Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 DANA PENSIUN Thomas andrian. 2 1. Pengertian “Badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun bagi pesertanya” “Badan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 DANA PENSIUN Thomas andrian. 2 1. Pengertian “Badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun bagi pesertanya” “Badan."— Transcript presentasi:

1 1 DANA PENSIUN Thomas andrian

2 2 1. Pengertian “Badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun bagi pesertanya” “Badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun bagi pesertanya”

3 3 2. Tujuan Bagi Pemberi Kerja Bagi Pemberi Kerja 1. Kewajiban Moral 2. Loyalitas 3. Kompetisi Pasar Tenaga Kerja

4 4 Lanjutan Bagi Karyawan Bagi Karyawan 1. Rasa Aman terhadap Masa yang Akan Datang 2. Kompensasi yang Lebih Baik

5 5 Lanjutan Bagi Lembaga Pengelola Dana Pensiun Bagi Lembaga Pengelola Dana Pensiun 1. Memperoleh keuntungan dengan berinvestasi 2. Turut membantu dan mendukung program pemerintah

6 6 4. Peserta dan Usia Pensiun Peserta Peserta Usia peserta 18 tahun/telah kawin Usia peserta 18 tahun/telah kawin Masa kerja 1 tahun pada pendiri atau mitra pendiri Masa kerja 1 tahun pada pendiri atau mitra pendiri Usia Pensiun Usia Pensiun a. Pensiun Normal (normal retirement) a. Pensiun Normal (normal retirement) b. Pensiun Dipercepat (early retirement) c. Pensiun Ditunda (deferred retirement) d. Pensiun Cacat

7 7 5. Jenis Kelembagaan Dana Pensiun Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) Dana pensiun yang dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selaku pendiri untuk menyelenggarakan program pensiun manfaat pasti dan program pensiun iuran pasti bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawan sebagai peserta, dan yang menimbulkan kewajiban terhadap pemberi kerja. Dana Pensiun Lembaga Keuangan Dana Pensiun Lembaga Keuangan Dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa, untuk menyelenggarakan program pensiun iuran pasti bagi perorangan baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari dana pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi yang bersangkutan

8 8 6. Program Pensiun Program Pensiun Iuran Pasti Program Pensiun Iuran Pasti “Program pensiun yang iurannya ditetapkan dalam peraturan dana pensiun dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing peserta sebagai manfaat pensiun”(iuran ditanggung oleh perusahaan dan karyawan) “Program pensiun yang iurannya ditetapkan dalam peraturan dana pensiun dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing peserta sebagai manfaat pensiun”(iuran ditanggung oleh perusahaan dan karyawan)

9 9 Lanjutan Rumus perhitungan PPIP sekaligus : Rumus perhitungan PPIP sekaligus : IP = 3 x FPd x PDP Rumus perhitungan PPIP bulanan : Rumus perhitungan PPIP bulanan : IP = 3 x FPe x PDP Keterangan : Keterangan : IP : Iuran Pensiun IP : Iuran Pensiun FPd : Faktor penghargaan per tahun dalam desimal FPd : Faktor penghargaan per tahun dalam desimal FPe: faktor penghargaan per tahun dalam persentase FPe: faktor penghargaan per tahun dalam persentase PDP: Penghasilan dasar pensiun per tahun PDP: Penghasilan dasar pensiun per tahun

10 10 Lanjutan Program Pensiun Manfaat Pasti Program Pensiun Manfaat Pasti Program pensiun yang manfaatnya ditetapkan dalam peraturan dana pensiun atau program pensiun lain yang bukan merupakan program pensiun iuran pasti”(iuran merupakan beban karyawan yang dipotong dari gaji) Program pensiun yang manfaatnya ditetapkan dalam peraturan dana pensiun atau program pensiun lain yang bukan merupakan program pensiun iuran pasti”(iuran merupakan beban karyawan yang dipotong dari gaji) Rumus perhitungan PPMP sekaligus : Rumus perhitungan PPMP sekaligus : MP = FPd x MK x PDP Rumus perhitungan PPMP bulanan : Rumus perhitungan PPMP bulanan : MP = FPe x MK x PDP Keterangan : Keterangan : MP: Manfaat pensiun MP: Manfaat pensiun FPd: Faktor penghargaan dalam desimal FPd: Faktor penghargaan dalam desimal FPe: faktor penghargaan per tahun dalam persentase FPe: faktor penghargaan per tahun dalam persentase MK: Masa kerja MK: Masa kerja PDP: Penghasilan dasar pensiun bulan terakhir PDP: Penghasilan dasar pensiun bulan terakhir atau rata-rata beberapa bulan terakhir. atau rata-rata beberapa bulan terakhir.

11 11 Lanjutan Program Pensiun Berdasarkan Keuntungan Program Pensiun Berdasarkan Keuntungan “Program pensiun iuran pasti, dengan iuran hanya dari pemberi kerja yang didasarkan pada rumus yang dikaitkan dengan keuntungan pemberi kerja” “Program pensiun iuran pasti, dengan iuran hanya dari pemberi kerja yang didasarkan pada rumus yang dikaitkan dengan keuntungan pemberi kerja”

12 12


Download ppt "1 DANA PENSIUN Thomas andrian. 2 1. Pengertian “Badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun bagi pesertanya” “Badan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google