Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PARTAI POLITIK PARTAI POLITIK & PEMILU PARPOL = ORGANISASI KEPENTINGAN YANG TERLEMBAGAKAN DAN PERMANEN DALAM MEMPERJUANGKAN ASPIRASI RAKYAT. PEMILU MERUPAKAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PARTAI POLITIK PARTAI POLITIK & PEMILU PARPOL = ORGANISASI KEPENTINGAN YANG TERLEMBAGAKAN DAN PERMANEN DALAM MEMPERJUANGKAN ASPIRASI RAKYAT. PEMILU MERUPAKAN."— Transcript presentasi:

1

2 PARTAI POLITIK

3 PARTAI POLITIK & PEMILU PARPOL = ORGANISASI KEPENTINGAN YANG TERLEMBAGAKAN DAN PERMANEN DALAM MEMPERJUANGKAN ASPIRASI RAKYAT. PEMILU MERUPAKAN SARANA DEMOKRASI LANGSUNG DALAM MENYALURKAN KEPENTINGAN PUBLIK

4 DEFINISI PARTAI POLITIK 1.CARL J. FRIEDRICH 2. R.H. SOULTAU 3. SIGMUND NEUMAN 4. J. BLONDEL 5. EDMUND BURKE UNDANG-UNDANG NO. 2 TAHUN 2008 PASAL 1 Partai politik = “suatu organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk oleh sekelompok WNI secara sukarela, atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara serta memelihara keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUDNRI Tahun UNDANG-UNDANG NO. 2 TAHUN 2008 PASAL 1 Partai politik = “suatu organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk oleh sekelompok WNI secara sukarela, atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara serta memelihara keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUDNRI Tahun 1945.

5 Partai politik Kelompok kepentingan

6 TUJUAN PARTAI POLITIK TUJUAN PARTAI POLITIK TUJUAN UMUM = (a) mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pemvbukaan UUDNRI 45; (b) menjaga dan memelihara keutuhan NKRI; (c) mengembangkan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam NKRI; (d) mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. TUJUAN KHUSUS = (a) meningkatkan partisipasi politik anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik dan pemerintahan; (b) memperjuangkan cita-cita partai politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; (c) membangun etika dan budaya politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. TUJUAN UMUM = (a) mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pemvbukaan UUDNRI 45; (b) menjaga dan memelihara keutuhan NKRI; (c) mengembangkan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam NKRI; (d) mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. TUJUAN KHUSUS = (a) meningkatkan partisipasi politik anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik dan pemerintahan; (b) memperjuangkan cita-cita partai politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; (c) membangun etika dan budaya politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

7  Partai politik berfungsi sebagai sarana pendidikan politik rakyat;  Partai politik berfungsi sebagai sarana sosialisasi politik;  Partai politik berfungsi sebagai sarana partisipasi politik;  Partai politik berfungsi sebagai sarana rekruitmen politik;  Partai politik berfungsi sebagai agregasi dan artikulasi kepentingan masyarakat;  Partai politik berfungsi sebagai sarana komunikasi politik;  Partai politik berfungsi sebagai sarana pengendalianm konflik;  Partai politik berfungsi sebagai sarana kontrol politik;  Partai politik berfungsi sebagai sarana pendidikan politik rakyat;  Partai politik berfungsi sebagai sarana sosialisasi politik;  Partai politik berfungsi sebagai sarana partisipasi politik;  Partai politik berfungsi sebagai sarana rekruitmen politik;  Partai politik berfungsi sebagai agregasi dan artikulasi kepentingan masyarakat;  Partai politik berfungsi sebagai sarana komunikasi politik;  Partai politik berfungsi sebagai sarana pengendalianm konflik;  Partai politik berfungsi sebagai sarana kontrol politik; FUNGSI PARTAI POLITIK

8 Mengapa ini terjadi ?

9 MENGAPA IA MUNCUL ?

10 COBA ANALISA TIPOLOGI PARTAI POLITIK YANG ADA DI NEGARA KITA!

11 1.ASAS DAN ORIENTASI = partai politik pragmatis, partai politik doktriner, dan partai politik kepentingan. 2.KOMPOSISI DAN FUNGSI ANGGOTA = partai politik massa/lindungan dan partai politik kader. 3.BASIS SOSIAL DAN TUJUAN = a.Partai politik yang anggotanya berasal dari lapisan sosial dalam masyarakat (kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah). b.Partai politik yang anggotanya berasal dari kalangan kepentingan tertentu (petani, buruh, dan pengusaha). c.Partai politik yang anggotanya berasal dari pemeluk agama tertentu; d.Partai politik yang anggotanya berasal dari kelompok budaya tertentu. 1.ASAS DAN ORIENTASI = partai politik pragmatis, partai politik doktriner, dan partai politik kepentingan. 2.KOMPOSISI DAN FUNGSI ANGGOTA = partai politik massa/lindungan dan partai politik kader. 3.BASIS SOSIAL DAN TUJUAN = a.Partai politik yang anggotanya berasal dari lapisan sosial dalam masyarakat (kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah). b.Partai politik yang anggotanya berasal dari kalangan kepentingan tertentu (petani, buruh, dan pengusaha). c.Partai politik yang anggotanya berasal dari pemeluk agama tertentu; d.Partai politik yang anggotanya berasal dari kelompok budaya tertentu. TIPOLOGI PARTAI POLITIK

12 TERIMA KASIH by : LENI ANGGRAENI, S.PD., M.PD


Download ppt "PARTAI POLITIK PARTAI POLITIK & PEMILU PARPOL = ORGANISASI KEPENTINGAN YANG TERLEMBAGAKAN DAN PERMANEN DALAM MEMPERJUANGKAN ASPIRASI RAKYAT. PEMILU MERUPAKAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google