Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan ke-5. Utility atau nilai guna merupakan ukuran dari tingkat kepuasan seseorang/konsumen. Seseorang/konsumen berupaya membuat suatu pilihan dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan ke-5. Utility atau nilai guna merupakan ukuran dari tingkat kepuasan seseorang/konsumen. Seseorang/konsumen berupaya membuat suatu pilihan dengan."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan ke-5

2 Utility atau nilai guna merupakan ukuran dari tingkat kepuasan seseorang/konsumen. Seseorang/konsumen berupaya membuat suatu pilihan dengan memaksimalkan utility agar dapat memuaskan diri. Suatu analisis mengenai bagaimana seseorang/konsumen membeli barang lebih banyak ketika harga barang tersebut turun atau sebaliknya serta menentukan jumlah dan komposisi dari barang yang akan dibeli dari pendapatannya disebut sebagai teori tingkah laku konsumen.

3 Pendekatan nilai guna (utility) cardinal Kepuasan konsumen dari mengkonsumen barang dapat yang dinyatakan secara kuantitatif, sehingga konsumen berusaha memaksimumkan kepuasannya. Pendekatan nilai guna (utility) ordinal Kepuasan konsumen dari mengkonsumen barang tidak dapat dinyatakan secara kuantitatif, sehingga perilaku konsumen dalam memilih barang yang akan memaksimumkan kepusan ditunjukkan dalam kurva kepuasan sama (Indifferent Curve).

4 Nilai guna (Utility) adalah kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi suatu barang. Nilai Guna Total (Total Utility/TU) adalah total kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi suatu barang. Nilai Guna Tambahan (Marginal Utility/MU) adalah tambahan kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi tambahan satu unit produk/barang.

5 QxQx TuxTux MuxMux

6 Setiap orang berusaha untuk memaksimalkan kepuasan dari konsumsi barang. Untuk konsumsi satu jenis barang, maka kepuasan maksimum dapat dicapai pada saat nilai guna total (TU) mencapai maksimum. Jika konsumen mengkonsumsi lebih dari satu barang, maka penentuan kepuasan maksimum dapat dicapai: o Jika ada 2 barang dan harganya sama, maka kepuasan maksimum MUx=MUy o Jika ada 2 barang dengan harga yang berbeda, maka tambahan kepuasan (MU) yang lebih besar diperoleh dari barang dengan harga yang lebih rendah dengan MUx=MUy

7

8

9 1.EFEK PENGGANTIAN (SUBSTITUTION EFECT) Perubahan harga suatu barang mengubah nilai guna marginal per rupiah dari barang yang mengalami perubahan harga tersebut. Kalau harga mengalami kenaikan, nilai guna marginal per rupiah yang di wujudkan oleh barang tersebut menjadi semakin rendah.

10

11 2.EFEK PENDAPATAN Kalau pendapatan tidak mengalami perubahan maka kenaikkan harga menyebabkan pendapatan riil menjadi semakin sedikit. Dengan perkataan lain, kemampuan pendapatan yang di terima untuk membeli barang – barang menjadi bertambah kecil dari sebelumnya. Maka kenaikan harga menyebabkan konsumen mengurangi jumlah berbagai barang yang di belinya, termasuk barang yang mengalami kenaikan harga. Penurunan harga suatu barang menyebabkan pendapatan riil bertambah, dari ini akan mendorong konsumen menambah jumlah barang yang dibelinya.

12 A B C HARGA (RIBU RUPIAH) KUANTITAS D D


Download ppt "Pertemuan ke-5. Utility atau nilai guna merupakan ukuran dari tingkat kepuasan seseorang/konsumen. Seseorang/konsumen berupaya membuat suatu pilihan dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google