Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI PENJUALAN-PEMBELIAN RACING PARTS DAN LAYANAN MODIFIKASI PADA CHEMONK MODIFIED SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan pada Program.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI PENJUALAN-PEMBELIAN RACING PARTS DAN LAYANAN MODIFIKASI PADA CHEMONK MODIFIED SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan pada Program."— Transcript presentasi:

1

2 SISTEM INFORMASI PENJUALAN-PEMBELIAN RACING PARTS DAN LAYANAN MODIFIKASI PADA CHEMONK MODIFIED SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan pada Program Studi Sistem Informasi Jenjang Sarjana Fakultas Teknik & Ilmu Komputer OLEH YUDHA PRAMAJAYA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2012

3 LATAR BELAKANG Sistem informasi yang saat ini berjalan pada Bengkel chemonk modified masih dalam sistem pencatatan manual dan belum menggunakan sistem computer. Dalam mengelola stok barang dan transaksi, Bengkel chemonk modified juga masih menggunakan sistem manual seperti pencatatan laporan, Dan di dalam transaksipun masih pencatatan dalam nota transaksi. Sehingga seringkali pihak pengelola kebingungan dalam mengarsip hasil laporan tersebut.

4 IDENTIFIKASI MASALAH  Kesulitan memperoleh informasi laporan penjualan, pembelian dan layanan modifikasi apabila pemilik bengkel memerlukan laporan tersebut.  Pencatatan transaksi penjualan, pembelian dan layanan modifikasi masih menggunakan media berbentuk dokumen sehingga data – datanya belum dapat diintegrasikan.

5 RUMUSAN MASALAH 1.Bagaimana sistem penjualan, pembelian dan layanan modifikasi yang saat ini sedang berjalan di bengkel Chemonk Modified 2.Bagaimana merancang sistem informasi penjualan, pembelian dan layanan modifikasi agar berjalan dengan baik, efektif dan dapat mengurangi tingkat sulitanya pencarian data hasil transaksi 3.Bagaimana menguji sistem informasi penjualan, pembelian dan layanan modifikasi di bengkel chemonk modified 4.Bagaimana mengimplementasikan sistem informasi penjualan, pembelian dan layanan modifikasi agar berjalan dengan baik

6 MAKSUD DAN TUJUAN PENELITIAN 1. Untuk mengetahui sistem informasi yang mengelola data di bengkel Chemonk Modified. 2. Untuk merancang sistem informasi pelayanan penjualan, pembelian dan layanan modifikasi di bengkel Chemonk Modified, dan untuk memudahkan pencarian data oleh pengelola bengkel dengan secara tepat dan akurat. 3. Untuk mengetahui analisis dan pengujian program pada Bengkel Chemonk Modified 4. Untuk mengimplementasikan sistem informasi penjualan - pembelian dan layanan modifikasi di bengkel Chemonk Modified

7 KEGUNAAN PENELITIAN  Kegunaan Praktis  Bagi Perusahaan Meningkatkan kinerja dan dapat membantu Bag.administrasi dalam melakukan kegiatanya di bengkel  Bagi Konsumen untuk memudahkan pembelian barang kepada bengkel  Bagi Supplier Untuk memudahkan memeriksa barang atau stock barang yang sudah habis di bengkel  Kegunaan Akademis  Bagi penulis Untuk menambah wawasan serta pengetahuan penulis serta dapat membandingkan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah dengan aplikasi dilapangan.  Bagi pengembangan ilmu Memberi masukan ilmu bagi jurusan sistem informasi tentang aplikasi pengolahan data.  Bagi peneliti lain Menjadi bahan masukan dan sumber informasi bagi peneliti sebagai studi kepustakaan bagi penelitian yang sama dengan tema yang dibahas dalam penelitian ini.

8 BATASAN MASALAH 1.Pada bagian perancangan sistem informasi hanya akan dibahas tentang transaksi penjualan pembelian, stok barang dan pelayanan jasa modifikasi 2.Membahas pembayaran setelah melakukan layanan modifikasi kendaraan dan membeli suku cadang (sparepart) secara tunai. 3.Tidak membahas tentang barang retur atau barang rusak 4.Tidak membahas laporan laba rugi perusahaan

9 FLOWMAP PENJUALAN YANG BERJALAN

10 FLOWMAP SERVICE MODIFIKASI YANG SEDANG BERJALAN

11 FLOWMAP PEMBELIAN YANG BERJALAN

12 KONTEK DIAGRAM BERJALAN

13 DFD LEVEL 1 YANG BERJALAN

14 DFD LEVEL 2 PROSES 1 YANG BERJALAN

15 DFD LEVEL 2 PROSES 2 YANG BERJALAN

16 DFD LEVEL 2 PROSES 3 YANG BERJALAN

17 EVALUASI SISTEM YANG BERJALAN No.MasalahEntitasSolusi Pencatatan transaksi penjualan, pembelian dan layanan service modifikasi masih menggunakan media berbentuk dokumen sehingga data-datanya belum dapat diintegrasikan Front liner Merancang aplikasi agar dapat memberikan informasi secara luas dan memiliki database yang terintegrasi. Kesulitan memperoleh laporan penjualan dan pembelian barang apabila pemilik bengkel memerlukan laporan tersebut Fron linerPerlu adanya suatu sistem informasi agar mempermudah pencarian dan pembuatan laporan tidak lama

18 FLOWMAP PENJUALAN YANG DIUSULKAN

19 FLOWMAP LAYANAN MODIFIKASI YANG DIUSULKAN

20 FLOWMAP PEMBELIAN YANG DIUSULKAN

21 KONTEK DIAGRAM YANG DIUSULKAN

22 DFD LEVEL 1 YANG DIUSULKAN

23 DFD LEVEL 2 PROSES 1 YANG DIUSULKAN

24 DFD LEVEL 2 PROSES 2 YANG DIUSULKAN

25 DFD LEVEL 2 PROSES 3YANG DIUSULKAN

26 TABEL RELASI

27 KESIMPULAN 1.Lebih mudah dalam memperoleh informasi laporan penjualan, pembelian dan layanan modifikasi, karena semua data sudah terkomputerisasi. 2.Semua data pencatatan transaksi penjualan, pembelian dan layanan modifikasi sudah tersimpan di dalam database yang sudah terintegrasi sehingga memudahkan proses pengolahan data penjualan, pembelian dan layanan modifikasi.

28 SARAN 1.Perlu adanya penambahan pembahasan tentang proses meretur barang atau barang rusak. 2.Perlu penambahan pembahasan mengenai pembuatan laporan laba rugi perusahaan.

29 TERIMA KASIH


Download ppt "SISTEM INFORMASI PENJUALAN-PEMBELIAN RACING PARTS DAN LAYANAN MODIFIKASI PADA CHEMONK MODIFIED SKRIPSI Diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan pada Program."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google