Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Week 6. Seeing is Believing Kebenaran dalam seni dan design bukan merupakan sesuatu yg pasti, tapi lebih merupakan kesimpulan yg diambil oleh personal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Week 6. Seeing is Believing Kebenaran dalam seni dan design bukan merupakan sesuatu yg pasti, tapi lebih merupakan kesimpulan yg diambil oleh personal."— Transcript presentasi:

1 week 6

2 Seeing is Believing Kebenaran dalam seni dan design bukan merupakan sesuatu yg pasti, tapi lebih merupakan kesimpulan yg diambil oleh personal dan masyarakat ambil dari sebuah data visual.

3 Desain graphic bukan hanya sekedar mendesain sebuah tampilan luar. Lebih pada isi dan kosepnya yang dapat mempengruhi seseorang. Pengaruh yg dihasilkan berbeda- beda sesuai dgn pola pikir masing2 orng, ini merupakan bagian dr persepsi.

4

5 Merk Merk adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain atau kombinasi keseluruhannya yang ditujukan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan sekaligus sebagai diferensiasi produk (Kotler & Amstrong)

6

7 Kepercayan terhadap merk didasari pada:  Persepsi konsumen terhadap manfaat dan kelebihan yang dapat diberikan produk  Persepsi konsumen terhadap reputasi merk

8 Iklan (advertising) Iklan adalah suatu bentuk komunikasi massal yang dirancang untuk mempromosikan pemasaran suatu produk barang maupun jasa.

9 Those who believe ‘advertising is information assume the consumer initially buys the product based on the information supplied advertisements.

10

11 PERGESERAN FUNGSI IKLAN  Iklan tidak hanya sekedar bertujuan menawarkan dan mempengaruhi calon konsumen untuk membeli suatu produk. Akan tetapi lebih dari itu, iklan turut berpengaruh dalam membentuk system nilai, gaya hidup maupun selera budaya tertentu.

12

13 Efek psikologi yg diinginkan dari sebuah iklan  Attract attention Iklan yang baik harus bisa menarik perhatian konsumen. Bisa melalui gambar yang ditampilkan, tag line yg dipakai hingga penataan keseluruhan.  Communicated a message Dapat menyampaikan pesan dan informasi yg dikandung.  Persuade an audience Mempengaruhi penerima untuk melakukan apa yg diharapkan oleh pembuat iklan.

14

15 Interpretasi Interpretasi merupakan tahap dimana konsumen memberi makna pada stimulus yg diterimanya. Merupakan tahap yang krusial karena pada tahapan ini terjadi berbagai variasi antara satu konsumen dengan konsumen lainnya.

16

17 Interpetrasi secara tdk sadar dipengaruhi 3 prinsip  Prinsip kedekatan konsumen cenderung menerima informasi yang tidak sempurna, untuk kemudian disempurnakan sendiri dengan data yang sudah ada.  Prinsip kesamaan Konsumen cenderung mengelompokkan beberapa stimulus/objek yg memiliki karakteristik sama  Prinsip figur Terjadi saat konsumen memfokuskan diri pada satu atau beberapa stimulus saja. Sedang yang lainnya hanya dianggap sebagai background.

18

19 Persepsi dan keputusan membeli  Resiko keuangan  Resiko kinerja  Resiko fisik  Resiko psikologis  Resiko sosial  Resiko waktu  Resiko kesempatan (opportunity loss)

20 Persepsi dalam strategi pemasaran  Strategi dalam media Media apa yg tepat untuk digunakan sehingga bisa menjangkau target audience yg dituju  Strategi dalam retail Pengaturan tempat pemasaran, posisi dan strategi penjualanyg tepat  Strategi dalam desain dan kemasan Merupakan daya tarik pertama yang diterima oleh konsumen

21 Proses pembelajaran dalam strategi pemasaran Iklan Rasa suka Informasi Keinginan mencoba

22 Proses pembelajaran lanjutan Stimulus Konsumsi/ trial PembuktianRespon

23 Sekilas tentang bagian-bagian dari biro iklan  Riset  Media buying  Bagian kreatif  Bagian produksi

24

25 Model Komunikasi

26 Semua aktivitas komunikasi melibatkan delapan elemen sebagai berikut 1. sumber (source) 2. penerjemahan (encoding) 3. pesan (message) 4. saluran penyampaian (message chanel) 5. penerima (receiver) 6. interpretasi (interpretation) 7. gangguan (noice) 8. umpan balik (feed back)

27 Iklan ini memiliki sinergi yang kuat antara endorser dan tipe produk

28 Efek Penidur (Sleeper Effect) Pengaruh kredibilitas yang positif dan negatif cenderung lenyap setelah beberapa waktu (sekitar 6 minggu)

29 Audiens (Penerima Pesan)  Pengalaman pribadi dan karakteristik pribadi mereka  Tingkat keterlibatan seseorang memainkan peran penting dalam menentukan seberapa besar perhatian yang diberikan terhadap pesan dan seberapa teliti pesan itu diuraikan  Suasana hati  Hambatan komunikasi : - perspeksi selektif - kegaduhan psikologis

30 Umpan Balik – Tanggapan Penerima Pesan  Hal yang paling penting dalam komunikasi pemasaran adalah tanggapan penerima karena dengan ini pengirim dapat menentukan apakah dan seberapa baik pesan telah diterima.  Penting sekali bagi pengirim untuk mengetahui umpan balik sesegera dan seakurat mungkin

31 Riset Keefektifan Iklan  Penghitungan terpaan media dan pesan Jumlah konsumen yang diterpa pesan Konsumen yang mana yang menerima pesan  Perhitungan dan interpretasi pada pesan Theater tests Survei pembaca Pengukuran sikap  Pengukuran ingatan terhadap pesan

32 Merancang Komunikasi Yang Persuasif  Strategi Komunikasi Harus menentukan tujuan Pertimbangkan persepsi, pengalaman dan memori audiens  Target Audiens Kuncinya adalah segmentasi  Strategi Media Profil konsumen Profil audiens  Strategy Pesan


Download ppt "Week 6. Seeing is Believing Kebenaran dalam seni dan design bukan merupakan sesuatu yg pasti, tapi lebih merupakan kesimpulan yg diambil oleh personal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google