Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Persentasi SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU Created By: Winda setyawati (07.0511.0119) Furi mega rahayu(07.0511.0141) Pramesta hani yuliana(07.0511.0084)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Persentasi SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU Created By: Winda setyawati (07.0511.0119) Furi mega rahayu(07.0511.0141) Pramesta hani yuliana(07.0511.0084)"— Transcript presentasi:

1

2 Persentasi SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU

3 Created By: Winda setyawati ( ) Furi mega rahayu( ) Pramesta hani yuliana( ) Pipit tauvan Novanto( ) Galuh harnatisari( )

4 A. LATAR BELAKANG Sejak tahun 2001 aturan pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru ditetapkan oleh Pemerintah boleh ditentukan di daerah masing-masing. Berbeda dengan sebelumnya dimana model PSB menggunakan standar nilai EBTANAS/NUAN. Oleh karena itu beberapa daerah telah melaksanakan PSB, banyak menggunakan aturan-aturan tambahan selain memakai nilai NUAN. Setiap daerah tentunya menerapkan aturan yang berbeda menyesuaikan dengan kondisi masingmasing. Pelaksanaan PSB yang telah dilaksanakan selama ini, masih banyak menimbulkan kendala khususnya dari sudut pandang masyarakat. Penerapan aturan yang berbeda-beda di setiap daerah cukup menyulitkan masyarakat memahaminya dan juga prosesya. Transparasi yang dikeluhkan masyarakat saat ini terhadap proses PSB mengakibatkan banyak tundingan miring adanya titipan dan kurang transparannya proses pelaksanaan PSB. Hal ini tentunya menjadi tugas berat bagi dinas pendidikan di masing-masing daerah untuk menyelenggarakan sistem PSB yang akurat dan transparan. Sementara ini Teknologi Informasi telah berkembang pesat di Indonesia. Namun pada pelaksanaan PSB selama ini masih belum menggunakannya dengan optimal. Beberapa daerah yang telah mengumumkan penggunaan sistem online pada pelaksanaan PSB-nya pada prakteknya hanya melakukan pengumuman secara online, akan tapi proses pendaftaran dan seleksi masih ditangani secara manual sehingga masih diragukan transparasi dan keabsahannya. Hal ini disebabkan belum adanya pengembangan sistem yang mampu mengelola keseluruhan proses PSB secara real time online process. PSB Real-Time Online Process yang dimaksud adalah kemampuan melakukan otomasi proses PSB secara online dari mulai proses pendaftaran, proses seleksi hingga publikasi pengumuman di Internet. Dengan sistem ini maka seluruh proses PSB ditangani secara otomatis oleh server komputer dan tidak melibatkan banyak campur tangan manusia secara manual.

5 B. PERUMUSAN MASALAH Masalah dalam pendaftran siswa baru di SMA N 5 Magelang ini pada umumnya yaitu : Bagaimana cara mengaplikasikan system PSB online Bagaimana cara pengaksesan untuk hasil dalam system PSB online

6 C. TUJUAN Tujuan dari diadakannya sistem online ini adalah : Secara umum tujuan penerapan sistem PSB Real-Time Online dengan mengoptimalkan pendayagunaan Teknologi Informasi (Internet), antara lain: Meningkatkan mutu layanan PSB. Menciptakan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan PSB. Melaksanakan proses PSB dengan lebih praktis dan efisien. Menyediakan basis data PSB yang akurat. Memberi fasilitas akses info PSB dengan cepat, mudah dan akurat. Mempermudah siswa dan orang tua siswa dengan cepat memperoleh informasi PSB yang akurat, serta memungkinkan PSB berlangsung secara transparan.

7 D. METODE PENELITIAN Metode pengumpulan data yang digunakan sebagai bahan didalam pembuatan makalah ini adalah : Studi Literatur : Pencarian di internet dan buku-buku yg berhubungan dengan makalah ini Studi Lapangan : Pengumpulan data-data yang sudah ada atau sedang berjalan sebagai pertimbangan untuk memperbaiki sistem yang ada Interview Diskusi Kelompok Presentasi

8 Tabel Pembuatan Tugas RSI

9 E. IDENTITAS ORGANISASI Pada makalah yang kami tulis ini kami memilih SMA Negreri 5 Magelang sebagai objek sistem yang akan kami buat. SMA Negeri 5 Magelang beralamat di Jl.Barito II Sidotopo Magelang, Tlf (0293) yang bergerak di bidang pendidikan.

10 F. DESKRIPSI dan ANALISA SISTEM yang SEKARANG BERJALAN SMA N 5 Magelang menggunakan sistem PSB Online yaitu suatu sistem penerimaan siswa baru yang menggunakan fasilitas jaringan internet yang dapat diakses dimana pun selama daerah itu terkoneksi suatu jaringan.

11 Diagram Konteks DAD

12 Basis Data Diagram relasi entitas

13 Level 0 (Turunan dari diagram Konteks) :

14 Level 1 (Pendetailan dari Level 0) Level 1 dari Proses 2.0

15 G. ANALISA KEBUTUHAN PENGGUNA Pengguna dalam sistem penerimaan siswa baru ini jelas adalah calon siswa yang ingin melanjutkan ke Sekolah tingkat selanjutnya,dan juga pengguna yang terlibat atau ingin mengetahui informasi seputar PSB. Pada pengelolaan PSB sistem online, fungsi-fungsi yang tersedia hanya beberapa, antara lain : Mendaftarkan diri dan memberikan data merupakan fungsi yang disediakan untuk calon siswa. Input data dan menyeleksi data calon siswa merupakan fungsi yang dilakukan oleh operator. Mendata siswa dan membagi kelas merupakan fungsi yang dilakukan oleh Administrator.

16 Fungsi-fungsi pengelolaan PSB sistem online tersebut secara jelas dapat dilihat pada use case diagram dibawah ini :

17 H. LAMPIRAN Bahan-bahan interview : Sistem apa yang dipakai dalam penerimaan siswa baru SMA Negeri 5 Magelang? Sistem yang dipakai adalah PSB Online,yaitu sistem yang dapat di akses dimana saja dengan melalui dunia maya ( dalam internet ) Bagaimana proses sistem ini berjalan? Proses ini adalah PSB Online dimana calon siswa yang ingin mendaftar,mendaftar terlebih dahulu di SMA Negeri yang ada di Magelang kemudian panitia sekolah akan mengentri data dari calon siswa dan dikirim ke dinas kota kemudian akan direkap hasil penerimaan dan dikirim ke setiap sekolah maupun dapat di lihat langsung di situs PSB dinas Kota Magelang

18 - Bagaimankah garis besar susunan kepanitian PSB SMA Negeri 5 Magelang? * Penanggung jawab * Ketua panitia * Wakil ketua panitia * Sekertaris * Bendahara * Keamanan * Anggota - Kapan jadwal PSB 2008 dilaksanakan? # 30 juni – 9 juli 2008 # Hasil pengumuman 10 juli 2008

19 DEMIKIAN PERSENTASI KAMI TERIMA KASIH


Download ppt "Persentasi SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU Created By: Winda setyawati (07.0511.0119) Furi mega rahayu(07.0511.0141) Pramesta hani yuliana(07.0511.0084)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google