5. Perubahan perlu diberitahukan kepada semua pegawai. 6. Perhatikan dan pelihara para bawahan 7. Carilah jalan untuk menolong bawahan 8. Bertanggung jawab untuk bawahan 9. Berikan kemerdekaan 10. Tunjukkan ketekunan 11. Bijaksana kepada bawahan 12. Bersedia belajar dari orang lain 13. Tetaplah fleksibel 14. Tunjukkan kepercayaan 15. Mampu mendelegasikan tugas dikuti tanggung jawab 16. Dorong kreativitas

14 SEBELUM MEMOTIVASI BAWAHAN, PIMPINAN HARUS MAMPU MEMOTIVASI DIRI SENDIRI, DG CARA SBB:  COST-BENEFIT ANALYSIS “Kenali benar apa keuntungan dan kerugian melakukan kegiatan atau mencapi sesuatu tujuan. Bila lebih besar keuntungan maka kita (dan bawahan) akan termotivasi.  SENSE OF URGENCY “Ciptakan suatu rasa mendesak untuk melakukan pekerjaan atau mencapai tujuan, hal ini akan mendorong kita utk segera melakukan pekerjaan.  KEYAKINAN “Bawahan akan bersedia melakukan pekerjaan yg kita inginkan bila mereka melihat kita memiliki keyakinan yg tinggi bahwa pekerjaan itu memang bisa, pantas, dan menguntungkan utk dilakukan.

15 MODAL DASAR “4K” MEMOTIVASI BAWAHAN 1.KEBUTUHAN(Cari tahu apa kebutuhan bawahan) 2.KEMAMPUAN(Hargai/beri pujian atas kemampuan bawahan) 3.KEAKRABAN(Jalin keakraban dg bawahan dan saling menganggap penting) 4.KOMUNIKASI(Pastikan bawahan mengetahui dg jelas apa bagaimana melakukan pekerjaan)


Download ppt "METODE MEMOTIVASI BAWAHAN (PERTEMUAN 12) PENGERTIAN MOTIF & MOTIVASI Motif sebagai daya gerak mencakup dorongan, alasan dan kemauan yang timbul dari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google