Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modern&postmo - joice cs1 MODERN DAN POSMODERN. modern&postmo - joice cs2 PROGRAM MODERNISASI Program modernisasi di Indonesia, awalnya dilakukan oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modern&postmo - joice cs1 MODERN DAN POSMODERN. modern&postmo - joice cs2 PROGRAM MODERNISASI Program modernisasi di Indonesia, awalnya dilakukan oleh."— Transcript presentasi:

1 modern&postmo - joice cs1 MODERN DAN POSMODERN

2 modern&postmo - joice cs2 PROGRAM MODERNISASI Program modernisasi di Indonesia, awalnya dilakukan oleh pemerintah kolonial. Kemudian dilanjutkan oleh pemerintah baru di era kemerdekaan, serta berbagai program pembangunan sebagai konsekuensi tuntutan peradaban masyarakat dunia.

3 modern&postmo - joice cs3 PROGRAM MODERNISASI Desain, dapat dikatakan ‘modern’ jika lahir dari pemikiran modern dan tumbuh di lingkungan masyarakat modern. Indikasi modernisasi secara umum, melihat dan membandingkan masyarakat industri Barat dengan masyarakat negara berkembang yang masih tradisional.

4 modern&postmo - joice cs4 PROGRAM MODERNISASI Desain modern di Indonesia, dikaji dari sisi mentalitas yang menyertai karya desain, dapat dikategorikan atas tiga kelompok besar: Pertama, karya desain yang diciptakan sebagai tuntutan masyarakat yang berpikiran modern, baik secara mentalitas maupun tindakannya.

5 modern&postmo - joice cs5 PROGRAM MODERNISASI Kedua, karya desain yang mengadaptasi dan menggunakan berbagai unsur kebudayaan Barat yang telah modern, tanpa harus ‘menjadi Barat’ atau berciri Barat. Ketiga, karya desain yang semata-mata meniru gaya orang barat tanpa diimbangi oleh proses berpikir dan mentalitas modern.

6 modern&postmo - joice cs6 PROGRAM MODERNISASI Dilihat dari sisi fisik, desain modern dapat dikelompokkan atas tiga kategori:  Barang konsumen  Kerajinan  Benda eksklusif yang dirancang oleh desainer terkenal.

7 modern&postmo - joice cs7 PROGRAM MODERNISASI Dilihat dari gejalanya, ada empat tema besar desain modern:  Konteks ekonomi pada saat desain dibuat;  Penggunaan teknologi baru yang memungkinkan desainer bermain dengan bentuk;  Hubungan antara produksi,konsumsi, dan kepuasan pribadi;  Kebutuhan masyarakat dengan berbagai perubahannya.

8 modern&postmo - joice cs8 DESAIN MODERN DI INDONESIA Kajian perkembangan desain modern di Indonesia, dapat didasarkan pada:  Objek desain;  Aspek sosial;  Aspek desainer;  Aspek pendidikan.

9 modern&postmo - joice cs9 DESAIN MODERN DI INDONESIA Empat konteks perkembangan pengertian desain di Indonesia:  Desain dalam lingkup gambar;  Desain dalam lingkup gaya seni;  Desain dalam lingkup seni rupa;  Desain dalam lingkup keteknikan. Aspek sosial yang mempengaruhi meliputi: perilaku dan pola pikir masyarakat, politik, dan kebudayaan.

10 modern&postmo - joice cs10 DESAIN MODERN DI INDONESIA Perkembangan DKV (Desain Grafis, memperlihatkan kemajuan teknik maupun tampilan yang lebih modern pada awal abad ke-20, tampak pada ilustrasi, huruf, dan komposisinya. Perkembangan DKV dipengaruhi oleh teknologi dan aspek komunikasi rupa yang ingin dicapai.

11 modern&postmo - joice cs11 POSMODERN Posmodern muncul setelah era modern. Posmodern dianggap merupakan gerakan yang mengarah pada jaman pascaindustri (masih ambigu). Posmodern menekankan pelbagai bentuk identitas individu dan sosial yang berbeda- beda.

12 modern&postmo - joice cs12 POSMODERN Pada posmodern terdapat:  Penekanan pada demokrasi yang pluralistik dan terbuka.  Kesadaran pada faktor kebetulan dan ambivalensi.  Konsumerisme universal.  Prinsip kesenangan.

13 modern&postmo - joice cs13 POSMODERN Beberapa aspek sentral yang diasosiasikan dengan posmodernisme dalam seni antara lain:  Penghapusan batas antara seni dan kehidupan sehari-hari.  Ambruknya pembedaan hierarkis antara kebudayaan populer dan kebudayaan elite.  Ekletisisme stilistik.  Pencampuran kode.

14 modern&postmo - joice cs14 POSMODERN Kondisi posmodern erat kaitannya dengan masalah komunikasi dan sibernetik, komputer dan bahasanya, persoalan penerjamahan, penyimpangan informasi, dan bank data. Miniaturisasi dan komersialisasi mesin telah mengubah cara memperoleh, klasifikasi, penciptaan, dan eksploitasi pengetahuan.

15 modern&postmo - joice cs15 POSMODERN Pada era posmodern, pengetahuan yang terkomputasi menjadi kekuatan produksi utama. Pengetahuan akan mejadi komponen utama perebutan kekuasaan di seluruh dunia, dan mungkin saja, kelak negara-negara bangsa akan saling berperang untuk mendapatkan penguasaan atas informasi. Sumber daya kapasitas produktif negara-negara maju akan semakin kuat, dan kesenjangan antara negara maju dan berkembang akan semakin lebar.

16 modern&postmo - joice cs16 POSMODERN Epilog. Bagaimana perkembangan DKV dalam posmodern?


Download ppt "Modern&postmo - joice cs1 MODERN DAN POSMODERN. modern&postmo - joice cs2 PROGRAM MODERNISASI Program modernisasi di Indonesia, awalnya dilakukan oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google