Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMK SANDY PUTRA BANDUNG Oleh : Kristian Basori 10907018.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMK SANDY PUTRA BANDUNG Oleh : Kristian Basori 10907018."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMK SANDY PUTRA BANDUNG Oleh : Kristian Basori

2 LATAR BELAKANG PENELITIAN Perpustakaan mempunyai peranan penting dalam rangka pelestarian dan pengembangan kebudayaan. Komputerisasi sistem pengeloalaan perpustakaan menjadi alternatif terbaik yang harus diterapkan dibanyak perpustakaan.

3 IDENTIFIKASI MASALAH Proses minjaman dan pengembalian buku serta perhitungan denda yang dikenakan pada anggota atas keterlambatan pengembalian masih dilakukan secara tulis tangan kedalam bentuk buku besar, sehingga membutuhkan waktu pada setiap prosesnya. Pembuatan laporan masih secara tertulis, sehingga terkadang terjadinya ketidak akuratan data.

4 BATASAN MASALAH Penginputan data diantaranya penginputan data anggota, data buku, dan data petugas. Pengolahan data diantaranya proses pelayanan peminjaman dan pengembalian buku, pembayaran denda apabila terjadi keterlambatan pengembalian buku dan pembuatan laporan baik itu data anggota buku dan peminjaman.

5 MAKSUD PENELITIAN Maksud dari penelitian ini adalah untuk membangun system informasi perpustakaan yang ada di SMK Sandhy Putra, guna untuk mengefisienkan waktu dan tepat sasaran serta memodernisasi perpustakaan yang ada di sekolah itu.

6 TUJUAN PENELITIAN Membuat program aplikasi untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam setiap proses peminjaman dan pengembalian buku serta perhitungan denda dari keterlambatan pengembalian yang dikenakan kepada anggota. Dengan sistem ini diharapkan dapat mempermudah dalam pembuatan laporan, sehingga informasi yang dihasilkan akan lebih akurat.

7 Flow Map Pendaftaran Anggota Baru yang sedang berjalan (sebelum revisi) BB BB Anggota

8 Flow Map Pendaftaran Anggota Baru yang sedang berjalan (sesudah revisi)

9 Flow Map peminjaman buku yang sedang berjalan AP

10 Flow Map pengembalian buku yang sedang berjalan (sebelum revisi) AP AK

11 Flow Map pengembalian buku yang sedang berjalan (sesudah revisi) APAK

12 DIAGRAM KONTEKS SISTEM BERJALAN

13 DFD Level 1 untuk penerimaan anggota yang sedang berjalan

14 Dfd level 1 peminjaman buku yang sedang berjalan

15 Dfd level 1 pengembalian buku yang sedang berjalan

16 EVALUASI SISTEM YANG BERJALAN Dalam sub bab evaluasi ini, penulis akan membahas mengenai permasalahan yang dihadapi dan kinerja system diharapkan. Seperti yang telah diuraikan di sub bab sebelumnya bahwa masalah dihadapi diantaranya :  Permasalahan yang dihadapi : 1.Proses peminjaman dan pengembalian buku serta perhitungan denda masih dilakukan secara tertulis kedalam bentuk buku besar sehingga membutuhkan waktu pada saat prosesnya. 2.Pembuatan laporan pun masih secara tertulis sehinnga terkadang menyebabkan ketidakakuratan data.  Pemecahan masalah : 1.Dibuatnya program aplikasi untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam setiap proses peminjaman dan pengembalian buku serta perhitungan denda 2.dengan program aplikasi dapat mempermudah dalam pembuatan laporan, sehinnga informasi dihasilkan akan lebih akurat.

17 Flow Map Pendaftaran Anggota Baru yang diusulkan

18 Flow Map Peminjaman Buku yang diusulkan (sebelum revisi)

19 Flow Map Peminjaman Buku yang diusulkan (sesudah revisi)

20 Flow Map Pengembalian Buku yang diusulkan

21 DIAGRAM KONTEKS SISTEM YANG DIUSULKAN

22 DFD level 1 menjadi anggota yang diusulkan

23 DFD level 1 peminjaman buku yang diusulkan

24 DFD level 1 pengembalian buku yang diusulkan

25 RELASI TABEL

26 Entity Relationship Diagram (ERD)

27 KESIMPULAN Setelah dilakukan penelitian di Sekolah SMK Sandhy Putra Khususnya Di Perpustakaan, menemukan beberapa permasalahan diantaranya adalah proses pinjambukudankembalibuku yang masih sering terjadi kesalahan – kesalahan, dan terdapat beberapa kekurangan - kekurangan. Keberadaan sistem informasi yang baru akan dengan cepat dan mudah mengetahui keberadaan dan perubahan kegiatan perpustakaan bila terjadi transaksi. Dengan adanya suatu perangkat lunak bantu tersebut khususnya pada perpustakaan dapat memberikan kelancaran dalam penginputan data anggota dan data buku sehingga tidak adanya kesulitan dalam memasukkan data peminjaman dan pengembalian buku oleh anggota dan memberikan informasi yang memuaskan. Proses pencarian data yang tadinya membutuhkan waktu lama diharapkan bisa teratasi dengan adanya database sehingga data dapat tersimpan dan diharapkan dapat mempercepat proses transaksi.

28 SARAN Pengadaan sarana dan prasarana penunjang yang perlu ditingkatkan sehingga dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan. Dalam penggunaan sistem yang terkomputerisasi ini diharapkan selalu melakukan Backup data (laporan), sehingga apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan harddisk rusak, maka datanya tidak hilang. Perlu adanya pengembangan lebih lanjut, mengatur jumlah denda dan laporan buku yang belum mengembalikan.

29 TERIMA KASIH


Download ppt "SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMK SANDY PUTRA BANDUNG Oleh : Kristian Basori 10907018."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google