Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nita Rimayanti, M.Comm.  Komunikasi mengacu pada tindakan oleh satu orang atau lebih yang mengirimkan pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise) terjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nita Rimayanti, M.Comm.  Komunikasi mengacu pada tindakan oleh satu orang atau lebih yang mengirimkan pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise) terjadi."— Transcript presentasi:

1 Nita Rimayanti, M.Comm

2  Komunikasi mengacu pada tindakan oleh satu orang atau lebih yang mengirimkan pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise) terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik. ( Joseph A. De Vito dlm buku Komunikasi Antar Manusia)

3  ISI PESAN => PIKIRAN ATAU PERASAAN  LAMBANG / SYMBOL => BAHASA  TUJUAN KOMUNIKASI :  Menemukan diri ( kita lebih memahami diki kita sendiri dan orang lain)  Untuk Berhubungan  Untuk Menyakinkan (persuasive)  Untuk Bermain

4  Pengalaman komunikasi dapat membantu mengungkapkan kepribadian & membangun hubungan yang baik, serta mengubah sikap dan perilaku.  Fungsi komunikasi untuk memahami sikap dan perilaku manusia

5  DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI  PROSES KOMUNIKASI TERJADI PADA KOMUNIKATOR DAN KOMUNIKAN  SAAT KOMUNIKATOR MENYAMPAIKAN PESAN TERJADI SUATU PROSES  ISI PESAN = PIKIRAN - PIKIRAN DIDALAM DIRI KOMUNIKATOR YANG DISAMPAIKAN MELALUI BAHASA DISEBUT ENCODING.  PROSES DALAM DIRI KOMUNIKAN DISEBUT DECODING.  BILA KOMUNIKAN MENGERTI ISI PESAN/PIKIRAN KOMUNIKATOR MAKA TERJADI KOMUNIKASI.

6  KOMUNIKATOR MENGOPER DENGAN BIBIR (LISAN) / TANGAN (TULISAN) SAMPAI DI TANGKAP KOMUNIKAN.  PENANGKAPAN DAPAT DILAKUKAN DENGAN TELINGA (LISAN) / MATA (TULISAN)  DALAM PERSPEKTIF INI PROSES KOMUNIKASI BERGANTUNG PADA SITUASI. BILA SATU ORANG MENJADI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI BILA KOMUNIKAN SEKELOMPOK ORANG MENJADI KOMUNIKASI KELOMPOK.

7  IA DAPAT DAN BENAR-BENAR MENGERTI PESAN KOMUNIKASI  PADA SAAT IA MENGAMBIL KEPUTUSAN, SADAR BAHWA KEPUTUSANNYA ITU SESUAI DENGAN TUJUANNYA  PADA SAAT MENGAMBIL KEPUTUSAN, SADAR BAHWA KEPUTUSANNYA BERSANGKUTAN DENGAN KEPENTINGAN PRIBADINYA.  MAU UNTUK MENEPATINYA BAIK SECARA MENTAL MAUPUN SECARA FISIK.

8 FAKTOR PADA KOMPONEN KOMUNIKAN • TIMING YANG TEPAT UNTUK SUATU PESAN • MENGGUNAKAN BAHASA YANG TEPAT AGAR PESAN DAPAT DIMENGERTI • SIKAP DAN NILAI YANG HARUS DI TAMPILKAN AGAR EFEKTIF • JENIS KELOMPOK DIMANA KOMUNIKASI AKAN DILAKSANAKAN

9 FAKTOR PADA KOMPONEN KOMUNIKAN • KEPERCAYAAN KEPADA KOMUNIKATOR (DITENTUKAN DARI KEAHLIANNYA DAN DAPAT ATAU TIDAKNYA IA DIPERCAYA) • KEPERCAYAAN KEPADA KOMUNIKATOR = PESAN YANG DI TERIMA DIANGGAP BENAR DAN SESUAI DENGAN KENYATAAN EMPIRIS (DAPAT DIBUKTIKAN)

10 FAKTOR PADA KOMPONEN KOMUNIKATOR • DAYA TARIK KOMUNIKATOR. • ADANYA KESAMAAN (IDEOLOGI DAN DEMOGRAFI) • FAKTOR PERASAAN YANG SAMA PADA KOMUNIKATOR DAN KOMUNIKAN (MENYAMAKAN DIRI) • MENYESUAIKAN KOMUNIKASI DENGAN THE IMAGE DARI KOMUNIKAN ( KEPENTINGANNYA,KEBUTUHANNYA, KESULITAN, DLL)


Download ppt "Nita Rimayanti, M.Comm.  Komunikasi mengacu pada tindakan oleh satu orang atau lebih yang mengirimkan pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise) terjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google