Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HIBAH PENELITIAN STRATEGI NASIONAL TAHUN ANGGARAN 2012 Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Direktorat Jenderal Penidikan Tinggi Departemen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HIBAH PENELITIAN STRATEGI NASIONAL TAHUN ANGGARAN 2012 Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Direktorat Jenderal Penidikan Tinggi Departemen."— Transcript presentasi:

1 HIBAH PENELITIAN STRATEGI NASIONAL TAHUN ANGGARAN 2012 Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Direktorat Jenderal Penidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

2 2 LATAR BELAKANG  Amanat RPJM Thn 2004 – 2009, bahwa Iptek yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasahan yang ada di masyarakat.  Presiden RI thn 2008 : Pencanangan 6 bidang strategis yang memerlukan penelitian intensif mengatasi berbagai masalah Bangsa  Rencana Strategis dikembangkan menjadi 12 Tema penelitian untuk mengakomodasi semua cabang keilmuan di PT Indonesia.

3 3 Tema penelitian strategis yang dapat menyelesaikan masalah masyarakat dan bangsa : 1.Pengentasan kemiskinan (Poverty alleviation) 2.Perubahan iklim dan keragaman hayati (Climate change & biodiversity) 3.Energi baru dan terbarukan ( New and renewable energy) 4.Ketahanan dan keamanan Pangan ( Food safety and security) 5.Kesehatan, Penyakit Tropis, Gizi & Obat-obatan ( Health, tropical disease, nutrition & medicine) 6.Pengeloaan dan Mitigasi Bencana Disaster mitigation & management)

4 4 Tema penelitian strategis yang dapat menyelesaikan masalah masyarakat dan bangsa : 7.Integrasi nasional dan Harmoni Sosial (Nation integration & social harmony) 8.Otonomi Daerah dan Desentralisai (Regional autonomy & decentralization ) 9.Seni dan budaya / industri kreatif ( Arts & Culture / Creative Industry) 10. Infrastruktur, Transportasi dan teknologi Pertahanan. (Infrastructure, transportation & defence technology ) 11.Teknologi Informasi dan Komunikasi Information & communication technology) 12.Pembangunan manusia dan daya saing bangsa (Human development & competitivenes)

5 5 Hibah Kompetitif STRANAS menekan ke 4 hal : Tema harus sesuai dengan yang ditentukan Tema harus sesuai dengan yang ditentukan Penelitian lebih berorientasi pada penelitian terapan Penelitian lebih berorientasi pada penelitian terapan Penelitian harus memiliki roadmap penelitian yang jelas. Penelitian harus memiliki roadmap penelitian yang jelas. Tim peneliti memiliki track record dalam penelitian yang diusulkan. Tim peneliti memiliki track record dalam penelitian yang diusulkan.

6 6LUARAN Sesuai dengan ciri penelitian terapan, luaran yang harus dinyatakan sebagai target peneliti adalah : Sesuai dengan ciri penelitian terapan, luaran yang harus dinyatakan sebagai target peneliti adalah : 1.proses dan produk ipteks berupa metode, blue print, prototipe, sistem, kebijakan atau model, 2.HKI berupa paten atau lainnya, 3.teknologi tepat guna yang langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, 4.artikel di berkala ilmiah nasional atau yang bereputasi internasional, atau 5.bahan ajar.

7 7PERSYARATAN Tim peneliti terdiri atas peneliti utama dan anggota Tim peneliti terdiri atas peneliti utama dan anggota Semua peneliti sekurang-kurangnya bergelar S-2 Semua peneliti sekurang-kurangnya bergelar S-2 Tim pengusul memiliki track record yang relevan dengan tema penelitian yang diusulkan yang terlihat dari CV pengusul. Tim pengusul memiliki track record yang relevan dengan tema penelitian yang diusulkan yang terlihat dari CV pengusul. Anggota maksimum 3 orang (diutamakan multidisiplin). Anggota maksimum 3 orang (diutamakan multidisiplin). Hanya diperbolehkan maksimum 2 periode sebagai ketua dan/atau anggota, kecuali bisa jurnal internasional, memperoleh HKI, dan menciptakan teknologi tepat guna Hanya diperbolehkan maksimum 2 periode sebagai ketua dan/atau anggota, kecuali bisa jurnal internasional, memperoleh HKI, dan menciptakan teknologi tepat guna

8 8PERSYARATAN Tiap pengusul hanya boleh mengusulkan 1 usulan pada tahun yang sama, baik sebagai ketua maupun sebagai anggota Tiap pengusul hanya boleh mengusulkan 1 usulan pada tahun yang sama, baik sebagai ketua maupun sebagai anggota Seorang dosen pada tahun berjalan hanya boleh melaksanakan penelitian yang dibiayai dikti maksimal 1 judul sebagai ketua dan 1 judul sebagai anggota Seorang dosen pada tahun berjalan hanya boleh melaksanakan penelitian yang dibiayai dikti maksimal 1 judul sebagai ketua dan 1 judul sebagai anggota Pelaksanaan penelitian ( termasuk penggunaan dana) harus terdokumnetasi dalam bentuk logbook, meliputi tanggal, kegiatan dan hasilnya Pelaksanaan penelitian ( termasuk penggunaan dana) harus terdokumnetasi dalam bentuk logbook, meliputi tanggal, kegiatan dan hasilnya Peneliti utama yg mewakilkan kepada anggota saat pemaparan, harus melimpahkan status P.U kpd anggota yg mewakili dan penggantianya diketahui oleh ketua LP Peneliti utama yg mewakilkan kepada anggota saat pemaparan, harus melimpahkan status P.U kpd anggota yg mewakili dan penggantianya diketahui oleh ketua LP 2 tahun dengan dana 100 juta/tahun 2 tahun dengan dana 100 juta/tahun

9 a.Sampul muka (Warna kuning) b.Halaman Pengesahan c. Sistimatika Usul Penelitian 1. Identitas Penelitian II. Substansi Penelitian SISTIMATIKA PROPOSAL

10 10 ABSTRAK (Tidak melebihi 200 kata) ABSTRAK (Tidak melebihi 200 kata) tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai BAB I. PENDAHULUAN(tidak lebih dari 3 halama n). BAB I. PENDAHULUAN(tidak lebih dari 3 halama n). Latar Belakang (tidak lebih dari 1 halaman), Tujuan Khusus (tidak lebih dari 1 halaman), dan Urgensi (Keutamaan) Penelitian Latar Belakang (tidak lebih dari 1 halaman), Tujuan Khusus (tidak lebih dari 1 halaman), dan Urgensi (Keutamaan) Penelitian

11 BAB II. STUDI PUSTAKA BAB III PETA JALAN PENELITIAN ( ROADMAP )

12 12 BAB III. MANFAAT PENELITIAN BAB IV. METODE PENELITIAN BAB IV. PEMBIAYAAN DAFTAR PUSTAKA

13 Anggaran Total per tahun maksimum Rp 100 juta dieprinci dengan jelas untuk setip komponen biaya.

14 14 LAMPIRAN 1.Pertimbanagn Alokasi Biaya Tabel perincian jelas sesuai dgn metode Standar pembiayaan … Peraturan Menteri Keuangan II. Dukungan pada Pelaksanaan Penelitian III. Sarana Laboratorium, Peralatan, bengkel dll IV. Biodata Peneliti

15 15

16 16 Beberapa kelemahan yang sering terjadi dalam Proposal STRANAS 1.Penelitian kurang strategis, kurang mengarah ke masalah nasional 2.Kelayakan pelaksanaan penelitian ( personal, jadwal, perkiraan biaya dan sarana penunjang lainnya ) kurang memadai 3.Luaran penelitian terindikasi tidak dapat terpenuhi oleh tim peneliti atau luaran penelitian tidak terindikasi termasuk strategis untuk mengatasi masalah nasional 4.Bahan kepustakaan kurang menunjang penelitian, pustaka tidak relevan, kurang mutakhir, umumnya bukan acuan primer ( artikel berkala ilmiah, paten) 5.Roadmap ( peta jalan penelitian) tidak memadai/ tidak jelas. 6.Penelitian yang dilaksanakan kurang mutakhir ( state of the art ) 7.Metode penelitian yang dipakai tidak / kurang strategis 8.Masalah yang yang diajukan tidak termasuk strategis 9.Rekam jejak kurang mendukung pencapain tujuan.

17 17

18 18

19 19

20 20

21 21 SUMBER PUSTAKA : PANDUAN HIBAH STRATEGIS NASIONAL TAHUN DIKTI-KEMENDIKNAS JAKARTA.


Download ppt "HIBAH PENELITIAN STRATEGI NASIONAL TAHUN ANGGARAN 2012 Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Direktorat Jenderal Penidikan Tinggi Departemen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google