Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI SISTEM PENGOLAHAN DATA. PERTANYAAN UTAMA SISTEM PENGOLAHAN DATA 1.Bagaimana merekam data secara efektif dan efisien? 2.Bagaimana mengolah data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI SISTEM PENGOLAHAN DATA. PERTANYAAN UTAMA SISTEM PENGOLAHAN DATA 1.Bagaimana merekam data secara efektif dan efisien? 2.Bagaimana mengolah data."— Transcript presentasi:

1 MATERI SISTEM PENGOLAHAN DATA

2 PERTANYAAN UTAMA SISTEM PENGOLAHAN DATA 1.Bagaimana merekam data secara efektif dan efisien? 2.Bagaimana mengolah data secara efektif dan efisien? 3.Bagaimana menyimpan data secara efektif dan efisien agar mudah digunakan? 4.Bagaimana membuat laporan secara efektif dan efisien? 5.Jenis laporan apa yang harus dihasilkan?

3 TAHAP PENGOLAHAN DATA InputProsesOutput Simpan

4 LANGKAH PENG-INPUT-AN DATA 1.Verifikasi (verification), meyakinkan keakuratan data. 2.Klasifikasi (classification), menentukan kelompok data, misalnya penentuan kode data (seperti nomor rekening, nomor departemen dst.) sesuai dengan rancangan sistem yang ada. 3.Mengiriman data (transmittal), memindahkan data dari satu lokasi ke lokasi lain. 4.Penyimpanan data (data storage)

5 PERANGKAT PENDUKUNG Dokumen transaksi (source documents) Turnaround document, adalah dokumen yang dikirim ke fihak luar kemudian ditarik kembali dan dijadikan sebagai input untuk menjamin efektivitas dan efisiensi penginputan data. Format dan isi sudah disesuaikan dengan teknologi penginputan yang ad. Otomatisasi penginputan data (source data automation), adalah penginputan data secara otomatis untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penginputan data.

6 ELEMEN DASAR PENYIMPANAN DATA 1.Entity, adalah sesuatu (objek) yang dilekati oleh data, misalnya karyawan, item persediaan, pelanggan dst. 2.Attributes, adalah karakteristik data yang melekat pada entity, misalnya tarif gaji, alamat karyawan, 3.Data value, adalah data yang tersimpan pada sebuah field pada sebuah record tertentu.

7 PRINSIP DASAR PENYIMPANAN DATA 4.Field, adalah ruangan dalam media penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan jenis data tertentu. 5.Record, adalah gabungan dari beberapa field untuk satu buah entity. 6.File, adalah kumpulan dari beberapa record untuk sekelompok data tertentu. 7.Data base, adalah kumpulan dari file- file yang memiliki saling keterkaitan data.

8 Hubungan Entity, Attributes, Field, Record, dan Data Value No.NamaAlamatSaldo 001XXAaaa YYBbbb2400 Attribute Field Record/ Entity Data Value

9 JENJANG PENYIMPANAN DATA Field Record File Data Base File A File B File C File D File E File F File G Data Base Isi data base = file Isi file = record Isi record = field

10 JENIS FILE 1.File induk (master file), berisi data lengkap objek tertentu, misalnya file induk pelanggan terdiri dari nomor, nama, alamat, batas kredit, saldo rekening dst. 2.File transaksi (transaction file), berisi transaksi tertentu, misalnya transaksi penjualan, transaksi pembelian, transaksi pengeluaran kas, dst.

11 ORGANISASI DAN AKSES FILE 1.Primary dan secondary key. Primary key adalah field yang bersifat unik, berfungsi untuk mengidentifikasi dan memanggil record. Contoh: untuk data mahasiswa, primary key adalah no.mhs., dan secondary key adalah field yang lain. Jenis RecordPrimary KeySecondary Key PenggajianNomor karyawanNama karyawan, tanggal pembayaran, dept. PelangganNomor rekeningNama pelanggan, saldo, batas kredit.

12 2.Organisasi file (file organization). Terdapat tiga cara mengorganisasi file, yaitu: a.Sequential access files, adalah file yang record/data-nya disimpan berdasarkan urutan primary key. b.Indexed sequential access method (ISAM) file, adalah file yang record/data- nya disimpan berdasarkan urutan primary key, tetapi dilengkapi dengan indek primary key. Dengan pola seperti ini file bisa diakses baik melalui primary key maupun melalui indeknya. ORGANISASI DAN AKSES FILE

13 c.Direct access files, adalah file yang record-nya bisa diakses secara langsung. d.Multiattribute search file organization, adalah file yang record-nya disimpan untuk bisa diakes baik melalui primary key maupun melalui secondary key. ORGANISASI DAN AKSES FILE

14 3.File access, adalah istilah untuk menyebut cara mengakses data yang tersimpan dalam file. Cara mengakes file tergantung kepada pola organisasi file seperti yang telah disebutkan pada poin 2 di atas. ORGANISASI DAN AKSES FILE

15 PEMROSESAN DATA (DATA PROCESSING) Pemrosesan/pemeliharaan data (data maintenance) terdiri dari kegiatan sbb.: 1. Additions, adalah penambahan data/record baru pada file. 2. Deletions, adalah penghapusan record tertentu pada file. 3. Updates, adalah pembetulan/ pemutakhiran data yang sudah tersimpan di dalam file. 4. Changes, adalah modifikasi data value pada suatu field.

16 CARA PEMROSESAN DATA 1.Batch processing  pemorsesna data berdasar ukuran waktu tertentu (setiap jam atau harian) atau berdasar ukuran jumlah (setiap 50 unit data atau setiap 100 unit data). 2.On-line, batch processing  pemrosesan data secara on-line berdasar ukuran waktu tertentu (setiap jam atau harian) atau berdasar ukuran jumlah (setiap 50 unit data atau setiap 100 unit data). 3.On-line, real time processing  pemutakhiran master file dilakukan secara langsung pada setiap kali penginputan data.

17 CARA PEMROSESAN DATA BATCH PROCESSING

18 CARA PEMROSESAN DATA ON-LINE BATCH PROCESSING

19 CARA PEMROSESAN DATA ON-LINE REAL TIME PROCESSING

20 LAPORAN Laporan dapat disajikan dalam tiga bentuk: (1) dokumen, (2) respon terhadap pertanyaan. Dokumen yang dihasilkan pada akhir suatu proses disebut operational documents, penamaan ini dimaksudkan untuk membedakan dengan dokumen transaksi yang dibuat sebelum proses terjadi.

21 FUNGSI LAPORAN Menyajikan informasi terpercaya dalam bentuk dan isi yang mudah difahami, untuk digunakan sebagai: Pengendalian kegiatan organisasi Dasar pegambilan keputusan Dasar perencanaan kegiatan

22 ISTILAH-ISTILAH PENTING Data processing cycle Source documents Turnaround document Source data automation Entity Attributes Field Linked list Pointer field Chain Inverted lists Inverted file Batch processing on-line, real-time processing Record Data value File Data base

23 ISTILAH-ISTILAH PENTING Master file Transaction file Primary key Secondary key File organization Sequential access files Indexed sequential access method (ISAM) file Direct access files File access Operational documents

24 selesai


Download ppt "MATERI SISTEM PENGOLAHAN DATA. PERTANYAAN UTAMA SISTEM PENGOLAHAN DATA 1.Bagaimana merekam data secara efektif dan efisien? 2.Bagaimana mengolah data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google