Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEPEMIMPINAN STRATEGIS DAN VISIONER PERTEMUAN KE 7.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEPEMIMPINAN STRATEGIS DAN VISIONER PERTEMUAN KE 7."— Transcript presentasi:

1 KEPEMIMPINAN STRATEGIS DAN VISIONER PERTEMUAN KE 7

2 Kepemimpinan strategis merupakan kepemimpinan yang bertanggung jawab untuk menciptakan harmoni antara tuntutan lingkungan ekstrenal organisasi (dunia) dengan visi, misi, strategi dan implementasi organisasi. VISI ORGANISASI : Menggambarkan wujud organisasi di masa depan. MISI : Menggambarkan nilai pokok (core value), tujuan (purpose) dan alasan akan eksistensi organisasi (reason for existance) KEPEMIMPINAN STRATEGIS

3 Strategi menyediakan arah yang menterjemahkan visi menjadi aksi dan merupakan dasar bagi pengembangan mekanisme spesifik untuk menolong organisasi mencapai tujuannya. Strategi merupakan niat (intention), implementasi melalui struktur, sistem, budaya dan iklim, sistem insentif, menjamin terwujudnya visi di masa depan.

4 DEMENSI KEPEMIMPINAN STRATEGIS Lingk. Eksternal Visi Strategi Arsitektur organisasi Utk implementasi Misi

5 Visi dianggap sebagai impian yang ingin diwujudkan, yang mencerminkan ambisi, daya tarik besar, hasrat, semangat dan keadaan dan perwujudan ideal di masa depan. Visi mencerminkan wujud ideal organisasi di masa depan yang saat ini belum terwujud. Visi menjadikan anggota organisasi percaya bahwa keinginan tersebut merupakan suatu yang berharga untuk dicapai dengan pengorbanan. Contoh : Sony (Jepang) dengan produk elektroniknya VISI KEPEMIMPINAN

6 Visi Turut berpartisipasi secara nyata dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Membentuk masyarakat industri berteknologi modern yang menekankan pada kemampuan memanfaatkan informasi, keterkaitan global, infrastruktur yang terintegritas dan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

7 AAkan bergerak secara ragu-ragu dan mudah terombang-ambing oleh tekanan eksternal. OOrang dalam organisasi akan kehilangan komitmen dan lebih banyak mencapai tujuan yang sepele. OOrganisasi berjalan lambat dan tidak pernah menghasilkan perubahan yang signifikan dan berharga. Organisasi Tanpa Visi yang Jelas :

8 1.VISI MENGHUBUNGKAN KEADAAN SAAT INI KE MASA DEPAN Visi yang efektif menghubungkan apa yang sedang terjadi saat ini dengan apa yg dicita-citakan di masa yang akan datang. Pemimpin kebanyakan berfokus pada masalah yang muncul saat ini dan jarang berusaha memvisualisasikan masa depan bagi organisasinya. Pemimpin yang efektif harus memiliki visi bifocal, yaitu kemampuan melihat dan menghadapi kebutuhan organisasi saat ini dan mampu mencapai impian di masa depan. Ciri-ciri visi yang efektif :

9 2.VISI MENGGERAKKAN ENERGI & KOMITMEN Visi yang efektif akan menimbulkan inspirasi, semangat dan komitmen untuk diperjuangkan untuk mencapai sesuatu yang lebih bermakna bagi kehidupannya, orang lain dan masyarakat. 3.VISI MEMBANGUN STANDAR KEUNGGULAN & KUALITAS. Visi menyediakan sebuah ukuran bagi karyawan dalam menilai kontribusi mereka bagi organisasi.

10 4.Visi mempunyai daya tarik yang luas dan Mendalam Visi harus merupakan perwujudan dari seluruh semangat anggota organisasi sehingga visi tersebut akan menjadi daya dorong dan motivasi bagi karyawan untuk bersama-sama mencapai tujuan organisasi tertinggi, dan memberikan kebebasan pada tiap orang untuk bekerja secara mandiri, tetapi dalam arah yang sama.

11 5.Visi berhubungan dengan perubahan Visi mencerminkan tindakan dan tantangan utk membuat suatu perubahan yang lebih baik di masa depan. Dengan visi yang jelas, maka rasa takut akan perubahan dan ketidakpastian akan dapat dihadapi dengan efektif.

12 6.VISI MENDORONG KEYAKINAN DAN HARAPAN Visi yang jelas akan menimbulkan keyakinan bahwa setiap perjuangan dan pengorbanan mereka tidaklah akan sia-sia, tetapi akan memperoleh suatu yang lebih baik dan lebih berharga di masa depan, mereka akan dapat mewujudkan harapannya dalam mencapai impiannya.

13 7.VISI MENGGAMBARKAN IDEALISME TERTINGGI Visi yang baik adalah suatu yang idealistis dan memiliki kekuatan serta menggerakan seluruh anggota organisasi. Visi yang efektif harus memiliki nilai makna yang tertinggi, sehingga visi layak untuk diperjuangkan dengan menggerakan segenap tenaga, sebab setiap orang tidak akan berjuang demi tujuan yang tak berarti.

14 8.VISI MENDEFINISIKAN TUJUAN PERJALANAN DAN PETUALANGAN Visi yang efektif akan menjelaskan ke mana tempat tujuan akhir yg ingin dicapai oleh organisasi.Tujuan akan memudahkan dan memperlancar gerak organisasi.

15 Misi adalah tujuan pokok organisasi dan alasan mendasar bagi eksistensi organisasi. Dalam misi akan tergambar nilai yang menjadi pedoman dalam proses kerja, strategi dan kebijakan perusahaan. Misi yang terdefinisi secara jelas akan mendorong munculnya idealisme yang tertinggi untuk diperjuangkan oleh seluruh anggota organisasi. Misi motorola : “mengaplikasikan teknologi untuk keuntungan masyarakat luas” MISI KEPEMIMPINAN

16 Merupakan rencana aksi global yang menggambarkan alokasi sumber daya dan aktivitas lainnya untuk menghadapi lingkungan dan menolong organisasi mencapai tujuan tertingginya. Dalam proses memformulasikan strategi, pemimpin mengajukan pertanyaan : DDimana organisasi ini berada saat ini. KKemana organisasi ingin menuju. PPerubahan dan trend apa yang sedang terjadi di dalam lingkungan kompetitif saat ini. SStrategi, taktik, tindakan dan kiat apa yang dapat menolong organisasi mewujudkan visinya di masa depan. STRATEGI

17 1.Kompetensi pokok organisasi 2.Mengembangkan sinergi dan 3.Menciptakan keuntungan dan nilai bagi konsumen. 3 KUALITAS POKOK STRATEGI Untuk menciptakan organisasi yang unggul, pemimpin dituntut untuk mampu menciptakan strategi yang mempunyai 3 kualitas pokok yg harus dipenuhi, yaitu :

18 Organisasi yang kuat merupakan hasil dari kepemimpinan yang unggul. Organisasi tanpa pemimpin yang unggul adalah kemunduran produktifitas organisasi, inovasi terhambat, iklim dan budaya organisasi tidak adaptif, yang kesemuanya menghambat laju organisasi ke masa depan. Pemimpin harus punya kemampuan untuk melihat masa depan, mampu memprediksi perubahan yang akan terjadi, mampu melihat hambatan sekaligus peluang yang menghadang organisasi, dan mampu menggunakan potensi secara harmonis untuk kemajuan organisasi. KONTRIBUSI PEMIMPIN BAGI ORGANISASI

19 ADA 4 MACAM PEMIMPIN JIKA DILIHAT DARI HUBUNGANNYA ANTARA VISI YG DIMILIKINYA DGN TINDAKAN YG DILAKUKAN : TINGGI RENDAH TINGGI VS AKSI PEMIMPI EFEKTIF TAK TERLIBAT PELAKSANA

20 1.Pemimpin yang memiliki visi yg tinggi tetapi tidak diimplementasikan dalam tindakannya adalah pemimpin yang pemimpi (dreamer) 2.Pemimpin yang tidak memiliki visi ke depan & tidak banyak melakukan tindakan strategis dikatakan pemimpin yang tidak terlibat (uninvolved)

21 3.Pemimpin yang banyak melakukan tindakan yang strategis, tetapi tidak mempunyai visi yang jelas, sering dikatakan sebagai pemimpin pekerja yang harus mampu mengerjakan hal-hal yang rutin. 4.Pemimpin yang unggul adalah pemimpin yang memiliki visi ke depan serta dibarengi dengan tindakan strategis yang tinggi, maka akan pemimpin yang visioner & efektif. Pemimpin jenis ini memiliki ambisi, impian, dan cita-cita yang tinggi untuk dicapai oleh organisasi.


Download ppt "KEPEMIMPINAN STRATEGIS DAN VISIONER PERTEMUAN KE 7."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google