Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Proses Komunikasi Sumber Curtis, Dan B. et.al. (2000). Komunikasi Bisnis dan Profesional. Bandung: Rosdakarya. Bab 1 Senjaja, Sasa Djuarsa, et.al. (1999).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Proses Komunikasi Sumber Curtis, Dan B. et.al. (2000). Komunikasi Bisnis dan Profesional. Bandung: Rosdakarya. Bab 1 Senjaja, Sasa Djuarsa, et.al. (1999)."— Transcript presentasi:

1 Proses Komunikasi Sumber Curtis, Dan B. et.al. (2000). Komunikasi Bisnis dan Profesional. Bandung: Rosdakarya. Bab 1 Senjaja, Sasa Djuarsa, et.al. (1999). Pengantar Komunikasi. Modul. Universitas Terbuka. Halaman Tujuan Instruksional : 1. Memahami dasar-dasar proses komunikasi 2. Memahami tingkatan proses komunikasi 3. Memahami komponen komunikasi 4. Memahami prinsip dasar komunikasi.

2 Kemampuan Berkomunikasi Adalah keberhasilan seseorang dalam mengirim pesan-pesan secara jelas, manusiawi, dan efisien Kemampuan ini dimanifestasikan melalui penerimaan pesan-pesan yang dikirimkan secara akurat Mengacu pada pemahaman seseorang terhadap aspek sosial situasi komunikasi (konteks)

3 Komponen Komunikasi Sumber dan Penerima Pesan Penyandian dan Penguraian Sandi Umpan Balik dan Umpan Depan Saluran Konteks Gangguan Lihat bagan Proses Komunikasi!

4 SumberPenerima Pesan saluranencodingdecoding Umpan depan Umpan balik Gangguan : fisik, psikologis, semantik Konteks : dimensi2 fisik, sosio-psikologis, temporal Proses Komunikasi Sumber: Curtis, et.al. (1992)

5 Istilah Encoding : pemberian kode terhadap pesan (kata-kata, simbol) Decoding : interpretasi dan pemahaman pesan yang diterima Konteks : berkaitan dengan situasi Gangguan fisik : lingkungan, peralatan psikologis : perbedaan nilai, sikap, status semantik : bahasa, kata-kata

6 Prinsip Dasar Komunikasi Komunikasi tidak mungkin dihindari Sebagian besar komunikasi adalah non-verbal Konteks mempengaruhi komunikasi Arti pesan terdapat pada orang-orang, bukan dalam kata- kata (masalah persepsi) Komunikasi tidak dapat diubah Gangguan mempengaruhi komunikasi Komunikasi adalah sirkuler (orang mengirim dan menerima komunikasi secara serempak) Penting menciptakan dasar permufakatan (kesamaan memaknai simbol) Komunikasi memiliki efek (tindakan komunikasi selalu ada efek : aksi – reaksi)

7 Tingkatan Proses Komunikasi Sedikit kasus Banyak kasus Kom dgn masy luas Komunikasi organisasi Komunikasi Antar kelompok Komunikasi dalam kelompok Komunikasi antarpribadi Komunikasi intrapribadi

8 Komunikasi intrapribadi: terjadi dalam diri seseorang, berupa proses pengolahan infromasi melalui panca indera dan sistem syaraf. Misal: berpikir, merenung dll. Komunikasi antar pribadi: komunikasi langsung antara seseorang dengan orang lain (satu atau lebih). Informasi yang disampaikan hanya ditujukan untuk kepentingan rpibadi para pelaku yang terlibat Komunikasi dalam kelompok: tiap individu yang terlibat berkomunikasi sesuai dengan peran dan kedudukannya dalam kelompok, informasinya menyangkut kepentingan seluruh anggota kelompok Pengertian

9 Komunikasi antara kelompok: terjadi antar kelompok. Pelaku yang terlibat bisa hanya 2 orang atau lebih tetapi mereka yang terlibat dalam komunikasi mewakili kelompok masing2. Pesan yang disampaikan menyangkut kepentingan kelompok Komunikasi organisasi: kegiatan komunikasi dalam organisasi dan antar-organisasi. Sifatnya fomral dan mengutamakan prinsip efisiensi dalam kegiatan komunikasinya Komunikasi dengan masyarakat secara luas : komunikasi massa, bisa melalui media massa ataupun langsung Pengertian


Download ppt "Proses Komunikasi Sumber Curtis, Dan B. et.al. (2000). Komunikasi Bisnis dan Profesional. Bandung: Rosdakarya. Bab 1 Senjaja, Sasa Djuarsa, et.al. (1999)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google