Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI KOMUNIKASI DALAM BISNIS.. Pendahuluan  Komunikasi ada dimana- dimana, dirumah, sekolah, dikampus, dikantor  Sekitar 75% seluruh waktu manusia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI KOMUNIKASI DALAM BISNIS.. Pendahuluan  Komunikasi ada dimana- dimana, dirumah, sekolah, dikampus, dikantor  Sekitar 75% seluruh waktu manusia."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI KOMUNIKASI DALAM BISNIS.

2 Pendahuluan  Komunikasi ada dimana- dimana, dirumah, sekolah, dikampus, dikantor  Sekitar 75% seluruh waktu manusia digunakan untuk berkomunikasi.  Manusia dilahirkan tidak dibekali dengan kemampuan berkomunikasi efektif.  Kemampuan berkomunikasi efektif bukan bawaan tetapi tetapi dipelajari.

3 .  Kemampuan komunikasi efektif akan memberikan menguntungkan dalam mencapai tujuan pribadi dan pekerjaan.  Siapapun orang dan apapun pekerjaannya, dia tidak bisa untuk tidak berkomunikasi

4 Beberapa Pendapat ttg Komunikasi  Komunikasi adalah pertukaran pesan (Curtis.et.al.1996)  Komunikasi adalah proses bertukar pikiran (Katz, 1994)  Komunikasi adalah berbagai pengalaman (Tubbs & Moss, 1996) Kesamaannya adalah bahwa dalam sebuah komunikasi terjadi pertukaran atau pemindahan dan adanya sesuatu yang dipertukarkan atau dipindahkan (yaitu informasi dan pesan)

5 Apa Alasan Orang Berkomunikasi? 1. Perlunya memberikan dan diberikan pesan (informasi) 2. Untuk mempengaruhi dan membantu orang lain 3. Pentingnya mengambil keputusan dan mengatasi masalah. 4. Agar dapat mengawasi dan mengatasi masalah

6 Komunikasi Bisnis  Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi.  Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal.

7  Komunikasi bisnis digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan.

8 Tiga Ketrampilan Penting dalam Komunikasi 1. Berbicara 2.Mendengarkan 3.Menulis Pada prinsipnya komunikasi mengacu pada tindakan, oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik.

9 Model Komunikasi Gangguan Pesan Umpan balik Sumber/ enkoder Penerima/ dekoder Sumber/ enkoder Penerima/ dekoder Umpan balik Pesan Saluran/ media Konteks (Lingkungan)

10 Bentuk Komunikasi  Dasar komunikasi yg lazim digunakan dlm dunia bisnis yaitu:  Komunikasi Verbal, merupakan bentukkomunikasi yg digunakan dlm dunia bisnis untk menyampaikan pesan kepada pihak lain baik secara tertulis maupun lisan.  Komunikasi Non Verbal, adalah komunikasi yg digunakan dgn mengerakan anggota tubuh, bahasa tubuh (body language) sbg alat untk berkomunikasi dengan orang lain.

11 Bentuk Komunikasi Verbal dalam Bisnis Menulis 9% Berbicara 30% Membaca 16% Mendengar 45%

12 Faktor-faktor Penghambatan Komunikasi 1. Faktor Media, Media disini menyangkut saluran dan alat komunikasi yang digunakan sehingga ketidaktepatan memilih media komunikasi (alat & saluran) komunikasi mudah menimbulkan kesalahpahaman. 2. Faktor Psikologi, antara lain emosi, persepsi dan penyaringan pelaku komunikasi.

13 3. Faktor Pendidikan, Tingkat pendidikan disini adalah tingkat pendidikan dari mereka yg melakukan komunikasi menyangkut penggunaan bahasa, istilah dll. 4. Faktor Budaya Menyangkut budaya dari perilaku komunikasi tersebut seperti bahasa, pola komunikasi, norma, kepercayaan yg sering menimbulkan kesalahan pahaman perilaku berkomunikasi. 5. Faktor Mendengarkan, dimaksudkan kemampuan mendengarkan dari mereka yg berkomunikasi.

14 Hambatan Dalam Proses Komunikasi 1. Hambatan Teknis  Hambatan ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.

15 2. Hambatan Semantik  Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.  Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yangdigunakannya.

16 3. Hambatan Manusiawi  Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.

17 Komunikasi yang Positif 1. Kejelasan (Clarity)  Pesan hendaknya disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan mudah diinterpretasikan serta memilik makna yang jelas. 2. Terbuka (Cpen) Pesan yang disampaikan dengan bahasa tubuh yang baik, sikap yang ramah sehingga orang makin terasa mendekati anda 3. Lengkap (Completeness) Suatu pesan atau informasi dapat dikatakan lengkap, bila berisi semua materi yang diperlukan agar penerima pesan dapat memberikan tanggapan yang sesuai dengan harapan pengirim pesan.

18 4. Singkat (Conciseness), Suatu pesan dikatakan concise bila dapat mengutarakan gagasannya dalam jumlah kata sekecil mungkin (singkat, padat tetapi jelas) tanpa mengurangi makna. 5. Memperbaharui (update), Penyampaian pesan, hendaknya menerapkan pada waktu yang tepat, tempat yang tepat, apa yang anda lakukan dan mengapa anda melakukannya. 6. Tidak bicara semua (Not all talk) Berlatih komunikasi dua arah. menggunakan prinsip ini: Anda memiliki dua telinga dan satu mulut, jadi gunakan mereka dalam rasio.

19 Bagaimana Memperbaiki Komunikasi 1. Persepsi2. Ketepatan3. Kredibilitas4. Pengendalian 5. Keharmonisan

20 Lanjutan  Persepsi Seorang komunikator yg cerdas dp memprediksi apakah pesan yg disampkan dp diterima atau tidak oleh komunikan. Bila prediksi tepat, audiens akan menerima dgn benar.  Ketepatan Secara umum, audiens mempunyai kerangka pikir yg jelas, agar komunikasi yg dilakukan mencapai sasaran seseorang perlu mengekspresikan sesuati dgn jelas sesuai degn kerangka pikir mereka.

21 Lanjutan  Kredibilitas Komunikasi yg disampaikan dapt dipercaya, akurat dan dapat diertanggungjawabkan.  Pengendalian Komunikasi yg disampikan akan ditanggapi oleh audien sehingga komunikanikator perlu mengendalikan audiens.  Keharmonisan Komunikator yg baik selalu menjaga hubungan baik dengan audiens sehingga komunikasi berjalan lancar.

22 Cara Mengelola Komunikasi yang Efektif  Komunikasi yang efektif dapat mengatasi berbagai hambatan yang dihadapi dengan memperhatikan tiga hal sebagai berikut: 1. Membuat satu pesan secara lebih berhati-hati 2. Minimalkan gangguan dalam proses komunikasi 3. Mempermudah upaya umpan balik antara sipengirim dan si penerima pesan

23 Keberhasilan Komunikasi Bisnis 1. Kesamaan pemahaman antara-orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi. 2.Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi (tempat dan waktu) komunikasi. 3.Secara empiris, pemahaman orang perihal sesuatu hal akan lebih mudah diserap dan dipahami jika sesuatu tersebut diperlihatkan dibanding hanya diperdengarkan atau dibacakan

24 TERIMA KASIH.


Download ppt "FUNGSI KOMUNIKASI DALAM BISNIS.. Pendahuluan  Komunikasi ada dimana- dimana, dirumah, sekolah, dikampus, dikantor  Sekitar 75% seluruh waktu manusia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google