Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul ke: Fakultas Program Studi GREEN dan GREENING IT Dr. Ir. Eliyani 14 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul ke: Fakultas Program Studi GREEN dan GREENING IT Dr. Ir. Eliyani 14 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."— Transcript presentasi:

1 Modul ke: Fakultas Program Studi GREEN dan GREENING IT Dr. Ir. Eliyani 14 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika

2 KERANJINGAN IT Yang Penting Harga Pulsa Jangan Naik

3 Impor handphone dan Komputer 2012 US$ 2,4 M JAKARTA - Impor telepon genggam (handphone/HP), komputer tablet, dan komputer genggam mencapai US$ 2,41 miliar (Rp 23,33 triliun) pada Januari-Oktober 2012."Angka itu naik 17,75% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya US$ 2,05 miliar (Rp 19,51 triliun). Pertumbuhan dipicu tingginya permintaan di dalam negeri.

4 Bahkan diimpor dari Meksiko Pasokan HP terbesar datang dari Tiongkok senilai US$ 993,36 juta, atau berkontribusi 45,14% dari total impor HP. "Impor telepon genggam juga datang dari Meksiko sebesar US$ 295,52 juta,Vietnam US$ 269,95 juta, Taiwan US$ 195,78 juta, dan India US$ 149,38 juta,"kata Bachrul di Jakarta, akhir pekan lalu. Impor cukup besar pun terjadi pada produk komputer tablet mencapai US$ 181,98 juta pada Januari-Oktober Angka ini hampir naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya masih US$ 98,66 juta. Negara seperti Vietnam dan Tiongkok masih mendominasi sebagai pemasok, dengan nilai masing-masing US$ 91,42 juta dan US$ 70,3 juta.

5 No Mistake then Tidak ada yang salah dengan ini semua, jika saja kita tidak menjadi “boros” akibat keranjingan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perkembangan teknologi ini yang demikian pesat, terlihat dari cepatnya penambahan fitur maupun kecanggihan yang lain, membuat orang cenderung berkeinginan memiliki perangkat yang baru. Pada kurun waktu 2009 – 2012 berdasarkan data KSO Sucofindo seperti dikutip dari sebuah situs, jumlah ponsel yang diimpor mencapai lebih dari 165 juta unit. Untuk belanja ponsel sejumlah ini, devisa harus melayang ke negara lain mencapai lebih dari tujuh setengah milyar dollar. Konsumtif sekali. Jika saja produksi gadget ini ada di Indonesia.

6 SAVE THE PLANET GREEN dan GREENING IT

7 KURANGI LIMBAH KOMPUTER

8 GREENING IT

9 Manusiakan Manusia Ada satu kutipan dari Pahlawan Nasional Bangsa kita, Sam Ratulangi: "Si tou timou tumou tou" manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia. Memanusiakan manusia, termasuk di dalamnya adalah meninggalkan bekal yang cukup untuk anak cucu kita, generasi mendatang, untuk segala makhluk hidup yang pernah ada saat ini. Terbayangkah berapa banyak lagi hutan harus dihabiskan untuk mengambil batu bara dan sumber energi tidak terbarukan di bawahnya untuk membuat kita bersenang- senang berselancar di dunia maya?

10 BACAAN Eliyani Yang Penting Pulsa Tidak Naik. Media Indonesia. Eliyani, Ryanto, Ilma Rachmat, Ilma Akrimatunnisa PROSES DAUR ULANG LIMBAH KOMPUTER MENJADI EMAS SECARA SEDERHANA. PROSIDING SINAPTIKA. UMB. Arensman, R Electronic Business 26/12 (Nov 2000): Arensman, R. Electronic Business 26/12 DeWinter, C.K The Dangers of Computer Equipment. Available at: DeWinter Environmental Peotection Agency FACT SHEET: MANAGEMENT OF ELECTRONIC WASTE IN THE UNITED STATES. Available at: 08.pdfwww.epa.gov/osw/conserve/materials/ecycling/docs/fact7-08.pdf Lepawsky, J. & McNabb, C Mapping international flows of electronic waste. The Canadian Geographer / Le G´eographe canadien 00, no 0 (2009) 1–19. Vitello, C Computer crash: consumers and retailers are surfing the 'net and looking to countries like the Netherlands for a solution to recycle or reuse old computer equipment. Natural Life (Jan/Feb 2003). Vitello, CNatural Life

11 Terima Kasih YA Allah, tambahkanlah aku ilmu dan kepahaman.. AAMIIN


Download ppt "Modul ke: Fakultas Program Studi GREEN dan GREENING IT Dr. Ir. Eliyani 14 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google