Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sikap_joice cs1 Teori Sikap berdasarkan penelitian Nancy C.M. Hartsock  Dasar Sejarah  Asumsi  Konsep Penting  Hubungan dengan Komunikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sikap_joice cs1 Teori Sikap berdasarkan penelitian Nancy C.M. Hartsock  Dasar Sejarah  Asumsi  Konsep Penting  Hubungan dengan Komunikasi."— Transcript presentasi:

1 sikap_joice cs1 Teori Sikap berdasarkan penelitian Nancy C.M. Hartsock  Dasar Sejarah  Asumsi  Konsep Penting  Hubungan dengan Komunikasi

2 sikap_joice cs2 Sekilas Teori Orang-orang berada dalam lokasi sosial khusus; mereka menduduki tempat-tempat yang berbeda dalam hierarki sosial berdasarkan keanggotaan mereka di dalam kelompok sosial (miskin, kaya, pria, wanita, pribumi, Tionghoa, Indo-Bule, tidak berpendidikan, berpendidikan, dan seterusnya). Karena adanya lokasi sosial ini, individu- individu memandang situasi sosial dari sudut pandang tertentu.

3 sikap_joice cs3 Sekilas Teori Sudut pandang tersebut membentuk oposisi terhadap mereka yan berkuasa, menentang definisi sosial yang diberikan kepada mereka oleh mereka yang berkuasa, dan ini menjadi hal yang disebut sikap. Tidak ada sikap yang memungkinkan seseorang untuk memandang keseluruhan situasi sosial secara utuh – semua sikap bersifat parsial – tetapi orang yang berasal dari kelompok bawah pada hierarki sosial tidak melihat lebih dari posisi mereka sendiri.

4 sikap_joice cs4 Sekilas Teori Standpoint Theory: memberikan kerangka untuk memahami sistem kekuasaan. Teori ini mengklaim bahwa pengalaman, pengetahuan, dan perilaku komunikasi orang dibentuk sebagian besarnya oleh kelompok sosial di mana mereka tergabung (standpoint).

5 sikap_joice cs5 Asumsi Kehidupan material (atau posisi kelas) menyusun dan membatasi pemahaman akan hubungan sosial. Ketika kehidupan material distrukturkan dalam dua cara yang berlawanan untuk dua kelompok yang berbeda, pemahaman yang satu akan menjadi kebalikan dari yang satunya. Ketika terdapat kelompok dominan kelas bawahan, dan pemahaman dari kelompok yang dominan akan bersifat parsial dan merugikan.

6 sikap_joice cs6 Asumsi Visi dari kelompok yang berkuasa menyusun hubungan material di mana semua kelompok dipaksa berpartisipasi. Visi yang ada bagi kelompok yang tertindas merepresentasikan pergulatan dan prestasi. Potensi pemahaman dari mereka yang tertindas (sikap) membuat dapat dilihatnya ketidakmanusiawian dari hubungan yang ada di antara kelompok dan menggerakkan kita menuju dunia yang lebih baik dan lebih adil.

7 sikap_joice cs7 Asumsi (epistemologi dan ontologi) Semua pengetahuan adalah produk dari kegiata sosial, dan karenanya tidak ada pengetahuan yang dapat benar-benar objektif. Kondisi budaya yang “secara khusus melingkupi kehidupan wanita menghasilkan pengalaman dan pemahaman yang secara rutin berbeda dari yang dihasilkan oleh kondisi bingkai kehidupan pria”. Pemahaman yang berbeda ini sering kali menghasilkan pola komunikasi yang unik.

8 sikap_joice cs8 Asumsi (epistemologi dan ontologi) Memahami fitur-fitur unik dari pengalaman wanita merupakan usaha yang layak dilakukan. Kita hanya dapat mengetahui pengalaman wanita dengan memperhatikan interpretasi wanita mengenai pengalaman ini.

9 sikap_joice cs9 Konsep Penting Sikap (standpoint) adalah lokasi, yang dimiliki bersama oleh kelompok yang mengalami status sebagai orang luar; di dalam sebuah struktur sosial, yang memberikan sejenis pemahaman bagi pengalaman orang yang telah dijalani. Sikap bersifat parsial (partial) atau tidak lengkap; kesadaran bahwa tidak seorang pun memiliki pandangan yang utuh dari sebuah hierarki sosial. Orang luar di dalam (outsider within) yaitu seseorang yang biasanya berada di dalam posisi sosial yang termarginalkan yang telah mendapatkan akses ke sebuah lokasi yang lebih istimewa. Akurasi (accuration) merujuk pada kemampuan untuk melewati batasan-batasan visi parsial dan melihat melampaui lokasi sosial tertentu seseorang.

10 sikap_joice cs10 Konsep Penting Pengetahuan Tersituasi (situated knowledge) adalah pengetahuan setiap orang didasrakn pada konteks dan keadaan. Pembagian Pekerjaan Berdasarkan Jenis Kelamin (sexual division of labor): alokasi pekerjaan yang didasarkan pada jenis pekerjaan.

11 sikap_joice cs11 Hubungan dengan Komunikasi Standpoint Theory telah menjadi populer di kalangan peneliti komunikasi, karena teori ini mengedepankan hubungan yang resiprokal dengan perilaku komunikasi dan sikap. Mereka yang memiliki sikap sama juga akan memiliki gaya dan prakatik komunikasi tertentu yang juga mirip. Standpoint Theory mengilustrasikan kesentralan komunikasi sebagai pembentuk dan penyaluran sikap.

12 sikap_joice cs12 Kritik Kegunaan: kritik lebih berkisar pada esensialisme, dan banyak yang elah ditulis mengenai hal ini.


Download ppt "Sikap_joice cs1 Teori Sikap berdasarkan penelitian Nancy C.M. Hartsock  Dasar Sejarah  Asumsi  Konsep Penting  Hubungan dengan Komunikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google