Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perilaku Konsumen dan Produsen a.Perilaku konsumen konsumen adalah orang yang menggunakan barang/jasa hasil produksi konsumsi adalah setiap kegiatan mengurangi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perilaku Konsumen dan Produsen a.Perilaku konsumen konsumen adalah orang yang menggunakan barang/jasa hasil produksi konsumsi adalah setiap kegiatan mengurangi."— Transcript presentasi:

1 Perilaku Konsumen dan Produsen a.Perilaku konsumen konsumen adalah orang yang menggunakan barang/jasa hasil produksi konsumsi adalah setiap kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai guna barang/jasa. keputusan yang diambil konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dapat dijelaskan dengan teori nilai guna/utilitas.

2 Nilai guna/utilitas adalah kepuasan yang diperoleh konsumen karena mengkonsumsi barang atau jasa. Nilai guna dapat digolongkan 4, yaitu: 1.Nilai Guna Total (NGT): nilai kepuasaan secara keseluruhan. Contoh : Konsumsi jerukNGT

3 2. Nilai Guna Marginal(NGM) Tambahan nilai kepuasan karena menambah jumlah barang yang dikonsumsi. Contoh: Konsumsi mangga NGTNGM

4 3. Nilai Guna yang Semakin menurun (the low of diminishing marginal utility) Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa kebutuhan bila dipuaskan secara terus menerus mula-mula kepuasan akan bertambah sampai pada titik tertentu kepuasan akan menurun. Ini yang disebut dengan HUKUM GOSSEN I Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa kebutuhan bila dipuaskan secara terus menerus mula-mula kepuasan akan bertambah sampai pada titik tertentu kepuasan akan menurun. Ini yang disebut dengan HUKUM GOSSEN I Dari tabel diatas dapat dibuat grafiknya: Dari tabel diatas dapat dibuat grafiknya:

5

6 4. PRODUKSI 4. PRODUKSI Apa yang dimaksud dengan Pengertian Produksi? Pengertian produksi dapat diartikan sebagai usaha untuk menciptakan atau menambah fedah ekonomi suatu benda dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Apa yang dimaksud dengan Pengertian Produksi? Pengertian produksi dapat diartikan sebagai usaha untuk menciptakan atau menambah fedah ekonomi suatu benda dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan orang, badan usaha, atau organisasi yang menghasilkan barang dan jasa disebut produsen. Sedangkan orang, badan usaha, atau organisasi yang menghasilkan barang dan jasa disebut produsen.

7 Apa Tujuan Yang hendak dicapai dari Produksi? Apa Tujuan Yang hendak dicapai dari Produksi? Tujuan dari produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam usaha mencapai kemakmuran. Kemakmuran akan tercapai bila konsumen memiliki daya beli yang cukup tinggi dan barang/jasa yang diperlukan tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan dari produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam usaha mencapai kemakmuran. Kemakmuran akan tercapai bila konsumen memiliki daya beli yang cukup tinggi dan barang/jasa yang diperlukan tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan.

8 Bagaimana Proses Produksi berlangsung? Bagaimana Proses Produksi berlangsung? Di dalam suatu proses produksi ada hal- hal yang harus diperhatikan, diantaranya: Di dalam suatu proses produksi ada hal- hal yang harus diperhatikan, diantaranya: komposisi input yang bagaimana yang harus digunakan? bagaimana proses produksi berlangsung agar tingkat produksi maksimal? komposisi input yang bagaimana yang harus digunakan? bagaimana proses produksi berlangsung agar tingkat produksi maksimal? komposisi input yang bagaimana yang harus digunakan? bagaimana proses produksi dilaksanakan agar biaya produksi serendah mungkin? komposisi input yang bagaimana yang harus digunakan? bagaimana proses produksi dilaksanakan agar biaya produksi serendah mungkin?

9 proses produksi dilaksanakan agar biaya produksi serendah mungkin? proses produksi dilaksanakan agar biaya produksi serendah mungkin? Input Proses Produksi meliputi apa saja? Input dari proses produksi mencakup Faktor-faktor Produksi, di mana pembagian dari faktor-faktor produksi dapat ditampilkan dalam bagan di bawah ini: Input Proses Produksi meliputi apa saja? Input dari proses produksi mencakup Faktor-faktor Produksi, di mana pembagian dari faktor-faktor produksi dapat ditampilkan dalam bagan di bawah ini: Faktor produksi asli adalah faktor produksi yang tidak dapat diperbaharui dan sudah tersedia. Faktor produksi asli adalah faktor produksi yang tidak dapat diperbaharui dan sudah tersedia. Faktor produksi turunan adalah hasil penggabungan dari faktor produksi asli yang merupakan perkembangan kebudayaan dan pengetahuan manusia. Faktor produksi turunan adalah hasil penggabungan dari faktor produksi asli yang merupakan perkembangan kebudayaan dan pengetahuan manusia.

10 Input Proses Produksi meliputi apa saja? Input dari proses produksi mencakup Faktor- faktor Produksi, di mana pembagian dari faktor- faktor produksi dapat ditampilkan dalam bagan di bawah ini: Input Proses Produksi meliputi apa saja? Input dari proses produksi mencakup Faktor- faktor Produksi, di mana pembagian dari faktor- faktor produksi dapat ditampilkan dalam bagan di bawah ini: Faktor produksi asli adalah faktor produksi yang tidak dapat diperbaharui dan sudah tersedia. Faktor produksi asli adalah faktor produksi yang tidak dapat diperbaharui dan sudah tersedia. Faktor produksi turunan adalah hasil penggabungan dari faktor produksi asli yang merupakan perkembangan kebudayaan dan pengetahuan manusia. Faktor produksi turunan adalah hasil penggabungan dari faktor produksi asli yang merupakan perkembangan kebudayaan dan pengetahuan manusia.


Download ppt "Perilaku Konsumen dan Produsen a.Perilaku konsumen konsumen adalah orang yang menggunakan barang/jasa hasil produksi konsumsi adalah setiap kegiatan mengurangi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google