Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKONOMI MIKRO1 TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN: TEORI NILAI GUNA (UTILITY)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKONOMI MIKRO1 TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN: TEORI NILAI GUNA (UTILITY)"— Transcript presentasi:

1 EKONOMI MIKRO1 TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN: TEORI NILAI GUNA (UTILITY)

2 EKONOMI MIKRO2 Nilai guna atau utiliti, kepuasan atau kenikmatan yang diperoleh seseorang dalam mengkonsumsi barang-barang. Semakin tinggi tingkat kepuasan maka semakin tinggi pula nilai gunanya atau utilitinya.

3 EKONOMI MIKRO3 Teori tingkah laku konsumen menerangkan dua hal; Alasan para pembeli atau konsumen untuk membeli lebih banyak barang pada harga yang lebih rendah dan mengurangi pembeliannya pada harga yang tinggi. Bagaimana seorang konsumen menentukan jumlah dan komposisi dari barang yang akan dibeli dari pendapatan yang diperolehnya.

4 EKONOMI MIKRO4 Utilitas Marjinal menunjukkan utilitas tambahan yang diperoleh dari satu unit tambahan konsumsi dari suatu komoditas

5 EKONOMI MIKRO5

6 6

7 7 Hukum utilitas marjinal yang semakin berkurang menyatakan jika jumlah suatu barang yang dikonsumsi meningkat, utilitas marjinal dari barang tersebut cenderung berkurang.

8 EKONOMI MIKRO8 Teori tingkah laku konsumen dibedakan dua macam pendekatan; Pendekatan nilai guna (utiliti) kardinal, manfat atau kenikmatan yang diperoleh seorang konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif. Pendekatan nilai guna ordinal, manfat atau kenikmatan yang diperoleh masyarakat dari mengkonsumsi barang- barang tidak dikuantifikasi.

9 EKONOMI MIKRO9 Syarat pemaksimuman nilai guna: Seseorang akan memaksimumkan nilai guna dari barang-barang yang dikonsumsinya apabila perbandingan nilai guna marginal berbagai barang tersebut sama dengan perbandingan harga barang-barang tersebut.

10 EKONOMI MIKRO10 Seseorang akan memaksimumkkan nilai guna dari barang-barang yang dikonsumsikannya apabila nilai guna marginal untuk setiap rupiah yang dikeluarkannya adalah sama untuk setiap barang yang dikonsumsi. Syarat pemaksimuman nilai guna yang dinyatakan dalam (1) dan (2) dapat ditulis: MU barang A = MU barang B = MU barangC P A P B P C

11 EKONOMI MIKRO11 Ada dua faktor yang menyebabkan permintaan terhadap suatu barang berubah apabila harga barang tersebut mengalami perubahan: 1. Efek penggantian MU barang A < MU barang B P A P B 2. Efek Pendapatan

12 EKONOMI MIKRO12 Paradoks nilai, antara harga air dan harga berlian. Nilai marginal yang menentukan apakah suatu barang itu mempunyai harga yang tinggi atau rendah

13 EKONOMI MIKRO13 ANALISIS KURVA KEPUASAN SAMA (INDIFFERENCE CURVE) Analisis kurva kepuasan sama, meliputi penggambaran dua macam kurva, yaitu kurva kepuasan sama dan garis anggaran pengeluaran. Dikembangkan oleh Sir John R. Hicks untuk menghindari kelemahan dari teori nilai guna (utility).

14 EKONOMI MIKRO14 Tingkat Penggantian Marginal menggambarkan besarnya pengorbanan ke atas konsumsi suatu barang (makanan) untuk menaikkan konsumsi satu barang lainnya (pakaian) dan pada waktu yang sama tetap mempertahankan tingkat kepuasan yang diperolehnya.

15 EKONOMI MIKRO15 Gabungan Makanan dan Pakaian yang Memberi Kepuasan sama Gabungan Barang MakananPakaianTingkat Penggantian Marginal antara Makanan dan Pakaian ABCDEFABCDEF , / = 3,0 2/1 = 2,0 1/1 = 1,0 1,2/2 = 0,6 0,8/3 = 0,27 3 1

16 EKONOMI MIKRO16 Tingkat penggantian marginal yang semakin bertambah kecil disebabkan oleh: 1. Pada waktu konsumen mempunyai sesuatu barang Y yang relatif banyak jumlahnya dan barang X yang relatif sedikit jumlahnya, diperlukan pengurangan konsumsi yang besar keatas barang Y untuk memperoleh satu tambahan barang X, akan tetapi

17 EKONOMI MIKRO17 2. Semakin banyak barang X yang telah diperoleh, semakin sedikit pengurangan konsumsi barang Y yang harus dilakukan untuk memperoleh satu barang X Akibat dari tingkat pergantian marginal yang semakin kecil tersebut maka kurva kepuasan semakin lama semakin kurang kecondongannya atau bentuk kurva kepuasan sama adalah cekung ke titik 0.

18 EKONOMI MIKRO18 Kurva kepuasan sama (indefference curve), merupakan suatu kurva yang menggambarkan gabungan barang- barang yang akan memberikan kepuasan yang sama besarnya

19 EKONOMI MIKRO19

20 EKONOMI MIKRO20 Garis Anggaran Pengeluaran (Budget Line), menunjukkan berbagai gabungan barang-barang yang dapat dibeli oleh sejumlah pendapatan tertentu. Seorang konsumen akan mencapai kepuasan yang maksimum apabila ia mencapai titik dimana garis anggaran pengeluaran menyinggung kurva kepuasan sama.

21 EKONOMI MIKRO21 Gabungan Makanan dan Pakaian yang Dapat Dibeli Konsumen. Contoh, Uang yang tersedia Rp Harga Makanan Rp setiap unit Harga pakaian Rp setiap unit GabunganMakananPakaian ABCDEFABCDEF

22 EKONOMI MIKRO22 Budget Line

23 EKONOMI MIKRO23 Garis Harga Konsumsi, merupakan hubungan antara titik keseimbangan yang diwujudkan oleh perubahan harga. Contoh: Harga pakaian naik menjadi Rp , harga makanan tetap (a). Harga pakaian turun menjadi Rp 6.000, harga makanan tetap (b).

24 EKONOMI MIKRO24 Efek Perubahan Harga 6 15

25 EKONOMI MIKRO25 Garis Pendapatan Konsumsi, merupakan hubungan antara titik-titik keseimbangan yang diwujudkan oleh perubahan pendapatan. Contoh: Jika harga tetap, pendapatan menurun menjadi Rp (RS). Jika pendapatan bertambah, harga makanan dan pakaian tidak berubah (TU)

26 EKONOMI MIKRO26 Efek Perubahan Pendapatan

27 EKONOMI MIKRO27 Penurunan harga akan menambah permintaan karena: 1. Konsumen lebih banyak mengkonsumsi barang itu dan mengurangi konsumsi barang lain (efek penggantian). 2. Penurunan harga menambah pendapatan riil konsumen dan kenaikkan pendapatan riil akan menambah konsumsi berbagai barang (efek pendapatan)


Download ppt "EKONOMI MIKRO1 TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN: TEORI NILAI GUNA (UTILITY)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google