Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi Antar Pribadi Dimensi Pribadi dan Relasional by euis.nurul.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi Antar Pribadi Dimensi Pribadi dan Relasional by euis.nurul."— Transcript presentasi:

1 Komunikasi Antar Pribadi Dimensi Pribadi dan Relasional by euis.nurul

2 Kuis Keberhasilan komunikasi antar pribadi sesungguhnya menjadi tanggung jawab para peserta komunikasi. Kedekatan hubungan pihak-pihak yang berkomunikasi akan tercermin pada jenis-jenis pesan atau respon non verbal mereka seperti Tatapan mata yang ekspresif, jarak fisik yang sangat dekant, sentuhan. Semua indera sangat potensial sebagai alat sensasi dalam komunikasi antar pribadi. KUIS: berikan contoh jenis-jenis pesan berdasarkan respon non verbal dari keberhasilan kap.

3 Definisi KAP ¤ Suatu proses pertukaran makna antara orang-orang yang saling berkomunikasi. ¤Suatu pertukaran yaitu tindakan menyampaikan dan menerima pesan secara timbal balik.

4 Pengertian KAP mengandung 3 aspek 1. Pengertian Proses, mengacu pada perubahan dan tindakan yang berlangsung terus menerus. 2. KAP merupakan suatu pertukaran, tindakan menyampaikan dan menerima pesan secara timbal balik. 3. Mengandung makna, sesuatu yang dipertukarkan dalam proses tersebut, adalah kesamaan pemahaman diantara orang-orang yang berkomunikasi terhadap pesan-pesan yang digunakan dalam proses komunikasi.

5 6 Karakteristik KAP…… Judy C Pearson 1.KAP dimulai dengan diri pribadi 2.KAP bersifat transaksional 3.KAP mencakup aspek-aspek isi pesan dan hubungan antar pribadi 4.KAP mensyaratkan adanya kedekatan fisik antara pihak- pihak yang berkomunikasi 5.KAP melibatkan pihak-pihak yang saling tergantung satu dengan yang lainnya dalam proses komunikasi 6.KAP tidak dapat diubah atau diulang.

6 Karakteristik KAP…… Barnlund Bersifat spontan Tidak berstruktur Kebetulan Tidak mengejar tujuan yang direncanakan Identitas keanggotaan tidak jelas Terjadi sambil lalu

7 Karakteristik KAP…… Rogers Arus pesan dua arah Konteks komunikasi dua arah Tingkat umpan balik tinggi Kemampuan mengatasi selektivitas tinggi Kecepatan jangkauan terhadap khalayak relatif lambat Efek yang terjadi perubahan sikap

8 Karakteristik KAP…… De Vito Keterbukaan (opennes); sikap keterbukaan paling tidak menunjukkan dua aspek dalam komunikasi antarpribadi yaitu terbuka pada orang lain dan terbuka pada kemauan memberikan tanggapan. Positif (positiveness); memiliki perilaku positif yakni berpikir terhadap diri sendir dan orang lain Kesamaan (equality); kap ditentukan oleh kesamaan- kesamaan yang dimiliki pelakunya seperti nilai, sikap, watak, perilaku, kebiasaan, pengalaman dll Empati (empathy); kemampuan menempatkan diri pada posisi orang lain. Dukungan (supportiveness); kap akan efektif bila dalam diri seseorang ada perilaku supportif.

9 3 Pendekatan dalam KAP 1.Komponen-komponen utama; KAP berlangsung bila pengirim menyampaikan informasi berupa kata-kata kepada penerima dengan menggunakan medium suara manusia 2.Hubungan Diadik (tatap muka); KAP sebagai komunikasi antara dua orang yang mempunyai hubungan mantap dan jelas. Untuk memahami perilaku seseorang harus mengikutsertakan paling tidak 2 orang peserta dalam situasi bersama 3.Pengembangan; KAP sebagai perkembangan dari komunikasi impersonal dan komunikasi pribadi.

10 Fokus Pembahasan KAP 1.Individu dalam komunikasi antarpribadi 2.Memahami diri sendiri 3.Memahami orang lain 4.Aspek relasional atau hubungan dalam komunikasi antarpribadi.

11 Individu dalam komunikasi antarpribadi 1.Aspek psikologi dari kap menempatkan makna hubungan sosial ke dalam individu 2.Proses intrapribadi sebagai proses pemahaman individu dipengaruhi 3 hal: respons individu, ingatan atau persepsi, gabungan respons emosional dengan hubungan antar pribadi Fungsi Psikologis dari komunikasi untuk menginterpretasikan tanda-tanda melalui tindakan atau perilaku yang dapat diamati.

12


Download ppt "Komunikasi Antar Pribadi Dimensi Pribadi dan Relasional by euis.nurul."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google